Bismillahirahmanirahim…pada part 6 ini penulis akan memberikan contoh soal-soal UP PPG pada materi Mampu merancang pembelajaran secara terstruktur berkesinambungan dengan pendekatan yang relevan dan memadukan materi ajar, pedagogi, dan teknologi dengan aspek Aspek sub Kompetensi : Merancang pembelajaran dengan memadukan pengetahuan (materi ajar), pedagogic, dan teknologi informasi sesuai dengan karakteristik siswa.
Mampu melaksanakan pembelajaran berpusat pada peserta didik dengan menghadirkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila secara akomodatif, adaptif dan progresif terhadap perkembangan zaman
Aspek sub Kompetensi : Melaksanakan pembelajaran berpusat pada peserta didik melalui strategi yang sesuai untuk membangun pengetahuan dan pemecahan masalah pada konten bidang studi. Adapun jenis soal-soalnya sebagaimana berikut.
Pak
Ikho guru kelas V SD Kertasemaya. Dia sedang mengajar PPKn dengan indikator “Menggali
manfaat persatuan dan kesatuan dalam menjaga kerukunan dikehidupan
sehari-hari”. Berdasarkan indikator tersebut Pak Ikho akan menentukan dan
memilih materi pokok untuk diajarkan ke siswanya. Maka materi pokok yang sesuai dengan indicator tersebut adalah |
|
a. |
Manfaat
persatuan dan kesatuan dalam menjaga kerukunan dikehidupan sehari-hari |
b. |
Pengertian
persatuan dan kesatuan dalam menjaga kerukunan dikehidupan sehari-hari |
c. |
Makna
persatuan dan kesatuan dalam menjaga kerukunan dikehidupan sehari-hari |
d. |
Multicultural
masyarakat Indonesia |
e. |
Keberagamaan
dalam masyarakat untuk menjaga kerukunan di kehidupan sehari-hari |
Pak
Ikho membuat RPP pada kelas VII UPTD SMP Negeri 2 Sukagumiwang. Dia merencanakan
pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara
penuh untuk dapat menemukan materi
yang di pelajari dan dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga
mendorong peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan mereka, pilihan
strategi yang tepat yaitu…. |
|
a. |
Kooperatif |
b. |
Inkuiri |
c. |
Problem
solving |
d. |
Discovery |
e. |
Konstektual |
Peserta didik dihadapkan pada
sesuatu yang menimbulkan kebingungannya,
kemudian dilanjutkan untuk tidak memberi generalisasi, agar timbul keinginan
untuk menyelidiki sendiri.
Berdasarkan aktifitas tersebut, maka model pembelajaran yang digunakan adalah… |
|
a. |
Problem Based Learning |
b. |
Discovery
learning |
c. |
Inquiry based learning |
d. |
Project based learning |
e. |
Cooperative learning |
Pada saat peserta didik melakukan
eksperimen atau eksplorasi, guru memberi kesempatan kepada para peserta didik
untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relavan untuk
membuktikan benar atau tidaknya hipotesis.
Data dapat diperoleh melalui membaca
literature, mengamati objek, wawancara dengan narasumber, melakukan uji coba
sendiri dan sebagainya. Langkah terakhir peserta didik menggeneralisasikan atau menarik
kesimpulan. Kegiatan pembelajaran tersebut merupakan langkah pembelajaran
model… |
|
a. |
Problem Based Learning |
b. |
Discovery learning |
c. |
Inquiry
based learning |
d. |
Project based learning |
e. |
Cooperative learning |
Peserta didik di minta guru secara
berkelompok untuk mengumpulkan mengumpulkan data tentang opini masyarakat
sekitar sekolah terhadap dampak
penggunaan kantong plastic terhadap lingkungan, selanjutnya siswa diminta
untuk menampilkan data seberapa banyak kantok plastic yang dipakai oleh
masyarakat dan memberikan alternative
untuk menguranginya. Langkah-langkah pembelajaran yang digunakan guru
tersebut merupakan model pembelajaran…. |
|
a. |
Problem Based Learning |
b. |
Discovery learning |
c. |
Inquiry
based learning |
d. |
Project based learning |
e. |
Cooperative learning |
Pak
Ikho bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan kolaboratif. Hal ini
dimaksudkan agar peserta didik merasa “Memiliki” dan bertanggungjawab atas
kegiatan yang telah direncakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan
mengenai aturan main, aktivitas
pendukung, alat dan bahan yang
dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaikan rencana kegiatan kolaboratif tadi. Model pembelajaran
yang dipraktikan oleh Pak Ikho mencerminkan prinsip…. |
|
a. |
Problem Based Learning |
b. |
Discovery learning |
c. |
Inquiry
based learning |
d. |
Project based learning |
e. |
Cooperative learning |
Guru IPA menggunakan
model pembelajaran Inquiry (pedagogy) dalam materi pernafasan manusia (content
knowledge) karena dinilai cocok untuk siswa-siswinya dan akan
meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi tersebut. Jika guru ingin
menggunakan TPACK dalam pembelajaran maka dari ilustrasi di atas hal yang
perlu di tambahkan adalah…. |
|
a. |
Content |
b. |
Pedagogy |
c. |
Knowledge |
d. |
Technology |
e. |
Audience
|
Guru
penjas ketika mengajarkan materi
renang (content knowledge)
kepada siswa menggunakan video (teknologi),
setelah menonton video akan
diadakan Tanya jawab (pedagogis) antara guru dan siswa
terkait video, dipertemuan selanjutnya siswa di minta mendemonstrasikan (Pedagogik)
masing-masing gaya yang ada di dalam video. Dalam hal ini guru telah
menerapkan…. |
|
a. |
TK |
b. |
CK |
c. |
TCK |
d. |
TPACK |
e. |
TP |
Guru
bahasa Indonesia melihat peserta didiknya mulai tidak semangat mengikuti
pembelajarannya. Maka di pertemuan selanjutnya ia hendak menayangkan video sebelum mulai pembelajaran untuk
memotivasi peserta didiknya. Dalam hal ini guru bahasa Indonesia telah
menggunakan teknologi sebagai… |
|
a. |
Pemahaman
materi pembelajaran |
b. |
Pengolaan
pembelajaran |
c. |
Memahami
peserta didik |
d. |
Strategi
pembelajaran |
e. |
Model
pembelajaran |
Rendahnya partisipasi
peserta didik di kelas mendorong seorang guru menyediakan google drive agar
karya peserta didik dapat tersimpan dengan baik sehingga memudahkan teman
lainnya dalam memberikan sumbang saran
terkait temannya. Hal tersebut merupakan mengintegrasikan teknologi dalam
domain…. |
|
a. |
Pemahaman materi
pembelajaran |
b. |
Pengolahan
pembelajaran |
c. |
Penilaian terhadap
peserta didik |
d. |
Strategi pembelajaran |
e. |
Model pembelajaran |
0 Response to "SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 6"
Post a Comment