SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 6

 


Bismillahirahmanirahim…pada part 6 ini penulis akan memberikan contoh soal-soal UP PPG pada materi Mampu merancang pembelajaran secara terstruktur berkesinambungan dengan pendekatan yang  relevan dan memadukan materi ajar, pedagogi, dan teknologi dengan aspek Aspek sub Kompetensi : Merancang pembelajaran dengan memadukan pengetahuan (materi ajar), pedagogic, dan teknologi informasi sesuai dengan karakteristik siswa.

Mampu melaksanakan pembelajaran berpusat pada peserta didik dengan menghadirkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila secara akomodatif, adaptif dan progresif terhadap perkembangan zaman

Aspek sub Kompetensi : Melaksanakan pembelajaran berpusat pada peserta didik melalui strategi yang sesuai untuk membangun pengetahuan dan pemecahan masalah pada konten bidang studi. Adapun jenis soal-soalnya sebagaimana berikut.

Pak Ikho guru kelas V SD Kertasemaya. Dia sedang mengajar PPKn dengan indikator “Menggali manfaat persatuan dan kesatuan dalam menjaga kerukunan dikehidupan sehari-hari”. Berdasarkan indikator tersebut Pak Ikho akan menentukan dan memilih materi pokok untuk diajarkan ke siswanya. Maka materi pokok yang sesuai dengan indicator tersebut adalah

a.

Manfaat persatuan dan kesatuan dalam menjaga kerukunan dikehidupan sehari-hari

b.

Pengertian persatuan dan kesatuan dalam menjaga kerukunan dikehidupan sehari-hari

c.

Makna persatuan dan kesatuan dalam menjaga kerukunan dikehidupan sehari-hari

d.

Multicultural masyarakat Indonesia

e.

Keberagamaan dalam masyarakat untuk menjaga kerukunan di kehidupan sehari-hari

Pak Ikho membuat RPP pada kelas VII UPTD SMP Negeri 2 Sukagumiwang. Dia merencanakan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang di pelajari dan dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan mereka, pilihan strategi yang tepat yaitu….

a.

Kooperatif

b.

Inkuiri

c.

Problem solving

d.

Discovery

e.

Konstektual

Peserta didik dihadapkan pada sesuatu yang menimbulkan kebingungannya, kemudian dilanjutkan untuk tidak memberi generalisasi, agar timbul keinginan untuk menyelidiki sendiri. Berdasarkan aktifitas tersebut, maka model pembelajaran yang digunakan adalah…

a.

Problem Based Learning

b.

Discovery learning

c.

Inquiry based learning

d.

Project based learning

e.

Cooperative learning

Pada saat peserta didik melakukan eksperimen atau eksplorasi, guru memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relavan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis. Data dapat diperoleh melalui membaca literature, mengamati objek, wawancara dengan narasumber, melakukan uji coba sendiri dan sebagainya. Langkah terakhir peserta didik menggeneralisasikan atau menarik kesimpulan. Kegiatan pembelajaran tersebut merupakan langkah pembelajaran model…

a.

Problem Based Learning

b.

Discovery learning

c.

Inquiry based learning

d.

Project based learning

e.

Cooperative learning

Peserta didik di minta guru secara berkelompok untuk mengumpulkan mengumpulkan data tentang opini masyarakat sekitar sekolah terhadap dampak penggunaan kantong plastic terhadap lingkungan, selanjutnya siswa diminta untuk menampilkan data seberapa banyak kantok plastic yang dipakai oleh masyarakat dan memberikan alternative untuk menguranginya. Langkah-langkah pembelajaran yang digunakan guru tersebut merupakan model pembelajaran….

a.

Problem Based Learning

b.

Discovery learning

c.

Inquiry based learning

d.

Project based learning

e.

Cooperative learning

Pak Ikho bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa “Memiliki” dan bertanggungjawab atas kegiatan yang telah direncakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaikan rencana kegiatan kolaboratif tadi. Model pembelajaran yang dipraktikan oleh Pak Ikho mencerminkan prinsip….

a.

Problem Based Learning

b.

Discovery learning

c.

Inquiry based learning

d.

Project based learning

e.

Cooperative learning

Guru IPA menggunakan model pembelajaran Inquiry (pedagogy) dalam materi pernafasan manusia (content knowledge) karena dinilai cocok untuk siswa-siswinya dan akan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi tersebut. Jika guru ingin menggunakan TPACK dalam pembelajaran maka dari ilustrasi di atas hal yang perlu di tambahkan adalah….

a.

Content

b.

Pedagogy

c.

Knowledge

d.

Technology

e.

Audience

Guru penjas ketika mengajarkan materi renang (content knowledge) kepada siswa menggunakan video (teknologi), setelah menonton video akan diadakan Tanya jawab (pedagogis) antara guru dan siswa terkait video, dipertemuan selanjutnya siswa di minta mendemonstrasikan (Pedagogik) masing-masing gaya yang ada di dalam video. Dalam hal ini guru telah menerapkan….

a.

TK

b.

CK

c.

TCK

d.

TPACK

e.

TP

Guru bahasa Indonesia melihat peserta didiknya mulai tidak semangat mengikuti pembelajarannya. Maka di pertemuan selanjutnya ia hendak menayangkan video sebelum mulai pembelajaran untuk memotivasi peserta didiknya. Dalam hal ini guru bahasa Indonesia telah menggunakan teknologi sebagai…

a.

Pemahaman materi pembelajaran

b.

Pengolaan pembelajaran

c.

Memahami peserta didik

d.

Strategi pembelajaran

e.

Model pembelajaran

Rendahnya partisipasi peserta didik di kelas mendorong seorang guru menyediakan google drive agar karya peserta didik dapat tersimpan dengan baik sehingga memudahkan teman lainnya dalam memberikan sumbang saran terkait temannya. Hal tersebut merupakan mengintegrasikan teknologi dalam domain….

a.

Pemahaman materi pembelajaran

b.

Pengolahan pembelajaran

c.

Penilaian terhadap peserta didik

d.

Strategi pembelajaran

e.

Model pembelajaran

Artikel Terkait :

0 Response to "SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 6"

Post a Comment