Bismillahirahmanirahim…pada sesi ini mengenai aspek menganalisis alur materi ajar secara logis dalam rangka menerapkan pembelajaran, Mampu menganalisis struktur dan alur materi ajar untuk merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik Aspek sub Kompetensi : Menganalisis alur materi ajar secara logis dan untuk jawaban yang di tebalkan silahkan baca dan pelajari untuk persiapan Ujian Pengetahuan UP PPG semoga bermanfaat.
Dalam
perencanaan pembelajaran seorang guru merancang penilaian yang dilakukan
dengan meminta peserta didik untuk menilai
proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang diperolehnya. Untuk itu
peserta didik perlu menentukan format penilaian atau pedoman penskoran. Guru
mengkaji sampel hasil penilaian secara acak. Untuk mendorong peserta didik
selalu cermat dan objektif serta menyampaikan umpan balik. Dalam kasus
seperti di atas jenis penilaian yang digunakan adalah… |
|
a. |
Proyek |
b. |
Kinerja |
c. |
Catatan
anakdot |
d. |
Penilaian
diri |
e. |
Jurnal |
Siswa
mengidentifikasi sumberdaya alam yang pemanfaatnya yang ada di sekitar tempat
tinggalmu. Rumusan instrument penilaian psikomotorik (keterampilan) yang
relavan untuk mengukur indicator tersebut adalah… |
|
a. |
Jelaskan
macam-macam sumberdaya alam yang ada di sekitar tempat tinggalmu |
b. |
Jelaskan
dengan disertai contoh pemanfaatan sumberdaya alam yang ada disekitarmu |
c. |
Tuliskan
pemnafaatan sumberdaya alam yang ada disekitarmu |
d. |
Buatlah
laporan observasi pemanfaatan sumberdaya alam yang ada disekitarmu |
e. |
Buatlah laporan
tentang macam-macam sumberdaya alam yang ada disekitarmu |
Guru
kelas III menuliskan indikator siswa mempraktikan sikap dan perilaku social dalam kehidupan sehari-hari. Untuk
memudahkan penilaian sikap spiritual dan social, guru focus menialai 5-10
siswa setiap harinya. Hasil penilaian sikap direkap setiap selesai tema oleh
guru. Guru mengolah data penilaian sikap sekurang-kurangnya dua kali dalam
satu semester. Hasil olahan akan menjadi panduan penyusunan deskripsi
penilaian sikap peserta didik. Alat
evaluasi yang sesuai adalah |
|
a. |
Tes
skala sikap likert |
b. |
Pengamatan
perilaku |
c. |
Lembar jurnal
observasi sikap social |
d. |
Wawasan
dengan siswa tentang sikap dan prilaku |
e. |
Portofolio
hasil kegiatan |
Jenis
instrument penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memperoleh hasil
belajar peserta didik dengan indikator “menganalisis” makna
sumpah pemuda dalam perjuangan kemerdekaan republic Indonesia” adalah… |
|
a. |
Lembar
observasi |
b. |
Produk |
c. |
Projek |
d. |
Skala
sikap |
e. |
Tes tertulis
uraian |
Seorang
guru kelas V menuliskan indikator siswa dapat membedakan atara tanggung
jawab, hak dan kewajiban sebagai masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara mengukur penguasaan siswa
mencakup dimensi pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif
dalam berbagai tindakan proses berfikir. Teknik penilaian sesuai adalah : a. Tes
tertulis b. Lembar observasi c. Tes lisan d. Pilihan
ganda e. Penugasan f. Skala sikap |
|
a. |
B,
C, F |
b. |
A,
B, C |
c. |
C,
D, E |
d. |
B,
D, F |
e. |
A, C, E |
Dalam
perencanaan pembelajaran seorang guru merancang penilaian yang di wujudkan
dalam bentuk pemberian tugas
kepada peserta didik secara
berkelompok. Guru tersebut bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta
didik menghasilkan karya tertentu
yang dilakukan secara berkelompok. Pendidik dapat memperoleh informasi
berkaitan dengan kemampuan peserta didik dalam hal pengetahuan, pemahaman,
aplikasi, analisis sampai penyimpulan. Jenis penilaian yang sesuai adalah…. |
|
a. |
Portofolio |
b. |
Kinerja praktik |
c. |
Penugasan |
d. |
Proyek |
e. |
Jurnal |
Setelah
siswa menyimak video pembacaan puisi, guru meminta siswa untuk menemukan dan
menjelaskan penggunaan rima, pilihan kata dan pesan dalam puisi tersebut. Siswa diminta menuangkannya dalam bentuk
peta konsep. Hal tersebut dialkukan pada saat kegiatan.. |
|
a. |
Pra
pembelajaran |
b. |
Awal
pembelajaran |
c. |
Inti
pembelajaran |
d. |
Penutup
pembelajaran |
e. |
Tindak
lanjut pembelajaran |
Pak
Ikho, merupakan guru yang kreatif dalam merencanakan pembelajaran di
kelasnya. Pak Ikho sedang merencanakan pembelajaran pada indikator
Mengidentifikasi kosa kata tentang ciri-ciri jam. Salah
satu kegiatan inti bermakna(HOTS) yang dapat dirumuskan
sesuai indikator di atas adalah.... |
|
a. |
Membuat kalimat
dengan menggunakan kosa kata tentang ciri-ciri jam |
b. |
Setelah
membaca teks, siswa mengidentifikasi kosa kata yang berkaitan dengan jam |
c. |
Siswa
membaca teks yang berisi kosa kata tentang ciri-ciri jam |
d. |
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang kosa kata yang berkaitan dengan ciri-ciri jam |
e. |
Secara
individual siswa menyebutkan kosa kata yang berkaitan dengan ciri-ciri jam |
Factor
adalah bilangan tertentu yang dapat membagi habis suatu bilangan, materi ini
salah satu materi dasar bilangan di SD dan direkomondasikan untuk menggunakan
HOTS dalam penilaiannya. Soal berikut yang sesuai untuk mengukur HOTS materi
factor adalah… |
|
a. |
Berapa
saja factor dari 27? |
b. |
Apakah
3 dan 7 faktor 84? |
c. |
Sebutkan
5 bilangan factor dari 42? |
d. |
Apakah
7 adalah factor dari 42? |
e. |
Jelaskan apakah
factor bilangan ganjil selalu ganjil? |
Ibu
Nita seorang guru SD kelas 5 SD melaksanakan
pembelajaran dengan mengajarkan indikator menganalisis hubungan antara komponen ekosistem dan jaring-jaring
makanan di lingkungan sekitar. Supaya dapat mengukur kemampuan HOTS pada peserta didiknya, maka
rumusan indikator soal yang tepat untuk dikembangkan menjadi soal adalah…. |
|
a. |
Menjelaskan
rantai makanan pada ekosistem tertentu dan penyebab kepunahan suatu komponen
akibat proses makan dan di makan |
b. |
Menjelaskan
(c2) peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam
bentuk gambar |
c. |
Memprediksi (c4)
perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam
rantai makanan punah atau berkembang |
d. |
Menyebutkan
(c1) organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan |
e. |
Memberi
contoh (c3) organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan
dalam gambar |
0 Response to "SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 5"
Post a Comment