SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 5

 


Bismillahirahmanirahim…pada sesi ini mengenai aspek menganalisis alur materi ajar secara logis dalam rangka menerapkan pembelajaran, Mampu menganalisis struktur dan alur materi ajar untuk merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik Aspek sub Kompetensi : Menganalisis alur materi ajar secara logis dan untuk jawaban yang di tebalkan silahkan baca dan pelajari untuk persiapan Ujian Pengetahuan UP PPG semoga bermanfaat.

Dalam perencanaan pembelajaran seorang guru merancang penilaian yang dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang diperolehnya. Untuk itu peserta didik perlu menentukan format penilaian atau pedoman penskoran. Guru mengkaji sampel hasil penilaian secara acak. Untuk mendorong peserta didik selalu cermat dan objektif serta menyampaikan umpan balik. Dalam kasus seperti di atas jenis penilaian yang digunakan adalah…

a.

Proyek

b.

Kinerja

c.

Catatan anakdot

d.

Penilaian diri

e.

Jurnal

Siswa mengidentifikasi sumberdaya alam yang pemanfaatnya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Rumusan instrument penilaian psikomotorik (keterampilan) yang relavan untuk mengukur indicator tersebut adalah

a.

Jelaskan macam-macam sumberdaya alam yang ada di sekitar tempat tinggalmu

b.

Jelaskan dengan disertai contoh pemanfaatan sumberdaya alam yang ada disekitarmu

c.

Tuliskan pemnafaatan sumberdaya alam yang ada disekitarmu

d.

Buatlah laporan observasi pemanfaatan sumberdaya alam yang ada disekitarmu

e.

Buatlah laporan tentang macam-macam sumberdaya alam yang ada disekitarmu

Guru kelas III menuliskan indikator siswa mempraktikan sikap dan perilaku social dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memudahkan penilaian sikap spiritual dan social, guru focus menialai 5-10 siswa setiap harinya. Hasil penilaian sikap direkap setiap selesai tema oleh guru. Guru mengolah data penilaian sikap sekurang-kurangnya dua kali dalam satu semester. Hasil olahan akan menjadi panduan penyusunan deskripsi penilaian sikap peserta didik. Alat evaluasi yang sesuai adalah

a.

Tes skala sikap likert

b.

Pengamatan perilaku

c.

Lembar jurnal observasi sikap social

d.

Wawasan dengan siswa tentang sikap dan prilaku

e.

Portofolio hasil kegiatan

Jenis instrument penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memperoleh hasil belajar peserta didik dengan indikator “menganalisismakna sumpah pemuda dalam perjuangan kemerdekaan republic Indonesia” adalah…

a.

Lembar observasi

b.

Produk

c.

Projek

d.

Skala sikap

e.

Tes tertulis uraian

Seorang guru kelas V menuliskan indikator siswa dapat membedakan atara tanggung jawab, hak dan kewajiban sebagai masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara mengukur penguasaan siswa mencakup dimensi pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif dalam berbagai tindakan proses berfikir. Teknik penilaian sesuai adalah :

a.  Tes tertulis                         b.  Lembar observasi   c.  Tes lisan                 d.  Pilihan ganda

e.  Penugasan             f.  Skala sikap

a.

B, C, F

b.

A, B, C

c.

C, D, E

d.

B, D, F

e.

A, C, E

Dalam perencanaan pembelajaran seorang guru merancang penilaian yang di wujudkan dalam bentuk pemberian tugas kepada peserta didik secara berkelompok. Guru tersebut bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik menghasilkan karya tertentu yang dilakukan secara berkelompok. Pendidik dapat memperoleh informasi berkaitan dengan kemampuan peserta didik dalam hal pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis sampai penyimpulan. Jenis penilaian yang sesuai adalah….

a.

Portofolio

b.

Kinerja praktik

c.

Penugasan

d.

Proyek

e.

Jurnal

Setelah siswa menyimak video pembacaan puisi, guru meminta siswa untuk menemukan dan menjelaskan penggunaan rima, pilihan kata dan pesan dalam puisi tersebut. Siswa diminta menuangkannya dalam bentuk peta konsep. Hal tersebut dialkukan pada saat kegiatan..

a.

Pra pembelajaran

b.

Awal pembelajaran

c.

Inti pembelajaran

d.

Penutup pembelajaran

e.

Tindak lanjut pembelajaran

Pak Ikho, merupakan guru yang kreatif dalam merencanakan pembelajaran di kelasnya. Pak Ikho sedang merencanakan pembelajaran pada indikator Mengidentifikasi kosa kata tentang ciri-ciri jam. Salah satu kegiatan inti bermakna(HOTS) yang dapat dirumuskan sesuai indikator di atas adalah....

a.

Membuat kalimat dengan menggunakan kosa kata tentang ciri-ciri jam

b.

Setelah membaca teks, siswa mengidentifikasi kosa kata yang berkaitan dengan jam

c.

Siswa membaca teks yang berisi kosa kata tentang ciri-ciri jam

d.

Siswa menyimak penjelasan guru tentang kosa kata yang berkaitan dengan ciri-ciri jam

e.

Secara individual siswa menyebutkan kosa kata yang berkaitan dengan ciri-ciri jam

Factor adalah bilangan tertentu yang dapat membagi habis suatu bilangan, materi ini salah satu materi dasar bilangan di SD dan direkomondasikan untuk menggunakan HOTS dalam penilaiannya. Soal berikut yang sesuai untuk mengukur HOTS materi factor adalah

a.

Berapa saja factor dari 27?

b.

Apakah 3 dan 7 faktor 84?

c.

Sebutkan 5 bilangan factor dari 42?

d.

Apakah 7 adalah factor dari 42?

e.

Jelaskan apakah factor bilangan ganjil selalu ganjil?

Ibu Nita seorang guru SD kelas 5 SD melaksanakan pembelajaran dengan mengajarkan indikator menganalisis hubungan antara komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. Supaya dapat mengukur kemampuan HOTS pada peserta didiknya, maka rumusan indikator soal yang tepat untuk dikembangkan menjadi soal adalah….

a.

Menjelaskan rantai makanan pada ekosistem tertentu dan penyebab kepunahan suatu komponen akibat proses makan dan di makan

b.

Menjelaskan (c2) peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam bentuk gambar

c.

Memprediksi (c4) perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang

d.

Menyebutkan (c1) organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan

e.

Memberi contoh (c3) organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar

Artikel Terkait :

0 Response to "SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 5"

Post a Comment