SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 4


Bismillahirahmanirahim…masi sekilas dunia PPG, kita tahu bahwasnya sekarang PPG lewat LMS PMM lebih singkat waktunya di bandingkan dengan PGG lewat LMS SIMPKB, oleh karea itu, kita harus mempersiapkan diri untuk belajar menghadapi Ujian Pengetahuan atau disingkat UP, dan juga menyiapkan data-data untuk UKIN (Uji Kinerja), pada kesempatan ini penulis melanjutkan contoh soal-soal yang biasanya keluar di test UP PPG yang penulis sudah mengalaminya dan alhamdulillah sudah lulus juga, tidak panjag lebar penulis memberikan contoh-contoh soal lanjutan part 4 untuk persiapan ujian pengetahuan UKMPPG melalui LMS PMM :sebagai berikut

Kisi-Kisi : 

Mampu menganalisis struktur dan alur materi ajar untuk merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik. Aspek sub Kompetensi : Menganalisis struktur  materi ajar secara mendalam dan bermakna dalam rangka merancang, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaranAspek sub Kompetensi : Menganalisis struktur materi ajar secara mendalam dan bermakna dalam rangka mengevaluasi pembelajaran.

Pak Ikho mengajar matematika di kelas V SD Indramayu. Pak Ikho mengajar salah satu indikator ketercapaian pembelajaran kelas V adalah menemukan jejaring kubus dan balok, maka evaluasi proses pembelajaran yang kurang sesuai untuk mengukur indikator tersebut adalah....

a.

Memberikan soal menentukan luas permukaan kubus dengan menggunakan jaring-jaring yang ditemukan. (akhir pembelajaran)

b.

Tanya jawab singkat tentang jaring-jaring dan bukan jaring-jaring kubus dan balok

c.

Pertanyaan lisan tentang makna dan jaring-jaring bangun ruang diakhir pembelajaran

d.

Memberikan kuis menggambarkan paling sedikit 2 jaring-jaring kubus dan balok di akhir pembelajaran

e.

Observasi berapa macam jaring-jaring yang dapat ditemukan siswa ketika kegiatan diskusi kelompok

Seorang guru kelas SD akan merancang penilaian dengan kompetensi dasar melisankan dengan lafal intonasi dan ekspresi yang sempurna sebagai bentuk ungkapan diri. Alat penilaian yang cocok digunakan untuk mengukur ketercapaian KD tersebut….

a.

Wawancara

b.

Produk

c.

Portofolio

d.

Lembar observasi unjuk kerja

e.

Tes uraian

Bu Regina guru kelas II semester I akan membelajarkan tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun di sekolah, akan mengukur lebih dalam alasan siswa melakukan tindakan tertentu ketika bergaul dengan temannya. Instrument assessment proses yang sesuai dengan indikator sikap adalah….

a.

Tes tulis bentuk objektif penilaian

b.

Pedoman wawancara

c.

Observasi

d.

Dokumentasi

e.

Teknik tes lisan

Bu Regina guru kelas II semester I akan membelajarkan tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 2 Hidup Rukun di sekolah, akan mengevaluasi sikap siswa dalam bergaul dengan temannya. Instrument assessment proses yang sesuai dengan indikator sikap adalah

a.

Tes tulis bentuk objektif penilaian

b.

Pedoman Obeservasi

c.

Teknik tes lisan

d.

Dokumentasi

e.

Teknik tulis bentuk objektif penilaian

Bu Nita menuliskan IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) muatan materi PPKn SD Kelas V semester 2 yaitu menyimpulkan manfaat manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup. Alat evaluasi yang sesuai untuk mengukur IPK tersebut adalah….

a.

Tes tulis bentuk objektif penilaian

b.

Wawancara

c.

Skala sikap likert

d.

Tes tulis uraian

e.

Observasi

Indikator Pencapaian Kompetensi yakni peserta didik mampu menyajikan materi tentang identifikasi kerajaan Hindu di nusantara dalam bentuk parodi lagu. Alat penilaian yang tepat sesuai indikator tersebut yakni….

a.

Rubrik penilaian keterampilan membuat prodi lagu yang baik         

b.

Tes lisan sebutkan kerajaan-kerajaan bercorak Hindu

c.

Tes lisan apa saja kerajaan yang bercorak Hindu di nusantara

d.

Rubrik penilaian keterampilan diskusi membuat prodi lagu

e.

Tes tertulis apa saja kerajaan yang bercorak Hindu di nusantara

Indikator ketercapaian kompetensi yakni “ Peserta didik dapat menyajikan keterkaitan antara karakteristik ruang terhadap aktivitas ekonomi” instrument penilaian untuk mengukur ketercapaian indikator tersebut yakni….

a.

Tes lisan

b.

Rubrik penilaian laporan

c.

Tes tertulis

d.

Tes uraian

e.

Rubrik penilaian

Indikator ketercapaian kompetensi yakni “ Peserta didik mampu membedakan karakteristik geografis dan kehidupan ekonomi. Jenis instrument penilaian untuk mengukur ketercapaian indikator tersebut yakni….

a.

Tes lisan

b.

Rubrik penilaian laporan

c.

Tes uraian

d.

Tes tertulis

e.

Rubrik penilaian

Indikator pembelajaran yakni peserta didik mampu merinci konsep ruang. Instrument penilaian yang tepat untuk mengukur ketercapaian indikator tersebut adalah….

a.

Tertulis soal jawaban singkat

b.

Unjuk kerja

c.

Tertulis pilihan ganda sebab akibat

d.

Tertulis soal menjodohkan

e.

Berupa penugasan

Seorang guru akan mengerjakan materi dengan kompetensi dasar 4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan baik lisan maupun tulis. Bentuk instrument penilaian yang memiliki karakteristik otentik yang dapat digunakan adalah….

a.

Test tulis tentang pengetahuan factual

b.

Test lisan tentang pengetahuan procedural

c.

Test pilihan ganda tentang pengetahuan metakognitif

d.

Lembar observasi dan wawancara

e.

Penugasan dan lembar observasi

 

Jawaban :

A

D

B

B

D

A

B

D

C

E

 

Semoga bermanfaat….aamiin

Artikel Terkait :

0 Response to "SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 4"

Post a Comment