Bismillahirahmanirahim…masi sekilas dunia PPG, kita tahu bahwasnya sekarang PPG lewat LMS PMM lebih singkat waktunya di bandingkan dengan PGG lewat LMS SIMPKB, oleh karea itu, kita harus mempersiapkan diri untuk belajar menghadapi Ujian Pengetahuan atau disingkat UP, dan juga menyiapkan data-data untuk UKIN (Uji Kinerja), pada kesempatan ini penulis melanjutkan contoh soal-soal yang biasanya keluar di test UP PPG yang penulis sudah mengalaminya dan alhamdulillah sudah lulus juga, tidak panjag lebar penulis memberikan contoh-contoh soal lanjutan part 4 untuk persiapan ujian pengetahuan UKMPPG melalui LMS PMM :sebagai berikut
Kisi-Kisi :
Mampu menganalisis struktur dan alur materi ajar untuk merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik. Aspek sub Kompetensi : Menganalisis struktur materi ajar secara mendalam dan bermakna dalam rangka merancang, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran. Aspek sub Kompetensi : Menganalisis struktur materi ajar secara mendalam dan bermakna dalam rangka mengevaluasi pembelajaran.
Pak
Ikho mengajar matematika di kelas V SD Indramayu. Pak Ikho mengajar salah
satu indikator ketercapaian pembelajaran kelas V adalah menemukan jejaring
kubus dan balok, maka evaluasi proses pembelajaran yang kurang sesuai untuk
mengukur indikator tersebut adalah.... |
|
a. |
Memberikan
soal menentukan luas permukaan kubus dengan menggunakan jaring-jaring yang
ditemukan. (akhir pembelajaran) |
b. |
Tanya jawab singkat tentang jaring-jaring
dan bukan jaring-jaring kubus dan balok |
c. |
Pertanyaan
lisan tentang makna dan jaring-jaring bangun ruang diakhir pembelajaran |
d. |
Memberikan
kuis menggambarkan paling sedikit 2 jaring-jaring kubus dan balok di akhir
pembelajaran |
e. |
Observasi
berapa macam jaring-jaring yang dapat ditemukan siswa ketika kegiatan diskusi
kelompok |
Seorang
guru kelas SD akan merancang penilaian dengan kompetensi dasar melisankan
dengan lafal intonasi dan ekspresi yang sempurna sebagai bentuk ungkapan
diri. Alat penilaian yang cocok digunakan untuk mengukur ketercapaian KD
tersebut…. |
|
a. |
Wawancara |
b. |
Produk |
c. |
Portofolio |
d. |
Lembar
observasi unjuk kerja |
e. |
Tes
uraian |
Bu
Regina guru kelas II semester I akan membelajarkan tema 1 Hidup Rukun Sub
Tema 2 Hidup Rukun di sekolah, akan mengukur lebih dalam alasan siswa
melakukan tindakan tertentu ketika bergaul dengan temannya. Instrument
assessment proses yang sesuai dengan indikator sikap adalah…. |
|
a. |
Tes
tulis bentuk objektif penilaian |
b. |
Pedoman
wawancara |
c. |
Observasi |
d. |
Dokumentasi |
e. |
Teknik
tes lisan |
Bu
Regina guru kelas II semester I akan membelajarkan tema 1 Hidup Rukun Sub
Tema 2 Hidup Rukun di sekolah, akan mengevaluasi sikap siswa dalam bergaul
dengan temannya. Instrument assessment proses yang sesuai dengan indikator
sikap adalah |
|
a. |
Tes
tulis bentuk objektif penilaian |
b. |
Pedoman
Obeservasi |
c. |
Teknik
tes lisan |
d. |
Dokumentasi |
e. |
Teknik
tulis bentuk objektif penilaian |
Bu
Nita menuliskan IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi) muatan materi PPKn SD
Kelas V semester 2 yaitu menyimpulkan manfaat manfaat persatuan dan kesatuan
untuk membangun kerukunan hidup. Alat evaluasi yang sesuai untuk mengukur IPK
tersebut adalah…. |
|
a. |
Tes
tulis bentuk objektif penilaian |
b. |
Wawancara |
c. |
Skala
sikap likert |
d. |
Tes
tulis uraian |
e. |
Observasi |
Indikator
Pencapaian Kompetensi yakni peserta didik mampu menyajikan materi tentang
identifikasi kerajaan Hindu di nusantara dalam bentuk parodi lagu. Alat
penilaian yang tepat sesuai indikator tersebut yakni…. |
|
a. |
Rubrik
penilaian keterampilan membuat prodi lagu yang baik |
b. |
Tes
lisan sebutkan kerajaan-kerajaan bercorak Hindu |
c. |
Tes
lisan apa saja kerajaan yang bercorak Hindu di nusantara |
d. |
Rubrik
penilaian keterampilan diskusi membuat prodi lagu |
e. |
Tes
tertulis apa saja kerajaan yang bercorak Hindu di nusantara |
Indikator
ketercapaian kompetensi yakni “ Peserta didik dapat menyajikan keterkaitan antara karakteristik ruang terhadap
aktivitas ekonomi” instrument penilaian untuk mengukur ketercapaian indikator
tersebut yakni…. |
|
a. |
Tes
lisan |
b. |
Rubrik penilaian laporan |
c. |
Tes
tertulis |
d. |
Tes
uraian |
e. |
Rubrik
penilaian |
Indikator
ketercapaian kompetensi yakni “ Peserta didik mampu membedakan karakteristik
geografis dan kehidupan ekonomi. Jenis instrument penilaian untuk mengukur
ketercapaian indikator tersebut yakni…. |
|
a. |
Tes
lisan |
b. |
Rubrik penilaian laporan |
c. |
Tes
uraian |
d. |
Tes
tertulis |
e. |
Rubrik
penilaian |
Indikator
pembelajaran yakni peserta didik mampu merinci konsep ruang. Instrument
penilaian yang tepat untuk mengukur ketercapaian indikator tersebut adalah…. |
|
a. |
Tertulis
soal jawaban singkat |
b. |
Unjuk
kerja |
c. |
Tertulis pilihan ganda sebab akibat |
d. |
Tertulis
soal menjodohkan |
e. |
Berupa
penugasan |
Seorang
guru akan mengerjakan materi dengan kompetensi dasar 4.6 Menciptakan kembali teks anekdot
dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan baik lisan maupun tulis. Bentuk
instrument penilaian yang memiliki karakteristik otentik yang dapat digunakan
adalah…. |
|
a. |
Test
tulis tentang pengetahuan factual |
b. |
Test
lisan tentang pengetahuan procedural |
c. |
Test
pilihan ganda tentang pengetahuan metakognitif |
d. |
Lembar
observasi dan wawancara |
e. |
Penugasan dan lembar observasi |
Jawaban
:
A
D
B
B
D
A
B
D
C
E
Semoga bermanfaat….aamiin
0 Response to "SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 4"
Post a Comment