SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 3

 


 

Bismillahirahmanirahim…setelah Part 2 penulis mencoba melanjutkan Kembali masih seputar soal-soal SJT dan PCK UKMPPG melalui LMS PMM, pada  Part 3 ini, kita akan bahas soal-soal yang sesuai dengan kisi-kisi PPG, perhatikan kisi-kisi berikut ini :

Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan etika profesi, serta berjiwa wirausaha. (Aspek sub Kompetensi : memahami makna, tujuan dan pandangan hidup berdasarkan prinsip moral dan keyakinan terhadap Tuhan YME), adapun soalnya dicontohkan sebagaimana berikut :

Di sekolah anda mengajar mayoritas siswa beragama Islam, namun ada juga siswa beragama non Islam. Ketika memasuki bulan Ramadhan anda mendapati siswa non Islam yang sedang makan di depan kelas ketika teman-teman yang lain sedang menjalankan ibadah puasa. Sebagai seorang guru yang anda lakukan adalah….

a.

Menasehati siswa agar tidak makan di depan kelas selama bulan Ramadhan demi menghormati yang berpuasa

b.

Keduanya memiliki haknya masing-masing, boleh berbuat sesuai keyakinannya

c.

Menasehatinya siswa yang sedang puasa ramadhan, bahwa makan dimanapun itu hak mereka

d.

Meminta siswa tersebut untuk makan ditempat yang sepi agar tidak kelihatan teman-temannya yang sedang berpuasa

e.

Tidak peduli dengan tindakan yang dilakukan siswa tersebut

(Aspek sub Kompetensi : menunjukan sikap dan perilaku kejujuran, semangat juang, ketulusan, cinta kasih, toleran, tanggung jawab, saling menggembirakan, saling memuliakan, tidak egois)

Pada saat seleksi penerimaan peserta didik baru, seorang guru diminta kepala sekolah menilai perihal kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi calon peserta didik terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Oleh karena itu salah satu butir yang hendak ia tanyakan adalah…

a.

Masyarakat kampung ini sebagian besar bekerja apa?

b.

Berapa lama anda tinggal di kampung ini?

c.

Apa saja tradisi bersama di kampung ini?

d.

Berapa kali anda bekerja bakti di kampung selama ini?

e.

Bagaimana budaya kerjasama di kampung ini?

Guru membimbing peserta didik untuk membentuk manusia seutuhnya yang berjiwa pancasila. Dalam membimbing peserta didiknya, Ki Hajar Dewantara mengemukakan tiga kalimat ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, dan tut wuri handayani. Hubungan guru dengan peserta didik tercermin kalimat guru hendaknya memberikan contoh yang baik untuk peserta didiknya. Guru menghargai potensi yang ada dalam keberagamaan peserta didiknya. Substansi esensial dari KEGI yang diterapkan PGRI telah memuat rumusan kode etik guru yang disepakati. Berikut ini yang tidak termasuk kode etik guru yang berkaitan dengan pendidikan adalah...

a.

Guru secara perorangan atau bersama-sama secara terus menerus berusaha menciptakan, memelihara, dan mengembangkan susana sekolah yang menyenangkan sebagai lingkungan belajar yang efektif dan efesien bagi peserta didik.

b.

Guru menjalin hubungan dengan peserta didik yang ditandai rasa kasih sayang dan menghindarkan diri dari tindakan kekerasan fisik yang diluar batas kaidah pendidikan

c.

Guru berusaha secara manusiawi menyelesaikan masalah sebagai problem solver setiap gangguan yang dialami peserta didik yang dapat mempengaruhi perkembangan negatif bagi peserta didik tersebut

d.

Guru secara langsung mencurahkan usaha-usaha profesionalnya untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan keseluruhan keperibadiannya, termasuk kemampuan untuk berkarya.

e.

Guru menjunjung tinggi harga diri, integritas, dan tidak sekali-kali merendahkan martabat peserta didiknya.

 

Mampu merumuskan tujuan pembelajaran dan indikator yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk mengembangkan peserta didik sesuai dimensi profil pelajar Pancasila

(Aspek sub Kompetensi : Merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran ranah pengetahuan untuk mengembangkan kemampuan bernalar kritis dan kreatif peserta didik.)

Pada rancangan kegiatan inti pembelajaran, siswa menggunakan bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa di kembangkan guru sesuai dengan kegiatan pembelajaran tersebut adalah…

a.

Mengelompokan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

b.

Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

c.

Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

d.

Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa

e.

Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan

Dalam pembelajaran fisika kelas XI terdapat KD berikut :”Menganalisis (C4) perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hokum Termodinamika:, maka indikator pembelajaran berfikir kreatif yang berorientasi masa depan yaitu….

a.

Membuat laporan hasil percobaan hukum Termodinamika dan mempresentasikannya

b.

Menjelaskan hasil pengamatan terkait hokum Termodinamika

c.

Menyimpulkan tekanan volume dan suhu

d.

Menganalisis masalah berkaitan tentang siklus mesin kalor, siklus carnot sampai dengan teori  clausius

e.

Menggunakan thermometer setelah melihat tanyangan vidio

Pada pembelajaran fisika topic rangkaian listrik arus searah, guru bermaksud melatih keterampilan berkomunikasi dan berkolaborasi pada siswa. Rumusan indikator capaian pembelajaran yang paling tepat adalah

a.

Dapat melakukan percobaan rangkaian listrik arus searah untuk menentukan nilai suatu hambatan secara berkelompok

b.

Dapat membuktikan menurut Hukum Ohm melalui percobaan rangkaian listrik arus searah dalam menentukan nilai hambatan

c.

Dapat mempresentasikan hasil percobaan rangkaian listrik arus searah yang telah dilakukan secara berkelompok

d.

Dapat mempresentasikan rencana percobaan rangkaian listrik arus searah untuk menentukan hambatan dalam baterai

e.

Dapat mendiskusikan hasil percobaan rangkaian arus searah untuk menentukan hambatan dalam temperatur

Perhatikan pencapaian indikator di bawah ini

Menganalisis tentang prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran pada kacamata, lup, microscop, teleskop dan kamera

a.

Siswa dapat menguraikan penggunaan alat optic seperti kacamata, lup pada tukang reparasi arloji, teropong dengan baik, setelah melaksanakan studi pustaka

b.

Siswa dapat membandingkan prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran pada kacamata, lup, microscop dan kamera dengan benar, setelah melakukan percobaan demonstrasi

c.

Siswa dapat mengaitkan materi prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran dengan hakikat fisika yang telah di pelajari sebelumnya, setelah melaksanakan

d.

Siswa dapat mendemonstrasikan pemahamannya tentang prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran untuk memecahkan masalah sehari-hari setelah melakukan pengamatan

e.

Siswa dapat membandingkan prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran pada kacamata, lup, microscop dan kamera dengan benar, setelah melakukan percobaan keterampilan

 

Jawaban :

A

D

C

E

D

D

B

 

 

Semoga bermanfaat….aamiin

Artikel Terkait :

0 Response to "SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 3"

Post a Comment