Bismillahirahmanirahim…setelah Part 2 penulis mencoba melanjutkan Kembali masih seputar soal-soal SJT dan PCK UKMPPG melalui LMS PMM, pada Part 3 ini, kita akan bahas soal-soal yang sesuai dengan kisi-kisi PPG, perhatikan kisi-kisi berikut ini :
Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan etika profesi, serta berjiwa wirausaha. (Aspek sub Kompetensi : memahami makna, tujuan dan pandangan hidup berdasarkan prinsip moral dan keyakinan terhadap Tuhan YME), adapun soalnya dicontohkan sebagaimana berikut :
Di
sekolah anda mengajar mayoritas siswa beragama Islam, namun ada juga siswa
beragama non Islam. Ketika memasuki bulan Ramadhan anda mendapati siswa non
Islam yang sedang makan di depan kelas ketika teman-teman yang lain sedang
menjalankan ibadah puasa. Sebagai seorang guru yang anda lakukan adalah…. |
|
a. |
Menasehati siswa agar tidak makan di depan kelas selama bulan Ramadhan demi
menghormati yang berpuasa |
b. |
Keduanya memiliki haknya masing-masing, boleh berbuat sesuai keyakinannya |
c. |
Menasehatinya siswa yang sedang puasa ramadhan, bahwa makan dimanapun itu
hak mereka |
d. |
Meminta siswa tersebut untuk makan ditempat yang sepi agar tidak
kelihatan teman-temannya yang sedang berpuasa |
e. |
Tidak peduli dengan tindakan yang dilakukan siswa tersebut |
(Aspek sub Kompetensi
: menunjukan sikap dan perilaku kejujuran, semangat juang, ketulusan, cinta
kasih, toleran, tanggung jawab, saling menggembirakan, saling memuliakan, tidak
egois)
Pada
saat seleksi penerimaan peserta didik baru, seorang guru diminta kepala
sekolah menilai perihal kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi
calon peserta didik terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Oleh karena itu
salah satu butir yang hendak ia tanyakan adalah… |
|
a. |
Masyarakat kampung ini sebagian besar bekerja apa? |
b. |
Berapa lama anda tinggal di kampung ini? |
c. |
Apa saja tradisi bersama di kampung ini? |
d. |
Berapa kali anda bekerja bakti di kampung selama ini? |
e. |
Bagaimana budaya kerjasama di kampung ini? |
Guru membimbing peserta didik untuk membentuk manusia seutuhnya yang
berjiwa pancasila. Dalam membimbing peserta didiknya, Ki Hajar Dewantara
mengemukakan tiga kalimat ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, dan
tut wuri handayani. Hubungan guru dengan peserta didik tercermin kalimat guru
hendaknya memberikan contoh yang baik untuk peserta didiknya. Guru menghargai
potensi yang ada dalam keberagamaan peserta didiknya. Substansi esensial dari
KEGI yang diterapkan PGRI telah memuat rumusan kode etik guru yang
disepakati. Berikut ini yang tidak termasuk kode etik guru yang berkaitan
dengan pendidikan adalah... |
|
a. |
Guru secara perorangan atau bersama-sama secara terus menerus berusaha
menciptakan, memelihara, dan mengembangkan susana sekolah yang menyenangkan sebagai
lingkungan belajar yang efektif dan efesien bagi peserta didik. |
b. |
Guru menjalin hubungan dengan peserta didik yang ditandai rasa kasih
sayang dan menghindarkan diri dari tindakan kekerasan fisik yang diluar batas
kaidah pendidikan |
c. |
Guru berusaha secara manusiawi menyelesaikan masalah sebagai problem
solver setiap gangguan yang dialami peserta didik yang dapat mempengaruhi
perkembangan negatif bagi peserta didik tersebut |
d. |
Guru secara langsung mencurahkan usaha-usaha profesionalnya untuk
membantu peserta didik dalam mengembangkan keseluruhan keperibadiannya,
termasuk kemampuan untuk berkarya. |
e. |
Guru menjunjung tinggi harga diri, integritas, dan tidak sekali-kali
merendahkan martabat peserta didiknya. |
Mampu
merumuskan tujuan pembelajaran dan indikator yang mencakup aspek sikap, pengetahuan,
dan keterampilan untuk mengembangkan peserta didik sesuai dimensi
profil pelajar Pancasila
(Aspek sub Kompetensi : Merumuskan tujuan dan
indikator pembelajaran ranah pengetahuan untuk mengembangkan kemampuan bernalar
kritis dan kreatif peserta didik.)
Pada rancangan
kegiatan inti pembelajaran, siswa menggunakan bahan alam dari tanaman untuk produk
karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa di kembangkan
guru sesuai dengan kegiatan pembelajaran tersebut adalah… |
|
a. |
Mengelompokan
bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa |
b. |
Menyebutkan
fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa |
c. |
Menjelaskan
sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa |
d. |
Membedakan
sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa |
e. |
Membuat
produk karya seni rupa dari tanaman pandan |
Dalam
pembelajaran fisika kelas XI terdapat KD berikut :”Menganalisis (C4) perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan
hokum Termodinamika:, maka indikator pembelajaran berfikir kreatif yang
berorientasi masa depan yaitu…. |
|
a. |
Membuat
laporan hasil percobaan hukum Termodinamika dan mempresentasikannya |
b. |
Menjelaskan
hasil pengamatan terkait hokum Termodinamika |
c. |
Menyimpulkan
tekanan volume dan suhu |
d. |
Menganalisis masalah berkaitan tentang siklus
mesin kalor, siklus carnot sampai dengan teori clausius |
e. |
Menggunakan
thermometer setelah melihat tanyangan vidio |
Pada
pembelajaran fisika topic rangkaian listrik arus searah, guru bermaksud
melatih keterampilan berkomunikasi
dan berkolaborasi pada siswa.
Rumusan indikator capaian pembelajaran yang paling tepat adalah… |
|
a. |
Dapat
melakukan percobaan rangkaian listrik arus searah untuk menentukan nilai
suatu hambatan secara berkelompok |
b. |
Dapat
membuktikan menurut Hukum Ohm melalui percobaan rangkaian listrik arus searah
dalam menentukan nilai hambatan |
c. |
Dapat
mempresentasikan hasil percobaan rangkaian listrik arus searah yang telah
dilakukan secara berkelompok |
d. |
Dapat
mempresentasikan rencana percobaan rangkaian listrik arus searah untuk
menentukan hambatan dalam baterai |
e. |
Dapat
mendiskusikan hasil percobaan rangkaian arus searah untuk menentukan hambatan
dalam temperatur |
Perhatikan
pencapaian indikator di bawah ini “Menganalisis tentang prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran pada
kacamata, lup, microscop, teleskop dan kamera” |
|
a. |
Siswa
dapat menguraikan penggunaan alat optic seperti kacamata, lup pada tukang
reparasi arloji, teropong dengan baik, setelah melaksanakan studi pustaka |
b. |
Siswa
dapat membandingkan prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran pada
kacamata, lup, microscop dan kamera dengan benar, setelah melakukan percobaan demonstrasi |
c. |
Siswa
dapat mengaitkan materi prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran dengan
hakikat fisika yang telah di pelajari sebelumnya, setelah melaksanakan |
d. |
Siswa
dapat mendemonstrasikan pemahamannya tentang prinsip pembentukan bayangan dan
perbesaran untuk memecahkan masalah sehari-hari setelah melakukan pengamatan |
e. |
Siswa
dapat membandingkan prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran pada
kacamata, lup, microscop dan kamera dengan benar, setelah melakukan percobaan keterampilan |
Jawaban
:
A
D
C
E
D
D
B
Semoga
bermanfaat….aamiin
0 Response to "SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 3"
Post a Comment