Bismillahirahmanirahim…pada penulisan kali ini, penulis mencoba berbagi kembali tentang soal-soal SJT dan PCK UKMPPG melalui LMS PMM part 2, Adapun soal-soal tersebut silahkan baca dan pelajari untuk persiapan ujian pengetahuan UKMPPG melalui LMS PMM
Kurikulum
sebagai seluruh aktivitas peserta didik baik yang dilakukan di dalam maupun
di luar kelas berarti…. |
|
a. |
Menyusun
daftar mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa selama menempuh
pembelajaran di kelas |
b. |
Menyusun
rancangan kunjungan ke kebun binatang untuk menyelesaikan projek pembelajaran
sain |
c. |
Menyusun
aktivitas pembelajaran yang disajikan dalam RPP untuk menjadi dokumen sekolah |
d. |
Menyusun
modul pembelajaran yang memuat aktivitas belajar siswa |
e. |
Menyusun
daftar isi bahan pembelajaran agar mudah dipelajari oleh siswa dalam proses
pembelajaran |
Kurikulum
Indonesia telah mengalami perubahan sebanyak sepuluh kali. Jika dikelompokkan
dalam jenisnya, kurikulum yang dikembangkan pada tahun 2004-2013, termasuk
jenis kurikulum…. |
|
a. |
Kurikulum
berbasis pada pencapaian tujuan |
b. |
Kurikulum
berbasis pada pencapaian proses |
c. |
Kurikulum
sebagai rencana pelajaran |
d. |
Kurikulum
berbasis pada kompetensi |
e. |
Kurikulum
berbasis konten pembelajaran |
Nilai-nilai
kehidupan dan budaya dalam masyarakat senantiasa berkembang, maka peran
kurikulum tidak hanya mewariskan nilai dan budaya melainkan juga berperan
untuk menilai dan memilih nilai budaya serta pengetahuan baru yang akan
diwariskan. Penjelasan tersebut merupakan… |
|
a. |
Peran
konservatif |
b. |
Peran
kritis dan evaluatif |
c. |
Peran
kreatif |
d. |
Peran
social |
e. |
Peran
sumatif |
Di
bawah ini merupakan kajian pokok implementasi kurikulum, kecuali… |
|
a. |
Mengembangkan
program |
b. |
Pelaksanaan
Pembelajaran pembelajaran |
c. |
Pengembangan
kurikulum |
d. |
Evaluasi
proses yang dilaksanakan |
e. |
Merancang
dokumen kurikulum |
Kurikulum
bukan hanya dipandang sebagai seperangkat mata pelajaran dan silabus, namun
juga harus dipandang sebagai… |
|
a. |
Seperangkat
alat pembelajaran yang harus disesuaikan dengan peserta didik |
b. |
Seperangkat
dokumen yang harus dilaksanakan |
c. |
Rincian
jadwal pelajaran |
d. |
Materi
yang harus disampaikan kepada peserta didik |
e. |
Seperangkat
tujuan pembelajaran |
Dalam
pelaksanan kurikulum 2013, peserta didik memerlukan berbagai macam sumber
literasi untuk menunjang berbagai macam bacaan dan literasi. Namun, masih ada
sekolah yang tidak memilikinya. Hal tersebut merupakan hambatan dari salah
satu factor… |
|
a. |
Factor
lingkungan sekolah |
b. |
Factor
sarana dan fasilitas |
c. |
Factor
budaya dan ideologi |
d. |
Factor
administrasi |
e. |
Faktor
sekolah |
Ada
beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang guru dalam mengembangkan
kurikulum yaitu tujuan Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan yang
diharapkan masyarakat. Hal ini berarti… |
|
a. |
Guru
menyusun program pembelajaran di kelas diterjemahkan ke dalam sebuah tujuan
nasional |
b. |
Guru
menyusun program pembelajaran menyesuaikan dengan kurikulum yang ada
berdasarkan tujuan yang ditetapkan. |
c. |
Guru
menyusun program pembelajaran dengan mengacu kepada tujuan Pendidikan
nasional, visi, misi, tujuan juga disesuaikan dengan kondisi masyarakat |
d. |
Guru
melakukan pembelajaran hanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat |
e. |
Guru
melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan pengalamannya yang menurutnya
penting |
Menurut
Friedman, perkembangan teknologi begitu cepat namun manusia belum bisa
mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Dalam pengembangan sebuah
kurikulum, fenomena tersebut bisa diartikan dan digunakan untuk… |
|
a. |
Identifikasi
perkembangan zaman, sehingga pembelajaran harus mengikuti perkembangan
teknologi. |
b. |
Mengidentifikasi
perkembangan teknologi, menyiapkan strategi antisipasi untuk mengejar
ketertinggalan dalam beradaptasi dengan teknologi |
c. |
Mengintegrasikan
teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya |
d. |
Guru
tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi E. Memberi kebebasan
belajar dengan HP |
e. |
Guru
melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi E. Memberi kebebasan belajar
dengan HP |
Seperti
apa yang dikatakan oleh Friedman, perkembangan teknologi begitu cepat namun
manusia belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Sebagai
seorang guru, maka yang harus dilakukan dalam rangka menyesuaikan dengan
perkembangan teknologi adalah… |
|
a. |
Tidak
menganjurkan peserta didik untuk membawa alat teknologi |
b. |
Membebaskan
peserta didik menggunakan alat teknologi di dalam kelas |
c. |
Mengintegrasikan
teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya |
d. |
Guru
tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi |
e. |
Memberi
kebebasan belajar dengan HP |
Dalam
kurikulum 2013, terdapat integrasi antara ilmu pengetahuan dan karakter. Hal
ini sesuai dengan arah baru program baru UNESCO yaitu…. |
|
a. |
Ekonomi,
manusia, lingkungan, dan sosial diintegrasikan |
b. |
Pikiran
dan benda terintegrasi dalam pengembangan |
c. |
Sains
dan nilai religius terintegrasi |
d. |
Pendidikan
merupakan integral dari semua perkembangan |
e. |
Pendidikan
untuk semua |
Jawaban
:
B
D
B
A
A
B
D
B
C
C
Semoga
bermanfaat….aamiin
0 Response to "SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 2"
Post a Comment