Bismillahirahmanirahim…pada penulisan kali ini, penulis mencoba berbagi kembali tentang soal-soal SJT dan PCK UKMPPG melalui LMS PMM terbaru, sebagai mana kita tahu bahwasanya untuk PPG tahun sekarang sudah tidak lagi menggunakan aplikasi SIMPKB sebagai mana tahun sebelumnya, melainkan dengan menggunakan aplikasi LMS PMM dan untuk jenjang pembelajarannyapun sudah di persingkat waktunya, sekitar 1 bulan lebih, beda dengan tahun sebelumnya yang hamper 3 bulan lebih
Dalam PPG tahun ini seorang guru dituntut untuk belajar mandiri melalui aplikasi LMS PMM, didalamnya terdapat berbagai macam modul dan materi yang harus di selesaikan Bapak/Ibu guru yang menjadi mahasiswa PPG. Setelah selesai melaksanakan pembelajaran tatap muka, tentunya peserta PPG akan diuji melalui test UP (Ujian Pengetahuan) dan UKIN (Ujian Kinerja), tapi dalam hal ini penulis akan berbagi tentang pembahasan soal-soal yang bisa keluar di dalam test PPG dalam bentuk SJT dan PCK.
Sebagai contoh dalam kisi-kisi PPG Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan etika profesi, serta berjiwa wirausaha, yang di dalamnya ada : memahami makna, tujuan dan pandangan hidup berdasarkan prinsip moral dan keyakinan terhadap Tuhan YME, menunjukan sikap dan perilaku taqwa terhadap Tuhan YME (Ketaqwaan), menunjukan sikap dan perilaku kejujuran, semangat juang, ketulusan, cinta kasih, toleran, tanggung jawab, saling menggembirakan, saling memuliakan, tidak egois (Kemanusiaan, menunjukan sikap dan perilaku menjunjung toleran, tidak memaksakan kehendak, menghormati kebhinekaan, bela negara, dan mementingkan kehidupan orang banyak di atas kepentingan pribadi (persatuan), menunjukan sikap saling menghormati pendapat orang lain (Demokratis), menunjukan sikap dan perilaku saling berbagi, peduli, dan memiliki solidaritas (keadilan)
Mampu merumuskan tujuan pembelajaran dan indikator yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk mengembangkan peserta didik sesuai dimensi profil pelajar Pancasil : Merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran ranah sikap untuk mengembangkan keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, dan kemandirian peserta didik. (Merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran ranah sikap), Merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran ranah pengetahuan untuk mengembangkan kemampuan bernalar kritis dan kreatif peserta didik (Merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran ranah pengetahuan), Merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran bersifat adaptif dan berorientasi ke masa depan (perkembangan ipteks) sesuai karakteristik siswa untuk suatu konten bidang studi (Merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran bersifat adaptif dan berorientasi ke masa depan).
Untuk lebih jelasnya silahkan baca dan jawab beberapa soal berikut ini :
Sebagai
seorang guru, Anda mendapati diri Anda sedikit tertinggal dalam menyampaikan
materi pelajaran sesuai dengan rencana mengajar yang telah dibuat. Sejumlah
kegiatan sekolah dan hari libur tak terduga telah memengaruhi jadwal mengajar
Anda. Bagaimana Anda seharusnya bereaksi untuk memastikan semua materi dapat
disampaikan dengan efektif tanpa mengorbankan kualitas pengajaran?
a.
Menambah jam pelajaran ekstra setiap hari
tanpa memberitahu siswa atau orang tua terlebih dahulu
b.
Mengabaikan beberapa materi dan focus
hanya pada topik-topik yang Anda anggap paling penting
c.
Mempercepat proses pengajaran dengan
mengurangi waktu diskusi dan tanya jawab di kelas
d. Mengadakan
kelas tambahan dengan koordinasi terlebih dahulu dengan siswa dan orang tua,
serta menyediakan materi tambahan untuk pembelajaran mandiri
e. Meminta masukan dari siswa tentang topik mana yang mereka rasa memerlukan penjelasan lebih lanjut dan menyesuaikan metode pengajaran Anda
Terdapat
orang tua siswa yang mendatangi Anda dengan perasaan tidak puas dan merasa
bahwa anakanya diberi nilai yang tidak adil. Bagaimana Anda seharusnya
berkomunikasi dengan orang tua tersebut untuk meredam situasi, sambil tetap
mempertahankan kebijakan penilaian sekolah
a. Membiarkan
orang tua berbiacara tanpa memberikan penjelasan, lalu mengakhiri percakapan
dengan cepat
b. Menyatakan
bahwa kebijakan sekolah tidak dapat dinegoisasikan dan orang tua harus
menerimanya tanpa diskusi lebih lanjut
c. Memberikan kesempatan kepada orang tua
untuk menyampaikan kekhawatirannya, lalu menjelaskan proses dan kriteria
penilaian dengan jelas dan empatik
d. Menyerankan
agar orang tua berbicara dengan kepala sekolah atau pihak lain, kerana Anda
tidak ingin terlibat dalam konflik
e. Mengakui kesalahan tanpa memeriksa kembali proses penilaian dan berjanji untuk mengubah nilai siswa tersebut
Pada
suatu pembelajaran model kooperatif, terdapat sejumlah siswa pada salah satu
kelompok yang terlibat dalam perselisihan sehingga menyebabkan situasi
pembelajaran tidak kondusif. Siswa lain pun mengerumuni siswa yang berselisih.
Tindakan apa yang menurut Anda paling efektif untuk menangani hal tersebut?
a.
Anda menghentikan seluruh kelas dan
mengadakan sesi mediasi pada saat dan tempat itu juga.
b. Anda membiarkan siswa yang berselisih
menyelesaikan sendiri permasalahannya dengan harapan mereka dapat belajar dari
situsi tersebut.
c.
Anda meminta pertimbangan seluruh siswa di
kelas mengenai siapa yang salah dan siapa yang benar dari perselisihan
tersebut.
d. Anda
mendekati siswa dan mencoba menghentikan dengan tenang kemudian melakukan
pendekatan pada waktu lain yang terpisah dari kegiatan kelas.
e. Anda segera memisahkan siswa yang berselisih dan mengirimkan ke kantor kepala sekolah tanpa diskusi lebih lanjut
Salah
satu indictor di kelas rendah adalah “menggali informasi tentang cara-cara
perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara atau eksplorasi lingkungan”
Sebagai seroang guru kelas rendah, Poak Dadang berusaha menyampaiakn motivasi
ketika memberikan materi ajar dengan KD tersebut. Bentuk motivasi yang dapat
diperikan oleh Pak Dadang ketika membuka pembelajaran adalah ….
a.
Menampilkan
video petani anggrek yang sukses ketika merawat tanaman anggreknya
b.
Membagikan kuis kepada peserta didik untuk
mewarnai gambar sawah
c.
Membagikan tugas kepada peserta didik
untuk mengamati tanaman di sekitar kelas
d.
Membuat kesimpulan tentang jenis-jenis
hewan yang mempunyai ciri-ciri fisik tertentu
e. Memberikan pesan agar peserta didik hat-hati dalam merawat hewan
Seorang
guru menggunakan animasi video untuk menjelaskan materi prinsip kerja hukum
Newton. Tindakan guru merupakan penerapan TPACK dalam domain ….
a.
Rancangan kurikulum
b.
Pengelolaan pembelajaran
c.
Upaya memahami peserta didik
d.
Memahami
materi pembelajaran
e. Merepresentasikan data
Bu
Ana mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati
tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ana memeriksa laporan
hasil observasi siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa
di peroleh peringkat hasil belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa
observasi di luar kelas menunjukkan siswa memiliki kecenderungan gaya belajar
berhasil baik melalui…..
a.
Visual dan Auditori
b.
Visual dan Kinestik
c.
Auditori dan Kinestetik
d.
Auditori
Visual, dan Kinestetik
e.
Visual saja
Semoga bermanfaat…aaminn…
0 Response to "SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 1"
Post a Comment