SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 1




Bismillahirahmanirahim…pada penulisan kali ini, penulis mencoba berbagi kembali tentang soal-soal SJT dan PCK UKMPPG melalui LMS PMM terbaru, sebagai mana kita tahu bahwasanya untuk PPG tahun sekarang sudah tidak lagi menggunakan aplikasi SIMPKB sebagai mana tahun sebelumnya, melainkan dengan menggunakan aplikasi LMS PMM dan untuk jenjang pembelajarannyapun sudah di persingkat waktunya, sekitar 1 bulan lebih, beda dengan tahun sebelumnya yang hamper 3 bulan lebih

Dalam PPG tahun ini seorang guru dituntut untuk belajar mandiri melalui aplikasi LMS PMM, didalamnya terdapat berbagai macam modul dan materi yang harus di selesaikan Bapak/Ibu guru yang menjadi mahasiswa PPG. Setelah selesai melaksanakan pembelajaran tatap muka, tentunya peserta PPG akan diuji melalui test UP (Ujian Pengetahuan) dan UKIN (Ujian Kinerja), tapi dalam hal ini penulis akan berbagi tentang pembahasan soal-soal yang bisa keluar di dalam test PPG dalam bentuk SJT dan PCK.

Sebagai contoh dalam kisi-kisi PPG Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan etika profesi, serta berjiwa wirausaha, yang di dalamnya ada : memahami makna, tujuan dan pandangan hidup berdasarkan prinsip moral dan keyakinan terhadap Tuhan YME, menunjukan sikap dan perilaku taqwa terhadap Tuhan YME (Ketaqwaan), menunjukan sikap dan perilaku kejujuran, semangat juang, ketulusan, cinta kasih, toleran, tanggung jawab, saling menggembirakan, saling memuliakan, tidak egois (Kemanusiaan, menunjukan sikap dan perilaku menjunjung toleran, tidak memaksakan kehendak, menghormati kebhinekaan, bela negara, dan mementingkan kehidupan orang banyak di atas kepentingan pribadi (persatuan), menunjukan sikap saling menghormati pendapat orang lain (Demokratis), menunjukan sikap dan perilaku saling berbagi, peduli, dan memiliki solidaritas (keadilan)

Mampu merumuskan tujuan pembelajaran dan indikator yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk mengembangkan peserta didik sesuai dimensi profil pelajar Pancasil : Merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran ranah sikap untuk mengembangkan keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, dan kemandirian peserta didik. (Merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran ranah sikap), Merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran ranah pengetahuan untuk mengembangkan kemampuan bernalar kritis dan kreatif peserta didik (Merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran ranah pengetahuan), Merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran bersifat adaptif dan berorientasi ke masa depan (perkembangan ipteks) sesuai karakteristik siswa untuk suatu konten bidang studi (Merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran bersifat adaptif dan berorientasi ke masa depan).

Untuk lebih jelasnya silahkan baca dan jawab beberapa soal berikut ini :

Sebagai seorang guru, Anda mendapati diri Anda sedikit tertinggal dalam menyampaikan materi pelajaran sesuai dengan rencana mengajar yang telah dibuat. Sejumlah kegiatan sekolah dan hari libur tak terduga telah memengaruhi jadwal mengajar Anda. Bagaimana Anda seharusnya bereaksi untuk memastikan semua materi dapat disampaikan dengan efektif tanpa mengorbankan kualitas pengajaran?

a.    Menambah jam pelajaran ekstra setiap hari tanpa memberitahu siswa atau orang tua terlebih dahulu

b.    Mengabaikan beberapa materi dan focus hanya pada topik-topik yang Anda anggap paling penting

c.    Mempercepat proses pengajaran dengan mengurangi waktu diskusi dan tanya jawab di kelas

d.   Mengadakan kelas tambahan dengan koordinasi terlebih dahulu dengan siswa dan orang tua, serta menyediakan materi tambahan untuk pembelajaran mandiri

e.  Meminta masukan dari siswa tentang topik mana yang mereka rasa memerlukan penjelasan lebih lanjut dan menyesuaikan metode pengajaran Anda

Terdapat orang tua siswa yang mendatangi Anda dengan perasaan tidak puas dan merasa bahwa anakanya diberi nilai yang tidak adil. Bagaimana Anda seharusnya berkomunikasi dengan orang tua tersebut untuk meredam situasi, sambil tetap mempertahankan kebijakan penilaian sekolah

a.    Membiarkan orang tua berbiacara tanpa memberikan penjelasan, lalu mengakhiri percakapan dengan cepat

b.   Menyatakan bahwa kebijakan sekolah tidak dapat dinegoisasikan dan orang tua harus menerimanya tanpa diskusi lebih lanjut

c. Memberikan kesempatan kepada orang tua untuk menyampaikan kekhawatirannya, lalu menjelaskan proses dan kriteria penilaian dengan jelas dan empatik

d. Menyerankan agar orang tua berbicara dengan kepala sekolah atau pihak lain, kerana Anda tidak ingin terlibat dalam konflik

e.  Mengakui kesalahan tanpa memeriksa kembali proses penilaian dan berjanji untuk mengubah nilai siswa tersebut 

Pada suatu pembelajaran model kooperatif, terdapat sejumlah siswa pada salah satu kelompok yang terlibat dalam perselisihan sehingga menyebabkan situasi pembelajaran tidak kondusif. Siswa lain pun mengerumuni siswa yang berselisih. Tindakan apa yang menurut Anda paling efektif untuk menangani hal tersebut?

a.    Anda menghentikan seluruh kelas dan mengadakan sesi mediasi pada saat dan tempat itu juga.

b.  Anda membiarkan siswa yang berselisih menyelesaikan sendiri permasalahannya dengan harapan mereka dapat belajar dari situsi tersebut.

c.    Anda meminta pertimbangan seluruh siswa di kelas mengenai siapa yang salah dan siapa yang benar dari perselisihan tersebut.

d. Anda mendekati siswa dan mencoba menghentikan dengan tenang kemudian melakukan pendekatan pada waktu lain yang terpisah dari kegiatan kelas.

e.  Anda segera memisahkan siswa yang berselisih dan mengirimkan ke kantor kepala sekolah tanpa diskusi lebih lanjut 

Salah satu indictor di kelas rendah adalah “menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara atau eksplorasi lingkungan” Sebagai seroang guru kelas rendah, Poak Dadang berusaha menyampaiakn motivasi ketika memberikan materi ajar dengan KD tersebut. Bentuk motivasi yang dapat diperikan oleh Pak Dadang ketika membuka pembelajaran adalah ….

a.    Menampilkan video petani anggrek yang sukses ketika merawat tanaman anggreknya

b.    Membagikan kuis kepada peserta didik untuk mewarnai gambar sawah

c.    Membagikan tugas kepada peserta didik untuk mengamati tanaman di sekitar kelas

d.    Membuat kesimpulan tentang jenis-jenis hewan yang mempunyai ciri-ciri fisik tertentu

e.    Memberikan pesan agar peserta didik hat-hati dalam merawat hewan

Seorang guru menggunakan animasi video untuk menjelaskan materi prinsip kerja hukum Newton. Tindakan guru merupakan penerapan TPACK dalam domain ….

a.    Rancangan kurikulum

b.    Pengelolaan pembelajaran

c.    Upaya memahami peserta didik

d.   Memahami materi pembelajaran

e.    Merepresentasikan data

Bu Ana mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ana memeriksa laporan hasil observasi siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa di peroleh peringkat hasil belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan siswa memiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui…..

a.    Visual dan Auditori

b.    Visual dan Kinestik

c.    Auditori dan Kinestetik

d.    Auditori Visual, dan Kinestetik

e.    Visual saja

 

Semoga bermanfaat…aaminn…





Artikel Terkait :

0 Response to "SOAL-SOAL SJT DAN PCK UKMPPG MELALUI LMS PMM PART 1"

Post a Comment