ADMINISTRASI MATEMATIKA KELAS 7 KURIKULUM MERDEKA


Bismillahirrohmannirohiim.. Puji syukur kehadirat Allah SWT, semoga kita senantiasa di beri kesehatan dan kekuatan Iman dan Islam. Sholawat serta salam marilah kita panjatkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Besar Muhammad SAW, semoga kita semua sebagai umatnya mendapat syafaat semua. aamiinn

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang perangkat pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran Matematika kelas 7, pada mata pelajaran matematika terdiri dari 6 BAB, yang semua 6 BAB tersebut di jadikan sebagai bahan ajar kalau di kurtilas dikenal dengan nama RPP.

BAB I : BILANGAN BULAT

A. Memahami Bilangan Bulat

1. Pengertian Bilangan Bulat Bilangan nol dan bilangan bulat positif disebut bilangan cacah. Bilangan bulat positif dapat disebut juga dengan bilangan asli.

2. Membandingkan Bilangan Bulat Bilangan bulat negatif, semakin besar bilangannya, nilainya semakin kecil. Sebaliknya, semakin kecil bilangannya, maka nilainya semakin besar.

B. Operasi Hitung Bilangan Bulat

1.  Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

2.  Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat

C.  Faktor Bilangan Bulat

1.  Faktor Bilangan Bulat Positif dan Negatif

Faktor dari suatu bilangan adalah bilangan-bilangan tertentu yang dapat membagi habis suatu bilangan. Contoh: Faktor dari 12 adalah, Pasangan faktor dari suatu bilangan adalah pasangan bilangan yang jika dikalikan akan menghasilkan bilangan tertentu. Pasangan faktor tidak hanya bilangan bulat positif, melainkan juga dapat berupa bilangan bulat negatif.

Contoh: Pasangan faktor dari 12 adalah, (−2, −6), (−3, −4) Faktorisasi prima adalah bentuk penulisan suatu bilangan sebagai perkalian dari faktor yang merupakan bilangan prima. Contoh: Faktorisasi prima dari 12 adalah …..Untuk Bahan Ajar pada BAB I BILANGAN BULAT silahkan download link di bawah ini :

 

Download Bahan Ajar Matematika Kelas 7 Semester 1 BAB 1 BILANGAN BULAT

 

BAB 2 : BILANGAN RASIONAL

A. Di Antara Dua Bilangan Bulat

1. Pengertian Bilangan Rasional

Untuk a dan b yang keduanya merupakan bilangan bulat dan tidak nol, maka semua bilangan yang dapat dinyatakan dalam a/b disebut sebagai Bilangan Rasional. Pada sistem bilangan yang lebih luas lagi, yaitu bilangan Real, semua bilangan yang tidak termasuk bilangan Rasional disebut bilangan Irasional.

2. Menyatakan Bilangan Rasional dalam Bentuk Pecahan dan Desimal

Bagaimana kalian menyatakan −0, 5 dalam a/b? Bisa jadi ada yang menuliskan −1/2,1/−2, atau −1/2 atau bentuk lain yang ekuivalen. Ketiga penulisan tersebut berbeda, namun menyatakan bilangan rasional yang sama. Sebuah bilangan rasional dapat dinyatakan dengan banyak cara penulisan a/b.

B. Membandingkan Bilangan Rasional

Pada beberapa situasi kita perlu membandingkan beberapa bilangan rasional. Di sekolah dasar kalian sudah pernah belajar bagaimana membandingkan bilangan. Pada bagian ini kalian akan membandingkan beberapa bilangan rasional yang dinyatakan dalam bentuk pecahan dan desimal.

C. Operasi Hitung Bilangan Rasional

Setelah kalian membandingkan bilangan rasional, berikut ini kalian akan melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan rasional. Selain itu, kalian juga akan memberikan estimasi hasil operasi hitung yang melibatkan bilangan rasional.

1. Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Rasional

2. Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Rasional

Hasil kali dua bilangan rasional yang dinyatakan dalam bentuk pecahan dapat dihitung sebagai hasil kali kedua pembilang dibagi hasil kali kedua penyebut.

 

Download Bahan Ajar Matematika Kelas 7 Semester 1 BAB 2 : BILANGAN RASIONAL

 

BAB 3 : RASIO

Melalui eksplorasi kadar cokelat dalam minuman susu cokelat berikut, kalian akan mempelajari konsep rasio sebagai perbandingan dua besaran. Pada eksplorasi bagian A kalian menyatakan perbandingan banyak gelas berisi cokelat dari keseluruhan gelas berisi minuman. Perbandingan ini dapat ditulis sebagai pecahan. Pecahan menyatakan berapa banyak bagian dari keseluruhan. Tugas berikutnya adalah membandingkan banyak gelas berisi susu dengan banyak gelas berisi cokelat, yaitu 4 : 6 yang disederhanakan menjadi 2 : 3. Perhatikan bahwa tanda (:) bukan berarti pembagian.

Perbandingan banyak gelas berisi susu terhadap banyak gelas berisi cokelat disebut sebagai rasio.

Rasio merupakan perbandingan dua besaran, dapat berupa ukuran atau jumlah benda.

Rasio dapat dituliskan sebagai berikut: a : b

Rasio dapat dituliskan dalam bentuk yang paling sederhana, artinya perbandingan dibuat sekecil mungkin. Contoh 3 : 9 = 1 : 3.

Apakah arti rasio banyak gelas berisi susu terhadap gelas berisi cokelat adalah 1 : 3 ?

Untuk setiap satu gelas berisi susu terdapat tiga gelas berisi cokelat.

Pada eksplorasi B kalian menentukan rasio dari banyak cokelat terhadap banyak gula jika diketahui persentase cokelat murni dalam cokelat batang. Persentase merupakan salah satu bentuk pecahan.

Pada eksplorasi C kalian menentukan rasa cokelat yang paling kuat dalam berbagai kasus berdasarkan perbandingan banyak cokelat terhadap susu.

Rasa cokelat yang lebih kuat menunjukkan lebih banyak cokelat dibandingkan dengan banyak susu.

 

Download Bahan Ajar Matematika Kelas 7 Semester 1 BAB 3 : RASIO

 

BAB 4 : BENTUK ALJABAR

Ekspresi matematika umum di atas terlihat tidak efisien karena ada bagian yang dinyatakan dengan gabungan kata atau kalimat. Akan lebih mudah jika kita mengganti kalimat tersebut hanya dengan menggunakan sebuah huruf. Dalam hal ini, ayo kita gunakan huruf n, maka ekspresi matematikanya akan menjadi: 1 + (__ × 3) = 1 + 3__

Ekspresi matematika yang menggunakan huruf ini disebut sebagai bentuk aljabar. Di dalam istilah formal matematika, kita menyebut huruf n tersebut sebagai variabel. Kalian juga dapat menggunakan simbol untuk menyatakan suatu variabel.

Pada saat melakukan operasi perkalian suatu bilangan dengan variabel maka tanda perkalian dapat dihilangkan dengan meletakkan bilangannya di depan variabel seperti pada n × 3 yang menjadi 3n. Mari kita melihat unsur-unsur pada bentuk aljabar 1 + 3n.

Suku adalah bilangan, variabel atau campuran perkalian bilangan dan variabel yang dipisahkan oleh operasi penjumlahan dan pengurangan. Konstanta adalah bilangan yang nilainya tetap. Koefisien adalah bilangan yang menyatakan faktor pengali dari suatu variabel. Variabel adalah suatu huruf atau simbol yang digunakan untuk menyatakan suatu kuantitas yang berubah-ubah atau kuantitas yang tidak diketahui.

 

Download Bahan Ajar Matematika Kelas 7 Semester 2 BAB 4 : BENTUK ALJABAR

 

BAB 5 : KESEBANGUNAN

Kesebangunan

A. Hubungan Antar Sudut

B.  Arti Kesebangunan

C.  Kesebangunan pada Segitiga

Sudut, besar sudut, pelurus, penyiku, garis sejajar, bertolak belakang, sehadap, berseberangan, segitiga, segi empat, sebangun, perbandingan sisi

 

Download Bahan Ajar Matematika Kelas 7 Semester 2 BAB 5 : KESEBANGUNAN


BAB 6 : DATA DAN DIAGRAM

Sering kali para siswa SMP membandingkan siapa pemain sepakbola yang paling hebat? Atau makanan apa yang menjadi favorit anak-anak SMP di sekolah kalian? Atau kelas mana yang tampil lebih baik saat pengambilan nilai tes sit-up untuk pelajaran olahraga? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas menggunakan investigasi statistika, tentunya kalian perlu melakukan formulasi pertanyaan yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Misalnya untuk mencari tahu siapa pemain sepakbola yang paling hebat, kita dapat bertanya, “Berapakah rata-rata jumlah gol yang dihasilkan selama 1 musim kompetisi?” Untuk mencari makanan favorit, bisa dengan memformulasikan pertanyaan menjadi “Makanan apa yang paling banyak disebutkan oleh siswa SMP?” Atau untuk pertanyaan mengenai kelas mana yang tampil lebih baik saat pengambilan nilai tes sit up untuk pelajaran olahraga, dapat diformulasikan dengan pertanyaan “Kelas mana yang memiliki rata-rata jumlah sit up yang lebih baik?” Setelah kalian memformulasikan pertanyaan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengumpulan data yang terkait dengan pertanyaan. Lalu, data yang terkumpul dapat diolah menjadi bentuk diagram atau mencari nilai ukuran pemusatannya. Langkah terakhir adalah kalian dapat menganalisis hasilnya dan menjawab pertanyaan awal secara statistika.

 

Download Bahan Ajar Matematika Kelas 7 Semester 2 BAB 6 : DATA DAN DIAGRAM

 

Untuk perangkat lainnya silahkan download link di bawah ini :

 

Download Kafer

 

Download Lembar Pengesahan

 

Download Analisis Keterkaitan CP dan TP Matematika Kelas 7

 

Download Analisis Kompetensi Matematika Kelas 7

 

Download Analisis Standar Kompetensi Lulusan Matematika Kelas 7

 

Download Jurnal Mengajar Guru Matematika Kelas 7

 

Download KKTP Matematika Kelas 7

 

Download Analisis Alokasi Waktu Matematika Kelas 7

 

Download Program Semester Matematika Kelas 7

 

Download Program Tahunan Matematika Kelas 7

 

Download ATP Matematika Kelas 7

 

Semoga bermanfaat... aamiinn

Artikel Terkait :

0 Response to "ADMINISTRASI MATEMATIKA KELAS 7 KURIKULUM MERDEKA"

Post a Comment