ADMINISTRASI IPS KELAS 7 KURIKULUM MERDEKA


Bismillahirrohmannirohiim.. Assalamu’alaikum Wr.Wb.... Alhamdulillahirobbil‘alamin puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan nikmat-Nya kepada kita semua, Sholawat serta salam marilah kita selalu panjatkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Besar Muhammad SAW dan semoga kita semua sebagai umatnya mendapatkan syafaat di hari akhir nanti. Aamiin Ya Robbal Alaminn.

Pada kesempatan kali ini penulis masih membahas seputar Administrasi kurikulum Merdeka tentang Administrasi guru, khususnya tentang Mata Pelajaran ips (Ilmu Pengetahuan Sosial) Kelas 7. Pada buku IPS sendiri ada 4 BAB, Bab 1 s.d. 2 ada pada semester 1, dan untuk Bab 3 s.d. 4 untuk semester 2. Dari bagian BAB per BAB tersebut yang akan dijadikan sebagai Bahan Ajar.

Pada BAB 1 : KELUARGA AWAL KEHIDUPAN meliputi Keluarga merupakan lingkungan pertama dan terdekat bagi sebagian besar kehidupan kita. Kalian pasti pernah merasakan waktu bersama keluarga begitu menggembirakan. Keluarga menjadi tempat untuk tumbuh dan berkembang yang disertai dengan cinta dan kasih. Kalian patut bersyukur hingga saat ini bersama keluarga. Bagi sebagian teman-teman kalian, ada juga yang belum mengetahui keluarga inti mereka. Apakah kalian mengetahui dari mana silsilah keluarga kalian berasal? Kalian kelak akan menjadi orang tua, kakek nenek, atau kedudukan keluarga lain yang akan diingat oleh generasi selanjutnya sebagai informasi sejarah. Artinya, kita akan menjadi sejarah bagi generasi berikutnya. Orang tua kita mempunyai cerita hidup masing-masing. Situasi masa lalu yang dialami oleh orang tua dapat menjadi pelajaran berharga untuk kehidupan kalian saat ini. Silsilah keluarga merupakan cerminan dari sejarah. Kata sejarah berasal dari kata syajarah yang bermakna pohon. Silsilah keluarga yang kalian gambarkan sebelumnya seperti pohon yang terus tumbuh dan berkembang melalui lintasan waktu dan berbagai peristiwa. Peristiwa keluarga yang terjadi di masa lalu dapat diamati pada masa sekarang dengan melihat jejak-jejaknya, seperti kebiasaan, norma, dan benda-benda peninggalan yang dapat menjadi pedoman untuk hidup kalian saat ini.

Pengetahuan tentang silsilah keluarga ini menggambarkan keterkaitan antara manusia, waktu, dan ruang sebagai unsur-unsur sejarah. Kalian dapat merasakan capaian kesuksesan para pendahulu (unsur manusia) pada masa lalu (unsur waktu) dalam kehidupan mereka masing-masing (unsur ruang). Peristiwa tersebut dapat mendorong kalian untuk belajar atau sukses lebih baik lagi. Melalui sejarah silsilah keluarga tersebut, kalian dapat memberikan inspirasi, renungan ataupun keinginan yang kelak kalian rencanakan dan perlu kalian wujudkan. Segala sesuatu yang terjadi pada masa lalu dapat menjadi landasan untuk bertindak di masa sekarang dan masa yang akan datang. Berdasarkan kejadian tersebut, manusia merupakan pelaku sejarah yang beraktivitas pada masa lampau. Unsur waktu menggambarkan periode berlangsungnya perjalanan kisah manusia tersebut. Unsur ruang dalam sejarah berfungsi menjelaskan lokasi atau tempat di mana aktivitas manusia pada masa lampau. Ruang ini merupakan tempat di bumi dalam bentuk perairan di darat maupun laut, daratan permukaan maupun di dalam bumi yang memengaruhi kehidupan. Berbagai makhluk hidup di bumi menjadi bagian dari ruang.

Pada BAB II BAB 2 : KEBERAGAMAN LINGKUNGAN SEKITAR meliputi Bumi kita sudah sangat tua dan banyak mengalami kerusakan. Pemanasan global (global warming), efek rumah kaca, polusi udara, air, dan tanah merupakan contoh yang dapat merusak bumi. Kerusakan bumi banyak disebabkan oleh perilaku manusia. Beberapa aktivitas yang menimbulkan kerusakan antara lain, penggunaan teknologi yang menghasilkan polusi, aktivitas membakar hutan atau menebang pohon sembarangan, dan membuang sampah sembarangan. Ketika awal penciptaan makhluk hidup, kondisi memengaruhi perkembangan bumi kita sudah stabil dan dapat ditempati dengan baik oleh makhluk hidup. Proses perkembangan bumi sebagai pembabakan sejarah berdasarkan ilmu geologi dibagi ke dalam empat zaman, antara lain:

a. Zaman Arkaekum/Arkeozoikum

b. Zaman Primer/Paleozoikum

c. Zaman Sekunder/Mesozoikum

d.  Zaman Hidup Baru/Neozoikum

Untuk Bahan Ajar Semester 1 Mata Pelajaran IPS silahkan download link di bawah ini :

 

Download Bahan Ajar IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka Semester 1

 

Pada BAB 3 : POTENSI EKONOMI LINGKUNGAN meliputi Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang terdapat di permukaan bumi serta dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berdasarkan kelestariannya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources) dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (non renewable resource). Sumber daya alam yang dapat diperbarui misalnya tanah, air, dan hutan. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui misalnya gas, minyak bumi, timah, dan batu bara. Berikut ini merupakan potensi sumber daya alam di Indonesia yang dibagi menjadi tiga, yaitu sumber daya alam hutan, sumber daya alam tambang, dan sumber daya alam kemaritiman

Pada BAB 4 : PEMBERDAYAAN MASYARAKAT meliputi Karakteristik dari suatu kelompok masyarakat tempat kalian tinggal dan berinteraksi adalah bagian dari budaya. Seperti halnya konsep masyarakat, pengertian budaya banyak digunakan dalam sosiologi dan ilmu sosial lainnya (khususnya antropologi). Budaya merupakan salah satu sifat paling khas dari pergaulan sosial manusia. Keragaman sosial budaya di masyarakat dapat terjadi saat berbagai jenis suku dan agama yang ada di suatu ruang bertemu dan berinteraksi setiap harinya. Ruang tersebut adalah ruang yang ada pada masyarakat.Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi keragaman budaya yang akan dijabarkan dalam penjelasan berikut.

1. Pengaruh Faktor Geografis yang Memengaruhi Keragaman Budaya

2. Jenis Keragaman Budaya

Jenis keragaman budaya dalam masyarakat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan fisik. Keragaman tersebut dapat dijumpai pada masyarakat yang bermukim di dataran tinggi dan masyarakat yang bermukim di dataran rendah. Jumlah penduduk dan luas wilayah akan memengaruhi keberagaman. Masyarakat dengan jumlah yang sedikit cenderung memiliki budaya yang seragam, tetapi masyarakat yang jumlahnya besar akan memiliki banyak sub atau bagian keragaman budaya. Misalnya di Pulau Sumatra, bahasa Batak terbagi menjadi beberapa rumpun. Untuk Bahan Ajar IPS Semster 2 Silahkan download link di bawah ini :

 

Download Bahan Ajar IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka Semester 2

 

Untuk perangkat lainnya silahkan download link di bawah ini :


Download Cover


Download Lembar Pengesahan

 

Download Analisis Keterkaitan CP dan TP IPS Kelas 7

 

Download Analisis Kompetensi IPS Kelas 7

 

Download Analisis Standar Kompetensi Lulusan IPS Kelas 7

 

Download Jurnal Mengajar Guru IPS Kelas 7

 

DownloadK KKTP IPS Kelas 7

 

Download Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian IPS Kelas 7

 

Download Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi IPS Kelas 7

 

Download Analisis Alokasi Waktu IPS Kelas 7

 

Download Program Semester IPS Kelas 7

 

Download Program Tahunan IPS Kelas 7

 

Download ATP IPS Kelas 7

 

 

 

Semoga Bisa Digunakan Untuk Kegiatan Pembelajaran Aamiinn...

Artikel Terkait :

0 Response to "ADMINISTRASI IPS KELAS 7 KURIKULUM MERDEKA"

Post a Comment