ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) KURIKULUM MERDEKA KELAS 7 SEMUA MAPEL

Bismillahirrohmannirohiim..puji syukur kehadirat Illahi Robbi yang selalu memberikan nikmatnya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan ini kita masih bisa melakukan aktifitas sehari-hari. Pada kesempatan penulisan kali ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU ingin berbagi kepada teman-teman guru yang mengajar di tingkat SMP/MTs, tentang Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) atau pada waktu Kurtilas di kenal dengan nama Silabus. Sholawat serta salam penulis selalu panjatkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, semoga kita sebagai umatnya mendapatkan syafaat di hari akhir nanti. Aamiin Ya Robbal Alaminn..

 

Di Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) istilah Silabus sudah berganti nama dengan istilah ATP ( Alur Tujuan Pembelajaran ). Jika Capaian Pembelajaran adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai peserta didik di akhir fase, maka Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)  adalah rangkaian Tujuan Pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran untuk murid dapat mencapai Capaian Pembelajaran sendiri meliputi : 1. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) menjadi panduan guru dan murid untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir suatu fase. 2. Setiap poin dalam Alur Tujuan Pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu. 3. Guru dapat menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) masing-masing menyesuaikan dengan konteks dan kebutuhan anak-anak di kelas yang diampu. 4. Pemerintah menyediakan beberapa contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang bisa langsung digunakan atau dimodifikasi, dan membuat panduan untuk penyusunan perangkat ajar.

 

Salah satu contoh pada akhir fase D (SMP) di mata pelajaran Informatika, siswa mampu menerapkan berpikir komputasional secara mandiri dalam menyelesaikan persoalan dengan data diskrit bervolume kecil dan mendisposisikan berpikir komputasional dalam bidang lain, mampu menggunakan aplikasi untuk berkomunikasi, mencari dan mengelola konten informasi,mampu menjelaskan bagian-bagian, fungsi, dan komponen, serta proses kodifikasi data dalam sistem komputer, jaringan komputer, dan internet, mampu memahami keamanan perangkat TIK yang terhubung ke jaringan komputer atau internet, mampu mengakses, mengolah dan mengelola data secara efisien, terstruktur dan sistematis untuk melakukan interpretasi dan prediksi dengan menggunakan perkakas atau manual, mampu mengembangkan program dalam bahasa visual (blok), mampu beretika dan berdampingan dengan orang lain sebagai warga digital, serta mampu bergotong-royong untuk menciptakan dan mengkomunikasikan artefak komputasional dalam laporan dan presentasi. Selanjutnya, Capaian Pembelajaran Fase D tersebut dijabarkan menjadi capaian-capaian per elemen pembelajaran yang dirancang untuk mencapai kemajuan secara kontinu dan berkelanjutan, mulai kelas 7 s.d. kelas 9.

 

Untuk itu bagi yang membutuhkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) di Kurikulum Merdeka khususnya kelas 7 silahkan download link di bawah ini :

 

Download ATP PAI dan Budi Pekerti

 

Download ATP PPKn

 

Download ATP Bahasa Indonesia

 

Download ATP Bahasa Inggris

 

Download ATP IPS

 

Download ATP IPA

 

Download ATP Matematika

 

Download ATP PJOK

 

Download ATP Informatika

 

Download ATP Prakarya  Aspek Budidaya

 

Download ATP Prakarya  Aspek Kerajinan

 

Download ATP Prakarya  Aspek Pengolahan

 

Download ATP Prakarya  Aspek Rekayasa

 

Download ATP Seni Budaya ( Musik )

 

Download ATP Seni Budaya ( Rupa )

 

Download ATP Seni Budaya ( Tari )

 

Download ATP Seni Budaya ( Teater )

Artikel Terkait :

0 Response to "ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) KURIKULUM MERDEKA KELAS 7 SEMUA MAPEL"

Post a Comment