Bismillahirrohmannirohiim..puji syukur kehadirat Illahi Robbi yang selalu memberikan nikmatnya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan ini kita masih bisa melakukan aktifitas sehari-hari. Pada kesempatan penulisan kali ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU ingin berbagi kepada teman-teman guru yang mengajar di tingkat SMP/MTs, tentang Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) atau pada waktu Kurtilas di kenal dengan nama Silabus. Sholawat serta salam penulis selalu panjatkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, semoga kita sebagai umatnya mendapatkan syafaat di hari akhir nanti. Aamiin Ya Robbal Alaminn..
Di Implementasi Kurikulum
Merdeka (IKM) istilah Silabus sudah berganti nama dengan istilah ATP ( Alur Tujuan Pembelajaran ). Jika Capaian Pembelajaran adalah kompetensi yang diharapkan dapat
dicapai peserta didik di akhir fase, maka Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian Tujuan Pembelajaran yang disusun
secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran untuk murid dapat
mencapai Capaian Pembelajaran sendiri
meliputi : 1. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
menjadi panduan guru dan murid untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir
suatu fase. 2. Setiap poin dalam Alur
Tujuan Pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke
waktu. 3. Guru dapat menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) masing-masing
menyesuaikan dengan konteks dan kebutuhan anak-anak di kelas yang diampu. 4. Pemerintah
menyediakan beberapa contoh Alur
Tujuan Pembelajaran (ATP) yang bisa langsung digunakan atau
dimodifikasi, dan membuat panduan untuk penyusunan perangkat ajar.
Salah satu contoh pada akhir fase D (SMP)
di mata pelajaran Informatika, siswa mampu menerapkan berpikir komputasional
secara mandiri dalam menyelesaikan persoalan dengan data diskrit bervolume
kecil dan mendisposisikan berpikir komputasional dalam bidang lain, mampu
menggunakan aplikasi untuk berkomunikasi, mencari dan mengelola konten
informasi,mampu menjelaskan bagian-bagian, fungsi, dan komponen, serta proses
kodifikasi data dalam sistem komputer, jaringan komputer, dan internet, mampu
memahami keamanan perangkat TIK yang terhubung ke jaringan komputer atau
internet, mampu mengakses, mengolah dan mengelola data secara efisien,
terstruktur dan sistematis untuk melakukan interpretasi dan prediksi dengan
menggunakan perkakas atau manual, mampu mengembangkan program dalam bahasa visual
(blok), mampu beretika dan berdampingan dengan orang lain sebagai warga
digital, serta mampu bergotong-royong untuk menciptakan dan mengkomunikasikan
artefak komputasional dalam laporan dan presentasi. Selanjutnya, Capaian
Pembelajaran Fase D tersebut dijabarkan menjadi capaian-capaian per elemen
pembelajaran yang dirancang untuk mencapai kemajuan secara kontinu dan
berkelanjutan, mulai kelas 7 s.d. kelas 9.
Untuk itu bagi yang membutuhkan Alur
Tujuan Pembelajaran (ATP) di Kurikulum Merdeka khususnya kelas 7 silahkan
download link di bawah ini :
Download ATP PAI dan Budi Pekerti
Download ATP Prakarya Aspek Budidaya
Download ATP Prakarya Aspek Kerajinan
Download ATP Prakarya Aspek Pengolahan
Download ATP Prakarya Aspek Rekayasa
Download ATP Seni Budaya ( Musik )
Download ATP Seni Budaya ( Rupa )
Download ATP Seni Budaya ( Tari )
0 Response to "ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) KURIKULUM MERDEKA KELAS 7 SEMUA MAPEL"
Post a Comment