SOAL KOMPETENSI TEKNIS PPG DAN PPPK INFORMATIKA 2023-2024

 


Bismillahirrohmannirohim..Assalamu’alaikum wr.wb…salam sejahtera buat kita semua, semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan keimanan dalam menjalankan ativitas sehari-hari. Sebelumnya saya mohon maaf pada semua langganan Blog Prakarya Indramayu, karena sekarang baru eksis kembali menulis sejumlah rangkaian-rangkaian tentang dunia pendidikan yang sebelumnya sempat Off sekian bulan lamanya, karena kesibukan penulis sehingga belum ada waktu untuk berbagi kembali tentang seputar dunia pendidikan. Pada kesempatan kali ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU akan membahas tentang soal-soal PPG atau bisa digunakan untuk latihan soal Teknis PPPK Guru, kita tahu bahwasannya test PPG akan segera dilaksanan di setiap daerah, oleh karena itu penulis mencoba membahas sebuah rangkaian tentang soal Teknis khususnya Mata Pelajaran Informatika.

Informatika sendiri adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris informatics, computing, atau computer science. Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam pengembangan Sistem Komputer.

Menurut KBBI sendiri, komputasi adalah terdiri dari : (1) penghitungan dengan menggunakan komputer; (2) dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan. Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan berpikir komputasional (computational thinking).

Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya, jika dikembangkan, dapat dilakukan oleh komputer. Dengan demikian, kita akan belajar bagaimana menyelesaikan berbagai persoalan dengan cara yang efektif dan eisien. Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan persoalan. Siswa yang belajar informatika akan mendalami bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi, baik yang mengandung komputer maupun tidak.

Setelah melalui perkembangan lebih dari 20 tahun, Informatika telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang saat ini sudah berdiri sendiri. Informatika dapat dipandang sebagai sebuah cabang ilmu yang tersendiri karena membawa seseorang ke suatu cara berpikir yang unik dan berbeda dari bidang ilmu lainnya (computational thinking), sudah tahan lama (ide dan konsepnya sudah berusia 20 tahun atau lebih, dan masih terpakai sampai sekarang), dan setiap prinsip inti dapat diajarkan tanpa bergantung pada teknologi tertentu. Semula, Informatika hanya diajarkan di tingkat perguruan tinggi. Sekarang, di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, informatika sudah mulai diajarkan di tingkat pendidikan dini, dasar, dan menengah. Saat ini, manusia hidup di era digital yang sering disebut Industri 4.0. Dalam Industri 4.0, banyak hal dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan mesin cerdas berbasis komputer dan internet.

Adapun beberapa materi yang mungkin banyak keluar di soal-soal PPG dan PPPK diantaranya tentang materi STRUKTUR DAN FUNGSI CPU (Central Processing Unit). CPU merupakan komponen terpenting dari sistem komputer. CPU adalah komponen pengolah data berdasarkan instruksi – instruksi yang diberikan kepadanya. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU). CPU atau Central Processing Unit  dapat dikatakan juga otak dari komputer itu sendiri. Sebuah komputer paling canggih sekalipun tidak akan berarti tanpa adanya CPU yang terpasang di dalamnya. Dalam kesehariannya CPU memiliki tugas utama untuk mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh. CPU sendiri sebenarnya masih terbagi atas beberapa komponen yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu unit pengolahan Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut register. Terdapat empat komponen utama penyusun CPU, yaitu: 1. Arithmetic and Logic Unit (ALU), 2. Control Unit, 3. Registers dan 4. CPU Interconnections, berikutnya tentang Data mining, ini seringkali keluar di test Teknis khususnya bidang Informatika.


Data mining merupakan suatu proses pengumpulan atau penambangan informasi penting dari suatu data yang cukup besar. Proses yang digunakan dalam data mining biasanya menggunakan metode statistika, ilmu matematika, machine learning, sampai menggunakan teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Teknik – teknik yang cukup rumit tersebut nantinya akan melakukan identifikasi dan ekstraksi informasi yang bermanfaat dari sebuah database yang besar. Istilah lain dari data mining yang sering digunakan antara lain knowledge discovery (mining) in databases (KDD), knowledge extraction, data/pattern analysis, data archeology, data dredging, information harvesting, dan business intelligence.. Adapun Fungsi dari Data Mining mempunyai banyak sekali fungsi. Untuk fungsi yang utama terdiri dari dua fungsi yaitu, fungsi deskripsi (description) dan fungsi prediksi (prediction). Tapi, pada dasarnya data mining mempunyai empat fungsi dasar yaitu, fungsi prediksi (prediction), fungsi deskripsi (description), fungsi klasifikasi (classification), dan fungsi asosiasi (assosiation).

 

Karena begitu banyak soal-soal yang di bahas dalam materi Teknis Informatika, penulis hanya merangkum sebagian kecil saja tentang materi-materi untuk test kemampuan teknis tersebut, adapun soal-soal kalau di perlukan Bapak/Ibu untuk latihan persiapan PPG maupun PPPK silahkan bisa download link di bawah ini semoga bisa bermanfaat. Aamiinn..

 


Download Soal PPG dan PPPK Kompetensi Teknis Informatika

Artikel Terkait :

0 Response to "SOAL KOMPETENSI TEKNIS PPG DAN PPPK INFORMATIKA 2023-2024"

Post a Comment