Assalamu’alaikum Wr. Wb….pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi nikmat iman, nikmat sehat kepada kita semua, sehingga pada kesempatan kali ini kita masih berjumpa di dunia maya dalam keadaan yang sehat. Sholawat serta salam marilah selalu kita panjatkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahilia ke jaman yang diridhoi Allah. Pada kesempatan kali ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU mencoba eksis kembali dalam memberikan solusi terhadap dunia pendidikan yang selama ini penulis jarang update data karena kesibukan sehari-hari. Dalam Uploadan kali ini penulis mencoba membahas tentang Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah yang sedang ramai di jalankan khususnya di daerah Indramayu dan umumnya di seluruh Indonesia.
Pada Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah (PPKKS) yang dulu bernama Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) ada beberapa unsur yang harus di miliki sekolah dan sebagai tugas kepala sekolah dianataranya adalah :
1. ASPEK MANAJEMEN
Dalam aspek
manajemen di Map pertama sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :
þ RKJM Memuat Rumusan Visi
þ RKJM Memuat Rumusan Misi
þ RKJM Memuat Rumusan Tujuan
dan Strategi
þ Berita Acara Perumusan
þ Berita Acara Reviu
þ Berita Acara Penetapan
þ Daftar Hadir Kegiatan
Perumusan
þ Daftar Hadir Kegiatan Reviu
þ Daftar Hadir Penetapan
Aspek manajemen
di Map kedua sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :
þ RKT dan/atau RKAS
þ Dokumen Evaluasi Diri
Sekolah yang menggunakan instrumen Akreditasi atau SPMI atau instrumen lainnya.
þ Berita Acara Perumusan
þ Berita acara reviu
þ Berita Acara Penetapan
þ Ditetapkan Oleh Kepala
Sekolah
þ Daftar hadir pihak yang
terlibat (warga sekolah, komite sekolah, dan pihak- pihak pemangku kepentingan
lain).
Aspek manajemen
di Map ketiga sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :
þ Program sekolah yang
telah dituangkan dalam RKT/RKAS misalnya : PPK. Kegiatan keagamaan,
ibadah.
þ Integrasi pengembangan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
dalam kegiatan pembelajaran tertuang dalam RPP.
þ Integrasi pengembangan sikap beriman dan bertakwa
kepada Tuhan YME dalam pelaksanaan pembelajaran.
þ Foto-foto kegiatan :
ekstrakurikuler keagamaan dalam penumbuhan sikap religius siswa.
þ Pembiasaan berdoa setiap
memulai dan mengakhiri kegiatan.
þ "Melaksanakan kegiatan
ibadah"
Aspek manajemen
di Map keempat sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa:
þ Program sekolah yang telah
dituangkan dalam RKT/RKAS misalnya: GLS,
ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan, dan ekstrakurikuler lainya.
þ Dokumentasi kegiatan (foto,
daftar hadir, atau bukti lain)
þ Catatan konselor/guru BK.
þ Jurnal Siswa dan Guru
þ Menumbuhkan sikap saling menolong/
berempati.
þ Menghormati Perbedaan
þ Antri Saat bergantian
memakai fasilitas sekolah
þ Berpakaian sopan sesuai
aturan sekolah.
þ Mengucapkan salam saat
masuk kelas.
þ "Sikap santun dalam
berbicara dan berperilaku."
Aspek manajemen
di Map kelima sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa:
þ Program sekolah yang telah
dituangkan dalam RKT/RKAS
þ Dokumen Penilaian
Program Literasi.
þ Dokumen laporan pelaksanaan
kegiatan literasi
þ Disediakan waktu yang cukup
untuk kegiatan literasi
þ Membaca/menulis buku
dan bacaan lainnya di ruang
baca/pojok baca/t empat yang tersedia.
þ Laporan Penyelenggaraan
lomba yang terkait dengan literasi.
þ Pajangan/Display karya
tulis siswa (berupa puisi, artikel, biografi, sejarah, dan lain-lain) dan
merotasi secara berkala.
þ Penghargaan terhadap
prestasi siswa secara berkala.
þ Laporan Pelatihan tentang
literasi.
þ Dokumentasi kegiatan (foto,
daftar hadir, atau dokumen pelaksanaan lain).
Dan
seterusnya sampai 8 point untuk Aspek Manajemen, selanjutnya ada Aspek Kewirausahaan.
Adapun aspek yang kedua yaitu :
2.
ASPEK KEWIRAUSAHAAN
Aspek kewirausahaan
terdiri dari Map pertama sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :
þ Dokumen Program Pengembangan
Kewirausahaan
þ Dokumen Program Pengembangan
Kewirausahaan memuat Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan
þ Dokumen Program Pengembangan
Kewirausahaan Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan
Aspek Kewirausahaan
di Map kedua sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :
þ RPP yang memuat rencana
pembelajaran untuk menumbuhkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif
þ Hasil kerja dan karya siswa
þ Foto foto aktifitas siswa
Aspek Kewirausahaan
di Map ketiga sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :
þ Hasil Karya Guru
þ Hasil karya siswa
þ dan tendik lainya
Aspek Kewirausahaan
di Map keempat sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :
þ MoU dengan pihak lain
þ Sister school
þ Kemitraan dengan sekolah
lain
Aspek Kewirausahaan
di Map kelima sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :
þ Dokumen Laporan memuat
pelaksanaan dan hasil Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan
Aspek Kewirausahaan
di Map keenam sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :
þ Laporan Hasil Evaluasi
Program Pengembangan Kewirausahaan, yang memuat hasil evaluasi
þ Program Pengembangan Jiwa
Kewirausahaan
þ Program Pengembangan Unit
Produksi Kewirausahaan.
Setelah aspek Kewirausahaan
selesai maka selanjutnya ada aspek tentang supervise, yang menyangkut tentang :
3. ASPEK SUPERVISI
Aspek Supervisi
terdiri dari Map pertama sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :
þ Dokumen Program Supervisi
guru dan Tenaga Kependidikan
þ Instrumen supervisi guru
þ Instrument supervisi tenaga
kependidikan
Aspek Supervisi
di Map kedua sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :
þ Dokumen Laporan Supervisi
Tenaga Kependidikan
Aspek Supervisi
di Map ketiga sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :
þ Laporan Evaluasi
Pelaksanaan dan Hasil Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan
Aspek Supervisi
di Map keempat sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :
þ Laporan Evaluasi
Pelaksanaan dan Hasil Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan
Aspek Supervisi
di Map kelima sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :
þ Laporan analisis
kesenjangan antara ketercapaian target program supervisi guru
Dan berikutnya
ada unsur Tugas Tambahan Tugas Kepala Sekolah diantaranya pada Map Pertama
terdiri dari :
þ SK atau SPT Mengajar
þ Laporan Penilaian Kinerja
Pelaksanaan Tugas Pembelajaran
Dan di map yang kedua
berisi dokumen tentang :
þ SK atau SPT Mengajar
þ Laporan Pelaksanaan Promosi
Kebudayaan
Selanjutnya setelah adanya tugas tambahan Tugas
Kepala Sekolah berikutnya harus memiliki Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan yang teridiri dari Map yang pertama berisi :
þ Surat tugas
þ Laporan deskripsi hasil
pelatihan
þ Sertifikat
Map yang kedua berisi
tentang :
þ Surat tugas
þ Laporan kegiatan
þ Surat Keterangan
Map yang ketiga berisi
tentang :
þ Hasil karya (buku/karya
tulis/artikel)
þ Pernyataan keaslian hasil
karya
þ Pengesahan oleh pejabat
yang berwenang
Map yang keempat berisi
tentang :
þ Hasil karya (buku/karya
tulis/artikel)
þ Pernyataan keaslian hasil
karya
þ Pengesahan oleh pejabat
yang berwenang
Map yang kelima berisi tentang :
þ Hasil karya
þ Pernyataan keaslian hasil
karya
þ Pengesahan oleh pejabat
yang berwenang
þ Surat Undangan mengikuti kegiatan
þ Surat tugas dari pejabat
yang berwenang
þ Surat keterangan mengikuti
kegiatan
Adapun faktor penunjang untuk tugas kepala
sekolah sendiri terdiri dari:
þ Ijazah
þ Surat Izin Belajar atau
Surat Tugas belajar
þ SK atau kartu anggota PGRI
þ SK atau Kartu Anggota
Pramuka
þ SK Tim Penilai Angka Kredit
þ SPT
Tutor/Pelatih/Instruktur
þ Piagam
þ Laporan Pembimbingan
terhadap sekolah lain (sekolah imbas)
þ Daftar Hadir
þ Foto Kegiatan
0 Response to "PENILAIAN PRESTASI KINERJA KEPALA SEKOLAH"
Post a Comment