PENILAIAN PRESTASI KINERJA KEPALA SEKOLAH


Assalamu’alaikum Wr. Wb….pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi nikmat iman, nikmat sehat kepada kita semua, sehingga pada kesempatan kali ini kita masih berjumpa di dunia maya dalam keadaan yang sehat. Sholawat serta salam marilah selalu kita panjatkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahilia ke jaman yang diridhoi Allah. Pada kesempatan kali ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU mencoba eksis kembali dalam memberikan solusi terhadap dunia pendidikan yang selama ini penulis jarang update data karena kesibukan sehari-hari. Dalam Uploadan kali ini penulis mencoba membahas tentang Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah yang sedang ramai di jalankan khususnya di daerah Indramayu dan umumnya di seluruh Indonesia.

Pada Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah (PPKKS) yang dulu bernama Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) ada beberapa unsur yang harus di miliki sekolah dan sebagai tugas kepala sekolah dianataranya adalah :

 1. ASPEK MANAJEMEN

Dalam aspek manajemen di Map pertama sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :

þ  RKJM Memuat Rumusan Visi

þ  RKJM Memuat Rumusan Misi

þ  RKJM Memuat Rumusan Tujuan dan Strategi

þ  Berita Acara Perumusan

þ  Berita Acara Reviu

þ  Berita Acara Penetapan

þ  Daftar Hadir Kegiatan Perumusan

þ  Daftar Hadir Kegiatan Reviu

þ  Daftar Hadir Penetapan

Aspek manajemen di Map kedua sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :

þ  RKT dan/atau RKAS

þ  Dokumen Evaluasi Diri Sekolah yang menggunakan instrumen Akreditasi atau SPMI atau instrumen lainnya.

þ  Berita Acara Perumusan

þ  Berita acara reviu

þ  Berita Acara Penetapan

þ  Ditetapkan Oleh Kepala Sekolah

þ  Daftar hadir pihak yang terlibat (warga sekolah, komite sekolah, dan pihak- pihak pemangku kepentingan lain).

Aspek manajemen di Map ketiga sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :

þ  Program sekolah  yang  telah dituangkan dalam RKT/RKAS misalnya : PPK. Kegiatan keagamaan, ibadah.

þ  Integrasi pengembangan  sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam kegiatan pembelajaran tertuang dalam RPP.

þ  Integrasi  pengembangan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam pelaksanaan pembelajaran.

þ  Foto-foto kegiatan : ekstrakurikuler keagamaan dalam penumbuhan sikap religius siswa.

þ  Pembiasaan berdoa setiap memulai dan mengakhiri kegiatan.

þ  "Melaksanakan kegiatan ibadah"

Aspek manajemen di Map keempat sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa:

þ  Program sekolah yang telah dituangkan dalam  RKT/RKAS misalnya: GLS, ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan, dan ekstrakurikuler lainya.

þ  Dokumentasi kegiatan (foto, daftar hadir, atau bukti lain)

þ  Catatan konselor/guru BK.

þ  Jurnal Siswa dan Guru

þ  Menumbuhkan sikap saling menolong/ berempati.

þ  Menghormati Perbedaan

þ  Antri Saat bergantian memakai fasilitas sekolah

þ  Berpakaian sopan sesuai aturan sekolah.

þ  Mengucapkan salam saat masuk kelas.

þ  "Sikap santun dalam berbicara dan berperilaku."

Aspek manajemen di Map kelima sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa:

þ  Program sekolah yang telah dituangkan dalam  RKT/RKAS

þ  Dokumen  Penilaian  Program Literasi.

þ  Dokumen laporan pelaksanaan kegiatan literasi

þ  Disediakan waktu yang cukup untuk kegiatan literasi

þ  Membaca/menulis   buku  dan bacaan  lainnya di ruang baca/pojok baca/t empat yang tersedia.

þ  Laporan Penyelenggaraan lomba yang terkait dengan literasi.

þ  Pajangan/Display karya tulis siswa (berupa puisi, artikel, biografi, sejarah, dan lain-lain) dan merotasi secara berkala.

þ  Penghargaan terhadap prestasi siswa secara berkala.

þ  Laporan Pelatihan tentang literasi.

þ  Dokumentasi kegiatan (foto, daftar hadir, atau dokumen pelaksanaan lain).

Dan seterusnya sampai 8 point untuk Aspek Manajemen, selanjutnya ada Aspek Kewirausahaan. Adapun aspek yang kedua yaitu :

 

2. ASPEK KEWIRAUSAHAAN

Aspek kewirausahaan terdiri dari Map pertama sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :

þ  Dokumen Program Pengembangan Kewirausahaan

þ  Dokumen Program Pengembangan Kewirausahaan memuat Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan

þ  Dokumen Program Pengembangan Kewirausahaan Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan

Aspek Kewirausahaan di Map kedua sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :

þ  RPP yang memuat rencana pembelajaran untuk menumbuhkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif

þ  Hasil kerja dan karya siswa

þ  Foto foto aktifitas siswa

Aspek Kewirausahaan di Map ketiga sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :

þ  Hasil Karya Guru

þ  Hasil karya siswa

þ  dan tendik lainya

Aspek Kewirausahaan di Map keempat sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :

þ  MoU dengan pihak lain

þ  Sister school

þ  Kemitraan dengan sekolah lain

Aspek Kewirausahaan di Map kelima sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :

þ  Dokumen Laporan memuat pelaksanaan dan hasil Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan

Aspek Kewirausahaan di Map keenam sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :

þ  Laporan Hasil Evaluasi Program Pengembangan Kewirausahaan, yang memuat hasil evaluasi

þ  Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan

þ  Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan.

Setelah aspek Kewirausahaan selesai maka selanjutnya ada aspek tentang supervise, yang menyangkut tentang :

 

3. ASPEK SUPERVISI

Aspek Supervisi terdiri dari Map pertama sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :

þ  Dokumen Program Supervisi guru dan Tenaga Kependidikan

þ  Instrumen supervisi guru

þ  Instrument supervisi tenaga kependidikan

Aspek Supervisi di Map kedua sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :

þ  Dokumen Laporan Supervisi Tenaga Kependidikan

Aspek Supervisi di Map ketiga sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :

þ  Laporan Evaluasi Pelaksanaan dan Hasil Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan

Aspek Supervisi di Map keempat sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :

þ  Laporan Evaluasi Pelaksanaan dan Hasil Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan

Aspek Supervisi di Map kelima sekolah harus memiliki bukti hardcopy berupa :

þ  Laporan analisis kesenjangan antara ketercapaian target program supervisi guru

Dan berikutnya ada unsur Tugas Tambahan Tugas Kepala Sekolah diantaranya pada Map Pertama terdiri dari :

þ  SK atau SPT Mengajar

þ  Laporan Penilaian Kinerja Pelaksanaan Tugas Pembelajaran

Dan di map yang kedua berisi dokumen tentang :

þ  SK atau SPT Mengajar

þ  Laporan Pelaksanaan Promosi Kebudayaan

Selanjutnya setelah adanya tugas tambahan Tugas Kepala Sekolah berikutnya harus memiliki Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang teridiri dari Map yang pertama berisi :

þ  Surat tugas

þ  Laporan deskripsi hasil pelatihan

þ  Sertifikat

Map yang kedua berisi tentang :

þ  Surat tugas

þ  Laporan kegiatan

þ  Surat Keterangan

Map yang ketiga berisi tentang :

þ  Hasil karya (buku/karya tulis/artikel)

þ  Pernyataan keaslian hasil karya

þ  Pengesahan oleh pejabat yang berwenang

Map yang keempat berisi tentang :

þ  Hasil karya (buku/karya tulis/artikel)

þ  Pernyataan keaslian hasil karya

þ  Pengesahan oleh pejabat yang berwenang

Map yang kelima berisi tentang :

þ  Hasil karya

þ  Pernyataan keaslian hasil karya

þ  Pengesahan oleh pejabat yang berwenang

þ  Surat Undangan mengikuti kegiatan

þ  Surat tugas dari pejabat yang berwenang

þ  Surat keterangan mengikuti kegiatan

Adapun faktor penunjang untuk tugas kepala sekolah sendiri terdiri dari:

þ  Ijazah

þ  Surat Izin Belajar atau Surat Tugas belajar

þ  SK atau kartu anggota PGRI

þ  SK atau Kartu Anggota Pramuka

þ  SK Tim Penilai Angka Kredit

þ  SPT Tutor/Pelatih/Instruktur

þ  Piagam

þ  Laporan Pembimbingan terhadap sekolah lain (sekolah imbas)

þ  Daftar Hadir

þ  Foto Kegiatan

Dan bukti fisik lainnya adalah quisioner untuk guru, staff TU dan peserta didik. Semoga bermanfaat…aamiinn

Artikel Terkait :

0 Response to "PENILAIAN PRESTASI KINERJA KEPALA SEKOLAH"

Post a Comment