RANGKUMAN FR PPG BIDANG TEKNIS INFORMATIKA

Bismillahirrohmannirohim.. Alhamdulillah puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua sehingga kita masih diberi kesempatkan untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Sholawat serta salam marilah kita panjatkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah membawa kita kejaman yang penuh kebahagiaan ini. Pada penulisan kali ini, penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU akan membahas tentang materi FR Teknis Informatika untuk PPG, karena baru-baru ini sedang ramai rekan-rekan guru mendownload surat undangan mengikuti pre tes PPG di SIM PKB, oleh karena itu penulis mencoba membagikan materi-materi seputar tentang FR (bocoran soal) tentang kompetensi teknis Informatika. Oleh karena itu silahkan baca materi-materi tentang test PPG Teknis Informatika di bawah ini.

Hak Kekayaan Intelektual atau yang sering disebut HAKI merupakan hak eksklusif yang diberikan negara kepada seseorang, sekelompok orang, maupun lembaga untuk memegang kuasa dalam menggunakan dan mendapatkan manfaat dari kekayaan intelektual yang dimiliki atau diciptakan. Istilah HAKI merupakan terjemahan dari Intellectual Property Right (IPR), sebagaimana diatur dalam undang-undang No. 7 Tahun 1994 tentang pengesahan WTO (Agreement Establishing The World Trade Organization). Pengertian Intellectual Property Right sendiri adalah pemahaman mengenai hak atas kekayaan yang timbul dari kemampuan intelektual manusia, yang mempunyai hubungan dengan hak seseorang secara pribadi yaitu hak asasi manusia (human right).

Penemu Mac Apple Steven Paul Jobs (24 Februari 1955 – 5 Oktober 2011) adalah seorang tokoh bisnis dan penemu dari Amerika Serikat. Ia adalah pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc. COBOL COBOL adalah kepanjangan dari Common Bussiness Oriented Language. Bahasa COBOL digolongkan sebagai High Level Language (bahasa pemrograman tingkat tinggi) yang berorientasi pada masalah bisnis. Diciptakan pada tahun 1959. COBOL atau Common Bussiness Oriented Language adalah bahasa pemrograman komputer, yang dirancang untuk menyelesaikan persoalan bisnis. COBOL pertama kali diperkenalkan secara formal bulan Januari 1960 dan disebut dengan COBOL-60. Dan diperbaharui tahun 1965. Pada tahun 1968 dan 1974, bahasa COBOL dikembangkan dan distandarisasikan dengan nama ANSI COBOL (American National Standarts Institute). Bahasa pemrograman COBOL sangat terstruktur, karena mudah dibaca dan memiliki struktur yang jelas. COBOL dibuat untuk operasi pengolahan data,  yaitu membaca data, memproses data dan menghasilkan output berupa informasi.

Penemu Bahasa Pemrograman FOTRAN            :  JOHN BACKUS

Penemu Bahasa Pemrograman JAVA                  :  JAMES GOSLING

Penemu Bahasa Pemrograman COBOL              :  CODASYL

Penemu Bahasa Pemrograman MAC APPLE      :  STEVEN PAUL JOBS


PENGGUNAAN KABEL STRAIGHT

Menghubungkan komputer dengan switch jaringan

Menghubungkan komputer dengan hub jaringan

Menghubungkan komputer dengan router jaringan

Menghubungkan komputer dengan LAN

Menghubungkan switch dengan hub jaringan

Menghubungkan switch dengan router jaringan

Untuk susunan warna kabel straight ujung satu dengan ujung lainnya sama. Nah urutannya seperti berikut:

1.    Putih Orange

2.    Orange

3.    Putih Hijau

4.    Biru

5.    Putih Biru

6.    Hijau

7.    Putih Coklat

8.    Coklat

KABEL CROSS

Kabel cross merupakan kabel dengan susunan warna yang berbeda setiap ujungnya. Fungsi kabel cross ini digunakan untuk menghubungkan device yang sama

PENGGUNAAN KABEL CROSS

Menghubungkan komputer dengan komputer

Menghubungkan switch dengan switch

Menghubungkan hub dengan hub

Menghubungkan router dengan router

Untuk susunan warna kabel CROSS ujung satu dengan ujung lainnya berbeda.:

UJUNG PERTAMA

1.    Putih Orange

2.    Orange

3.    Putih Hijau

4.    Biru

5.    Putih Biru

6.    Hijau

7.    Putih Coklat

8.    Coklat

 UJUNG KEDUA

1.    Putih Hijau

2.    Hijau

3.    Putih Orange

4.    Biru

5.    Putih Biru

6.    Orange

7.    Putih Coklat

8.    Coklat

CPU merupakan komponen terpenting dari sistem komputer. CPU adalah komponen pengolah data berdasarkan instruksi – instruksi yang diberikan kepadanya. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU). CPU atau Central Processing Unit  dapat dikatakan juga otak dari komputer itu sendiri. Sebuah komputer paling canggih sekalipun tidak akan berarti tanpa adanya CPU yang terpasang di dalamnya. Dalam kesehariannya CPU memiliki tugas utama untuk mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh. CPU sendiri sebenarnya masih terbagi atas beberapa komponen yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu unit pengolahan Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut register. Terdapat empat komponen utama penyusun CPU, yaitu:

1.    Arithmetic and Logic Unit (ALU)

2.    Control Unit

3.    Registers

Google Classroom (Ruang Kelas Google) adalah suatu serambi aplikasi pembelajaran campuran secara online yang dapat digunakan secara gratis Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa Google Classroom menggabungkan Google Drive untuk pembuatan dan distribusi penugasan, Google Docs, Sheets, Slides untuk penulisan, Gmail untuk komunikasi, dan Google Calendar untuk penjadwalan. Siswa dapat diundang untuk bergabung dengan kelas melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah. Ada beberapa fungsi dan keunggulan yang bisa didapatkan dari Google Classroom dalam pemanfaatannya sebagai Learning Management System (LMS), yaitu:

1.    Proses setting pembuatan kelas yang cepat dan nyaman

2.    Hemat dan efisiensi waktu

3.    Mampu meningkatkan kerjasama dan komunikasi

4.    Penyimpanan data yang terpusat

5.    Berbagi sumber daya yang efisien, praktis dan cepat

Arithmetic and Logic Unit atau sering disingkat ALU saja dalam bahasa Indonesia kira-kira berarti Unit Logika dan Aritmatika. Bagian ini mempunyai tugas utama untuk membentuk berbagai fungsi pengolahan data komputer. Sering juga disebut sebagai bahasa mesin, karena terdiri dari berbagai instruksi yang menggunakan bahasa mesin. ALU sendiri juga masih terbagi menjadi dua komponen utama, yaitu :

1)   arithmetic unit (unit aritmatika), bertugas untuk menangani pengolahan data yang berhubungan dengan perhitungan, dan

2)   boolean logic unit (unit logika boolean), bertugas menangani berbagai operasi logika.

Tugas Utama Dari ALU (Arithmetic Logic Unit)

1.    Add (Penjumlahan)

2.    Addu (Penjumlahan Tidak Bertanda)

3.    Sub (Pengurangan)

4.    Subu (Pengurangan Tidak Bertanda)

5.  And, or, xor, sll (shift left logical) srl (shift right logical) sra (shift right arithmetic)

Data mining merupakan suatu proses pengumpulan atau penambangan informasi penting dari suatu data yang cukup besar. Proses yang digunakan dalam data mining biasanya menggunakan metode statistika, ilmu matematika, machine learning, sampai menggunakan teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Teknik – teknik yang cukup rumit tersebut nantinya akan melakukan identifikasi dan ekstraksi informasi yang bermanfaat dari sebuah database yang besar. Istilah lain dari data mining yang sering digunakan antara lain knowledge discovery (mining) in databases (KDD), knowledge extraction, data/pattern analysis, data archeology, data dredging, information harvesting, dan business intelligence

Data mining mempunyai banyak sekali fungsi. Untuk fungsi yang utama terdiri dari dua fungsi yaitu, fungsi deskripsi (description) dan fungsi prediksi (prediction). Tapi, pada dasarnya data mining mempunyai empat fungsi dasar yaitu, fungsi prediksi (prediction), fungsi deskripsi (description), fungsi klasifikasi (classification), dan fungsi asosiasi (assosiation). Simak penjelasan keempat fungsi berikut ini :

1. Fungsi Prediksi (Prediction)

Fungsi prediksi adalah sebuah proses yang nantinya akan menemukan pola tertentu dari sebuah data. Pola tersebut didapatkan dari berbagai macam variabel – variabel yang terdapat pada data tersebut. Jika proses sudah mendapatkan pola, maka pola – pola tersebut dapat digunakan untuk mempredikasi variabel – variabel lainnya yang belum diketahui jenis ataupun nilainya.

2. Fungsi Deskripsi (Description)

Fungsi selanjutnya adalah fungsi deskripsi (description). Fungsi deksripsi di dalam data mining merupakan sebuah fungsi untuk memahami lebih jauh tentang data yang sedang diamati. Dengan adanya sebuah proses diharapkan dapat mengetahui perilaku dari sebuah data yang diinginkan. Data tersebut itulah yang nantinya bisa digunakan untuk mengetahui karakteristik dari data yang dimaksud. Dengan menggunakan fungsi deskripsi (description) data mining, maka nantinya bisa menemukan sebuah pola tertentu yang tersembunyi di dalam sebuah data. Dengan kata lain, dengan pola yang berulang dan bernilai itulah karakteristik sebuah data dapat dengan mudan diketahui. Hal tersebut tentunya akan memberikan banyak manfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan.

3. Fungsi Klasifikasi (Classification)

Fungsi berikutnya adalah fungsi klasifikasi atau classification. Fungsi klasifikasi di dalam data mining maksudnya adalah sebuah data yang ada akan diproses sehingga nantinya akan ditemukan model atu fungsi tertentu yang menggambarkan konsep atau class dari suatu data. Fungsi atau model tersebut nantinya akan memisahkan setiap data menjadi sebuah kelompok – kelompok tertentu. Kelompok – kelompok data tersebut nantinya dapat digunakan untuk meramalkan kecenderungan suatu data di masa depan. Pengklasifikasian atau pengelompokan data juga bisa memudahkan pemilik data tersebut saat mencari data yang dibutuhkan.

4. Fungsi Asosiasi (Assosiation)

Fungsi selanjutnya adalah fungsi asosiasi atau assosiation. Fungsi asosiasi atau analisis asosiasi di dalam data mining adalah  suatu proses yang penggunaannya untuk mendapatkan kombinasi atau aturan asosiatif dari suatu data. Jadi data yang ada nanti akan diproses sehingga akan mendapatkan informasi tentang hubungan antar variabel satu dengan yang lainnya


Data mining adalah salah satu cara untuk mengumpulkan informasi atau data dengan ukuran yang besar. Terdapat 7 kegunaan dari penambangan data, yaitu association, classification, clusterization, descriptive, forecasting, predictive, dan sequencing. Pastikan anda mengimplementasikan data mining sesuai dengan kebutuhan bisnis dan menyesuaikan dengan stakeholders perusahaan anda






















 



Artikel Terkait :

0 Response to "RANGKUMAN FR PPG BIDANG TEKNIS INFORMATIKA"

Post a Comment