ADMINISTRASI PRAKARYA KELAS 7 KURIKULUM MERDEKA


Bismillahirrohmannirohiim.. seperti biasanya penulis mengucapkan puji syukur kehadirat Illahi Robbi yang selalu memberikan nikmatnya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan ini kita masih bisa melakukan aktifitas sehari-hari. Pada kesempatan penulisan kali ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU ingin berbagi kepada teman-teman guru yang mengajar di tingkat SMP/MTs, tentang Administrasi Prakarya Kelas 7 Pada Kurikulum Merdeka. Tak lupa Sholawat serta salam penulis selalu panjatkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, semoga kita sebagai umatnya mendapatkan syafaat di hari akhir nanti. Aamiin Ya Robbal Alaminn. 

Ok langsung saja kita tahu bahwasannya mata pelajaran prakarya terdiri dari 4 aspek, namun seperti biasanya penulis hanya mengikuti aturan main yang ada di MGMP Kabupaten Indramayu, bahwasanya mata pelajaran prakarya hanya di gunakan 2 aspek saja, yaitu aspek kerajinan dan aspek pengolahan. Pada aspek kerajinan di materi Bab I pada kurikulum merdeka membahas materi tentang kerajinan lebih mengutamakan keterampilan manual (tangan), nilai artistik/estetik dan pemanfaatan bahan-bahan alam. Perkembangan keterampilan kerajinan manusia terus berkembang, meskipun terjadi gejolak sosial dan geografisnya, misalnya bencana alam dan pandemi Covid-19. Keinginan manusia untuk maju dan menguasai pengetahuan serta teknologi di bidang kerajinan bahan alam berkembang sesuai kebutuhan dan gaya hidup masyarakat. 

Perkembangan sosial budaya yang sangat pesat dan saat ini berpengaruh terhadap perilaku maupun selera masyarakat terhadap kebutuhan kebendaan. Kerajinan memiliki kekuatan yang mampu menjembatani kebutuhan tersebut. Salah satunya kerajinan bahan alam lunak. Beragam benda kerajinan dari bahan alam lunak dapat diciptakan dan dibuat berdasarkan bentuk dan bahan yang digunakan. Bahan alam lunak terdiri dari tanah liat, getah nyatu, playdough, flour clay, bubur kertas, bubuk tisu, dan sebagainya yang terdapat di daerah masing-masing. Teknik yang digunakan juga sangat bervariasi, di antaranya dapat berupa teknik menggunting, mengecor, menempel, melipat, mencetak, memahat, dan juga membentuk. Pemilihan teknik disesuaikan dengan desain dan jenis bahan yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan memiliki sifat dan karakteristik yang berbedabeda.

Produk kerajinan bahan alam lunak walau masih terbatas pada teknik manual dalam pengolahannya, namun masih banyak diminati orang. Contohnya saja tanah liat, produk kerajinan hasil dari bahan alam lunak ini akan mengalami proses pembakaran yang nantinya akan disebut keramik. Keramik sejak zaman dahulu kala merupakan kerajinan bahan alam lunak yang diminati banyak orang di seluruh dunia. Keramik berkembang dari zaman ke zaman berdasarkan teknologi dan penemuan ilmiah dari para produsen keramik. Sentuhan estetika dan eksotika dalam pembuatannya membuat tampilan keramik tidak tertinggal oleh zaman. Tentunya ada kualitas, ada harga.

Dilihat dari konteks daerah, daerah penghasil produk keramik di Indonesia cukup banyak. Jika dibanding dengan bahan alam lunak lainnya, keramik lebih mendominasi. Bahan alam lunak lain kurang diolah untuk dijadikan prioritas kerajinan daerah. Alangkah menariknya jika daerah tempat peserta didik tinggal dapat mengembangkan bahan alam lunak lain selain keramik sebagai salah satu potensi ekonominya.

Berdasarkan bahan alam lunak yang dihasilkan dari daerah tempat satuan pendidikan dimana Bapak dan Ibu bertugas, Bapak Ibu dapat mengembangkannya menjadi materi pembelajaran untuk peserta didik. Peserta didik dapat membuat minimal satu produk kerajinan dari bahan alam lunak tersebut. Dalam satu kelas mereka dapat memilih jenis bahan alam lunak yang dikehendaki. Namun guru dapat menentukan pula jenis bahan alam lunak yang wajib untuk dikuasai peserta didik secara keseluruhan sesuai potensi lokal. Dapat dibedakan dari kelas per kelas untuk bahan alam lunak yang berbeda.

Adapun untuk materi pada pengolahan sendiri meliputi Buah merupakan salah satu bahan pangan yang berasal dari sumber daya alam nabati produk pertanian yang biasanya dikonsumsi oleh manusia dalam keadaan segar maupun dalam bentuk olahan. Buah mengandung berbagai macam vitamin dan mineral khususnya vitamin C yang berfungsi sebagai zat gizi pelengkap yang dibutuhkan tubuh. Sebagian besar buah mempunyai sifat mudah rusak (perishable) karena kandungan air dalam buah cukup tinggi sehingga daya simpan buah menjadi pendek. Buah sangat banyak sekali jenisnya. Setiap jenis buah memiliki keragaman masing-masing yang membedakan satu sama lain, seperti buah mangga yang terdiri atas mangga harum manis, mangga apel, mangga manalagi, mangga kweni, mangga alpukat, mangga golek dan sebagainya.

Setiap jenis buah mempunyai komponen penyusun kandungan buah yang berbeda-beda. Buah merupakan sumber utama vitamin, mineral, dan serat pangan. Pada umumnya, buah mempunyai kandungan kadar air yang tinggi, sedangkan kandungan lemak dan protein buah rendah, kecuali pada buah alpukat yang mempunyai kandungan lemak cukup tinggi. Perbedaan komponen penyusun kandungan zat gizi buah ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu perbedaan varietas buah, keadaan iklim tempat tumbuh tanaman buah, pemeliharaan tanaman buah, tingkat kematangan pada saat pemanenan buah, cara pemanenan buah, dan kondisi pemeraman atau penyimpanan buah.

Dari paparan singkat di atas dalam pembuatan bahan ajar sendiri semua materi yang ada tersebut harus di masukan dalam lampiran yang tertera untuk modul ajar itu sendiri, baik untuk mempersingkat paparan penulisan ini penulis menyusun rangkaian Administrasi Prakarya Kelas 7 Pada Kurikulum Merdeka, adapun bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan silahkan download link di bawah ini :

 

Prakarya Aspek Kerajinan


Download Analisis Alokasi Waktu Prakarya Aspek Kerajinan

 

Download Analisis Keterkaitan CP dan TP  Prakarya Aspek Kerajinan

 

Download Analisis Kompetensi Prakarya Aspek Kerajinan

 

Download Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Prakarya  Aspek Kerajinan

 

Download Jurnal Mengajar Guru  Prakarya  Aspek Kerajinan

 

Download KKTP Prakarya Aspek Kerajinan

 

Download Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian  Prakarya Aspek Kerajinan

 

Download Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi  Prakarya Aspek Kerajinan

 

Download Program Semester Prakarya Aspek Kerajinan

 

Download Program Tahunan  Prakarya Aspek Kerajinan

 

Download Bahan Ajar  Prakarya Aspek Kerajinan BAB I


Download Bahan Ajar Prakarya Aspek Kerajinan BAB II

 

Download ATP Prakarya Aspek Kerajinan

 

 

Prakarya Aspek Pengolahan

 

Download Analisis Alokasi Waktu Prakarya Aspek Pengolahan

 

Download Analisis Keterkaitan CP dan TP  Prakarya Aspek Pengolahan

 

Download Analisis Kompetensi  Prakarya Aspek Pengolahan

 

Download Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Prakarya  Aspek Pengolahan

 

Download Jurnal Mengajar Guru  Prakarya Aspek Pengolahan

 

Download KKTP Prakarya Aspek Pengolahan

 

Download Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian  Prakarya Aspek Pengolahan

 

Download Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi  Prakarya Aspek Pengolahan

 

Download Program Semester  Prakarya Aspek Pengolahan

 

Download Program Tahunan  Prakarya Aspek Pengolahan

 

Download Bahan Ajar  Prakarya Aspek Pengolahan BAB I


Download Bahan Ajar  Prakarya Aspek Pengolahan BAB II

 

Download ATP Prakarya Aspek Pengolahan

 


Artikel Terkait :

0 Response to "ADMINISTRASI PRAKARYA KELAS 7 KURIKULUM MERDEKA"

Post a Comment