Ok langsung saja kita tahu bahwasannya mata pelajaran prakarya terdiri dari 4 aspek, namun seperti biasanya penulis hanya mengikuti aturan main yang ada di MGMP Kabupaten Indramayu, bahwasanya mata pelajaran prakarya hanya di gunakan 2 aspek saja, yaitu aspek kerajinan dan aspek pengolahan. Pada aspek kerajinan di materi Bab I pada kurikulum merdeka membahas materi tentang kerajinan lebih mengutamakan keterampilan manual (tangan), nilai artistik/estetik dan pemanfaatan bahan-bahan alam. Perkembangan keterampilan kerajinan manusia terus berkembang, meskipun terjadi gejolak sosial dan geografisnya, misalnya bencana alam dan pandemi Covid-19. Keinginan manusia untuk maju dan menguasai pengetahuan serta teknologi di bidang kerajinan bahan alam berkembang sesuai kebutuhan dan gaya hidup masyarakat.
Perkembangan sosial budaya yang sangat pesat dan saat ini berpengaruh terhadap perilaku maupun selera masyarakat terhadap kebutuhan kebendaan. Kerajinan memiliki kekuatan yang mampu menjembatani kebutuhan tersebut. Salah satunya kerajinan bahan alam lunak. Beragam benda kerajinan dari bahan alam lunak dapat diciptakan dan dibuat berdasarkan bentuk dan bahan yang digunakan. Bahan alam lunak terdiri dari tanah liat, getah nyatu, playdough, flour clay, bubur kertas, bubuk tisu, dan sebagainya yang terdapat di daerah masing-masing. Teknik yang digunakan juga sangat bervariasi, di antaranya dapat berupa teknik menggunting, mengecor, menempel, melipat, mencetak, memahat, dan juga membentuk. Pemilihan teknik disesuaikan dengan desain dan jenis bahan yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan memiliki sifat dan karakteristik yang berbedabeda.
Produk kerajinan bahan alam lunak walau masih terbatas pada teknik manual dalam pengolahannya, namun masih banyak diminati orang. Contohnya saja tanah liat, produk kerajinan hasil dari bahan alam lunak ini akan mengalami proses pembakaran yang nantinya akan disebut keramik. Keramik sejak zaman dahulu kala merupakan kerajinan bahan alam lunak yang diminati banyak orang di seluruh dunia. Keramik berkembang dari zaman ke zaman berdasarkan teknologi dan penemuan ilmiah dari para produsen keramik. Sentuhan estetika dan eksotika dalam pembuatannya membuat tampilan keramik tidak tertinggal oleh zaman. Tentunya ada kualitas, ada harga.
Dilihat dari konteks daerah, daerah penghasil produk keramik di Indonesia cukup banyak. Jika dibanding dengan bahan alam lunak lainnya, keramik lebih mendominasi. Bahan alam lunak lain kurang diolah untuk dijadikan prioritas kerajinan daerah. Alangkah menariknya jika daerah tempat peserta didik tinggal dapat mengembangkan bahan alam lunak lain selain keramik sebagai salah satu potensi ekonominya.
Berdasarkan bahan alam lunak yang dihasilkan dari daerah tempat satuan pendidikan dimana Bapak dan Ibu bertugas, Bapak Ibu dapat mengembangkannya menjadi materi pembelajaran untuk peserta didik. Peserta didik dapat membuat minimal satu produk kerajinan dari bahan alam lunak tersebut. Dalam satu kelas mereka dapat memilih jenis bahan alam lunak yang dikehendaki. Namun guru dapat menentukan pula jenis bahan alam lunak yang wajib untuk dikuasai peserta didik secara keseluruhan sesuai potensi lokal. Dapat dibedakan dari kelas per kelas untuk bahan alam lunak yang berbeda.
Adapun untuk materi pada pengolahan sendiri meliputi Buah merupakan salah satu bahan pangan yang berasal dari sumber daya alam nabati produk pertanian yang biasanya dikonsumsi oleh manusia dalam keadaan segar maupun dalam bentuk olahan. Buah mengandung berbagai macam vitamin dan mineral khususnya vitamin C yang berfungsi sebagai zat gizi pelengkap yang dibutuhkan tubuh. Sebagian besar buah mempunyai sifat mudah rusak (perishable) karena kandungan air dalam buah cukup tinggi sehingga daya simpan buah menjadi pendek. Buah sangat banyak sekali jenisnya. Setiap jenis buah memiliki keragaman masing-masing yang membedakan satu sama lain, seperti buah mangga yang terdiri atas mangga harum manis, mangga apel, mangga manalagi, mangga kweni, mangga alpukat, mangga golek dan sebagainya.
Setiap jenis buah mempunyai komponen penyusun kandungan buah yang berbeda-beda. Buah merupakan sumber utama vitamin, mineral, dan serat pangan. Pada umumnya, buah mempunyai kandungan kadar air yang tinggi, sedangkan kandungan lemak dan protein buah rendah, kecuali pada buah alpukat yang mempunyai kandungan lemak cukup tinggi. Perbedaan komponen penyusun kandungan zat gizi buah ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu perbedaan varietas buah, keadaan iklim tempat tumbuh tanaman buah, pemeliharaan tanaman buah, tingkat kematangan pada saat pemanenan buah, cara pemanenan buah, dan kondisi pemeraman atau penyimpanan buah.
Dari
paparan singkat di atas dalam pembuatan bahan ajar sendiri semua materi yang
ada tersebut harus di masukan dalam lampiran yang tertera untuk modul ajar itu
sendiri, baik untuk mempersingkat paparan penulisan ini penulis menyusun
rangkaian Administrasi Prakarya Kelas 7 Pada Kurikulum Merdeka, adapun bagi
rekan-rekan guru yang membutuhkan silahkan download link di bawah ini :
Prakarya Aspek Kerajinan
Download Analisis Alokasi Waktu Prakarya Aspek Kerajinan
Download Analisis Keterkaitan CP dan TP Prakarya Aspek Kerajinan
Download Analisis Kompetensi Prakarya Aspek Kerajinan
Download Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Prakarya Aspek Kerajinan
Download Jurnal Mengajar Guru Prakarya Aspek Kerajinan
Download KKTP Prakarya Aspek Kerajinan
Download Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian Prakarya Aspek Kerajinan
Download Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi Prakarya Aspek Kerajinan
Download Program Semester Prakarya Aspek Kerajinan
Download Program Tahunan Prakarya Aspek Kerajinan
Download Bahan Ajar Prakarya Aspek Kerajinan BAB I
Download Bahan Ajar Prakarya Aspek Kerajinan BAB II
Download ATP Prakarya Aspek Kerajinan
Prakarya
Aspek Pengolahan
Download Analisis Alokasi Waktu Prakarya Aspek Pengolahan
Download Analisis Keterkaitan CP dan TP Prakarya Aspek Pengolahan
Download Analisis Kompetensi Prakarya Aspek Pengolahan
Download Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Prakarya Aspek Pengolahan
Download Jurnal Mengajar Guru Prakarya Aspek Pengolahan
Download KKTP Prakarya Aspek Pengolahan
Download Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian Prakarya Aspek Pengolahan
Download Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi Prakarya Aspek Pengolahan
Download Program Semester Prakarya Aspek Pengolahan
Download Program Tahunan Prakarya Aspek Pengolahan
Download Bahan Ajar Prakarya Aspek Pengolahan BAB I
Download Bahan Ajar Prakarya Aspek Pengolahan BAB II
Download ATP Prakarya Aspek Pengolahan
0 Response to "ADMINISTRASI PRAKARYA KELAS 7 KURIKULUM MERDEKA"
Post a Comment