SOAL PPPK TAHUN 2021 BAGIAN 1


Bismillahirohmannirrohim… assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh... pertama-tama marilah kita senantiasa selalu memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang selalu senantiasa memberikan nikmat sehat kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU masih bisa diberi kesempatan untuk bisa menyampaikan aspirasi-aspirasi di dunia maya ini didalam ranah soal P3K untuk guru honorer. Sholawat serta salam marilah kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa zaman kebodohan menjadi jaman kejayaan.

Kita tahu akhir-akhir ini pemerintah sedang mengadakan formasi untuk guru honorer agar bisa diangkat menjadi PPPK. Dalam hal ini tentunya tidak semudah apa yang kita bayangkan, karena harus melampaui beberapa tahapan bagi guru honorer, diantaranya adalah pengakuan yang sah sebagai guru dalam sistem Dapodik, dan yang kedua tentu harus menyiapkan sedini mungkin untuk menghadapi test P3K tersebut. Langsung saja pada pokok permasalahan tentang kisi-kisi soal untuk P3K yang meliputi aspek :

 

I.  ASPEK MANAJERIAL

Kompetensi manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau prilaku yang dapat diamati, di ukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi

1.         Integritas (download Permenpanrb Nomor38 Tahun 2017)

2.         Kerjasama

3.         Komunikasi

4.         Orentasi Hasil

5.         Pelayanan Publik

6.         Pengembangan Diri dan Pengembangan orang lain

7.         Mengelola Perubahan

8.         Pengembalian Keputusan

 

II. TEKNIS

Kompetensi teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau prilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik yang berkaitan dengan bidang teknis jabatan (download Permendiknas No. 16 Tahun 2007 Standar Komptensi Guru)

1.         Pedagogik (SKB)

2.         Profesional

3.         Kepribadian

4.         Sosial

 

PERENCANAAN

Silabus

Prota

Promes

RPP

Jumlah Jam Efektif

 

PELAKSANAAN

Metode Pembelajaran

Diagnosis Kesulitan

Pemanfaatan Media

 

EVALUASI

Penilaian

Evaluasi

Assesmen

 

III. SOSIOL KULTURAL

Kompetensi sosial kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/prilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, prilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan jabatan diantaranya Perekat Bangsa

 

IV.  WAWANCARA

V.   MOBILITAS DAN INTEGRITAS

 

Kita langsung saja ke contoh soal test P3K, dan sekali lagi soal-soal yang ada pada test P3K akan berbeda dengan soal-soal test CPNS, berikut contoh soalnya :

Tujuan Identifikasi kemampuan awal peserta didik adalah ….

a.  salah satu upaya para guru untuk memperoleh pemahaman tentang; tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan peserta didik, berkaitan dengan suatu program pembelajaran tertentu

b.  salah satu upaya peserta didik untuk memperoleh pemahaman tentang; tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan guru, berkaitan dengan suatu program pembelajaran tertentu

c.  salah satu cara peserta didik untuk memperoleh pemahaman tentang; tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan guru, berkaitan dengan suatu program pembelajaran tertentu

d.  salah satu upaya para guru untuk memperoleh pemahaman tentang; tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan peserta didik, berkaitan dengan suatu program pembelajaran tertentu

e.  salah satu upaya para guru yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman tentang; tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan peserta didik, berkaitan dengan suatu program pembelajaran tertentu

 

Aspek yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik adalah ……..

a.  aspek fisiologis , psikologis, aspek sosial dan non sosial

b.  aspek lingkungan , gender, aspek sosial dan non sosial

c.  aspek keturunan , psikologis, aspek sosial dan non sosial

d.  aspek gender , psikologis, aspek sosial dan non sosial

e.  aspek gender , psikologis, fisiologis, aspek sosial dan non sosial

 

Dari banyaknya definisi/batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah...

a.  Kumpulan hasil karya siswa

b.  Rekaman hasil karya siswa

c.  Rangkaian hasil karya siswa

d.  Kumpulan nilai siswa

e.  Kumpulan siswa

 

Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling tepat adalah....

a.  Tes uraian bebas

b.  Tes uraian terbatas

c.  Yang sederhana

d.  Yang sangat kompleks

e.  Yang aktual

 

Apa yang dimaksudkan dengan kesulitan belajar …..

a.  suatu keadaan dimana peserta didik tidak dapat menyerap pelajaran dengan sebagaimana mestinya

b.  suatu keadaan dimana peserta didik tidak dapat menyerap pengetahuan dengan sebagaimana mestinya

c.  suatu keadaan dimana peserta didik tidak dapat menyerap keterampilan dengan sebagaimana mestinya

d.  suatu keadaan dimana peserta didik tidak dapat menyerap pengetahuan dan keterampilan dengan sebagaimana mestinya

e.  suatu keadaan dimana peserta dapat menyerap pengetahuan dan keterampilan dengan sebagaimana mestinya

 

Dalam setiap kali penilaian Pak Jahidin selalu membuat rubric penilaian yang berisi kriteria penilaian yang mencerminkan kompetensi yang akan dinilai. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian....

a.  Sistematis

b.  Beracuan kriteria

c.  Menyeluruh

d.  Adil

e.  Akuntabel

 

Pagi ini penyerahan raport untuk siswa “SMP Negeri 2 Sukagumiwang”. Pak Kadori adalah guru matematika di SMP tersebut. Saat sehabis pembagian raport tiba-tiba Pak Kadori di datangi oleh orang tua wali murid sambil marah-marah dan menggerutu karena nilai anaknya jelek padahal menurutnya anaknya adalah siswa yang pintar. Pak Kadori kemudian menjelaskan teknik prosedur dan hasil pengolahan nilainya dari harian, PTS dan PAS serta nilai sikap siswa dengan buku catatan penilaian lengkap. Dan akhirnya orang tua tersebut dapat mengerti bahwa nilai anaknya memang sesuai dengan fakta. Dengan demikian Pak Kadori telah melaksanakan prinsip penilaian...

a.  Adil

b.  Objektif

c.  Menyeluruh

d.  Sistematis

e.  Akuntabel

 

Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Makholi guru Fisika. Jumlah soal ada 10. Siswa dengan absen ganjil mengerjakan nomor ganjil, siswa dengan nomor absen genap mengerjakan soal nomor genap. Yang dilakukan Pak Makholi tidak sesuai dengan prinsip penilaian...

a.  Adil

b.  Objektif

c.  Menyeluruh

d.  Sistematis

e.  Beracuan kriteria

 

Kemampuan yang dimiliki seseorang yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan apabila dilatih dengan baik. Kemampuan yang terlatih ini akan menjadi suatu kecakapan, keahlian, dan ketrampilan dalam bidang tertentu adalah ….

a.  Potensi diri

b.  Potensi individu

c.  Potensi kelompok

d.  Potensi manusia

e.  Potensi diri

 

Untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, kondisi, dan perkembangan peserta didik, dengan memperhatikan kondisi sekolah adalah….

a.  tujuan pengembangan bakat dan minat

b.  tujuan pengembangan minat

c.  tujuan pengembangan bakat

d.  tujuan pengembangan diri

e.  tujuan pengembangan keterampilan

 

Tujuan pengembangan diri adalah ….

a.  Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan profesional, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian.

b.  Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian.

c.  Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan berkeluarga, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian.

d.  Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan pekerjaan, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian.

e.  Untuk mengembangkan bakat, minat, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan pekerjaan, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian.

 

Pengertian menganalisiis pengetahuan Awal peserta didik adalah ……………

a.  Kegiatan menganalisis pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik tersebut

b.  Kegiatan menelaah pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik tersebut

c. Kegiatan mengidentifikasi pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik tersebut

d.  Kegiatan mengukur pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran

e.  Kegiatan mengukur pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran dan keterampilan

 

Media yang tepat untuk mengajarkan kebutuhan ekonomi yang melonjak tinggi adalah....

a.  Potongan artikel media cetak

b.  Vidio di kanal youtube

c.  Tayangan berita di televisi

d.  Daftar harga barang pokok terbaru

e.  Buku paket

 

Seorang merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksud untuk menentukan hasil dan kemampuan belajar siswa, maka jenis evaluasi yang dapat di pilih oleh guru adalah...

a.  Evaluasi formatif

b.  Evaluasi sumatif

c.  Evaluasi selektif

d.  Evaluasi diagnostik

e.  Evaluasi penempatan

 

Proses kognitif (cognitive processes) adalah ….

a.  Pengembangan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu.

b.  Perumusan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu.

c.  Perubahan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu.

d.  Penataan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu.

e.  Penjelasan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu.

 

Model pengembangan kognitif menurut Guilford. Adalah ….

a.  Menunjukan keragaman keterampilan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentukan empat dimensi intelektual untuk menampilkan semua kemampuan kognitif manusia. Kempat dimensi itu ialah konten, produk,proses dan operasi

b.  Menggambarkan keragaman kemampuan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentukan kubus tiga dimensi intelektual untuk menampilkan semua kemampuan kognitif manusia. Ketiga dimensi itu ialah konten, produk dan operasi

c. Menggambarkan keragaman kemampuan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentukan empat dimensi intelektual untuk menampilkan semua kemampuan kognitif manusia. Ketiga dimensi itu ialah konten, produk dan operasi

d. Menunjukan keragaman kemampuan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentukan kubus tiga dimensi intelektual untuk menampilkan semua kemampuan kognitif manusia. Ketiga dimensi itu ialah konten, produk dan operasi

e. Menunjukan keragaman kemampuan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentukan kubus tiga dimensi intelektual untuk menampilkan semua kemampuan kognitif manusia. Ketiga dimensi itu ialah konten, produk dan hasil

 

Model pengembangan Taksonomi Bloom pada perilaku kognitif terdiri dari ….

a. enam tingkat perilaku kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi

b. lima tingkat perilaku kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis

c. tuju tingkat perilaku kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, evaluasi dan kreaktifitas

d. enam tingkat perilaku kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan kreaktifitas

e. enam tingkat perilaku kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan akuntabilitas

 

Dalam setiap pembelajaran, Pak Tohir  selalu mengadakan penilaian untuk melihat daya serap siswa terhadap materi yang telah diberikan...

a. Sistematis

b. Beracuan kriteria

c. Terpadu

d. Sahih

e. Akuntabel

 

Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika dilakukan diskusi kelompok. Guru tersebut membuat lembar daftar cek (check list) dalam bentuk skala yang harus disajikan oleh siswa untuk menilai temen kelompoknya. Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut adalah...

a. Penilaian kinerja

b. Penilaian proyek

c. Penilaian portofolio

d. Penilaian terbuka

e. Penilaian diri

 

Disediakan dua magnet dan paku, siswa melakukan percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Komponen tujuan pembelajaran yang kurang dari hal tersebut adalah....

a. Condition

b. Behavior dan Degree

c. Condition dan Degree

d. Audience

e. Degree


Artikel Terkait :

0 Response to "SOAL PPPK TAHUN 2021 BAGIAN 1"

Post a Comment