Bismillahhirrohmannirohiim…segela
puji hanya milik Allah SWT yang tak henti-hentinya memberikan nikmat sehat
kepada kita semua, sehingga kita semua masih di berikan kesempatan untuk
menjalankan kehidupan kita sehari-hari. Sholawat serta salam senantiasa kita
panjatkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta para sahabatnya
hingga akhir zaman.
Kita tahu bahwa
pendekatan pembelajaran merupakan cara pandang pendidik yang digunakan untuk
menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses
pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan. Seperti pendekatan saintifik atau pendekatan
berbasis proses keilmuan. Dalam hal ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU mencoba
berbagi kembali file-file seputar dunia pendidikan dan kali ini akan membahas
tentang pengantar dan pendekatan saintifik pembelajaran.
Dalam Strategi
pembelajaran sendiri merupakan langkah-langkah sistematik dan sistemik yang
dapat digunakan pendidik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang
memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang
ditentukan. seperti pembelajaran kontekstual. Adapun untuk model pembelajaran
sendiri merupakan kerangka konseptual dan operasional pembelajaran yang
memailiki nama, ciri, urutan logis/sintak, pengaturan, dan budaya misalnya
discovery learning, project-based learning, problem-based learning, inquiry
learning.
Kaidah-kaidah dalam
pembelajaran ilmiah sendiri bisa berbasis fakta atau fenomena yang dapat
dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira,
khayalan, legenda, atau dongeng semata. Sedangkan dalam penjelasan guru, respon
siswa, dan interaksi edukatif guru-siswa terbebas dari prasangka yang
serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir
logis dan mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis,
dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan
mengaplikasikan materi pembelajaran.
Kita bisa mendorong
dan menginspirasi siswa berpikir: hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan,
dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran, memahami, menerapkan, dan
mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon materi
pembelajaran, dan juga berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang
dapat dipertanggungjawabkan, yang bertujuan pembelajaran dirumuskan secara
sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya, proses pembelajaran
sendir harus terhindar dari sifat-sifat/nilai-nilai nonilmiah.
Adapun
langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik sendiri meliputi :
1. Mengamati
2. Menanya
3. Mengumpulkan Informasi/Mencoba
4. Menalar/Mengasosiasi
5. Mengkomunikasikan
Proses pembelajaran
dan penilaian dalam peserta didik sendiri merupakan jaring-jaring kognisi berbeda
maka keadaan siswa dari beberapa komponen akan berbeda seperti penggambaran
makna berikut :
1. Gaya Belajar Siswa
2. Kecerdasan dan bakat siswa (Bahan/Zat dalam
Botol)
3. Kesiapan
(Keadaan tutup Botol)
4. Pengetahuan awal siswa (Isi Botol)
Untuk lebih
jelasnya tentang pengantar dan pendekatan saintifik sendiri silahkan bagi yang
sedang membutuhkan file tersebut bisa di download pada link di bawah ini semoga
bisa bermanfaat. Aamiinn
0 Response to "PENGANTAR DAN PENDEKATAN SAINTIFIK"
Post a Comment