Bismillahirrohmannirohim…
pada kesempatan kali ini penulis masih membahas tentang seputar dunia Taman
Kanak-Kanak, kali ini penulis mencoba berbagi tentang penelitian dan analisis
proses pembelajaran di TK, sebagaimana kita ketahui bahwasanya setelah adanya
PKP (Pemantapan Kemampuan Profesional), tentunya harus ada analisis, dan dalam
hal ini penulis mencoba berbagi kembali seputar dunia pendidikan yang ada di
taman kanak-kanak.
Kita tahu bahwa
untuk mengembangkan keterampilan berbicara terdapat beberapa aspek kegiatan
keterampilan bebicara. Kemampuan berbahasa anak harus dioptimalkan
diberdasarkan aspek yang mendukung peningkatan keterampilan berbicara. Dari
data tersebut, kegiatan bercerita untuk meningkatkan kemampuan anak yang
dilakukan di TK harus sesuai dengan pengembangan. Untuk mengembangkan
keterampilan berbicara terdapat beberapa aspek kegiatan keterampilan bebicara.
Kemampuan berbahasa
anak harus dioptimalkan diberdasarkan aspek yang mendukung peningkatan
keterampilan berbicara. Metode demonstrasi yang digunakan dalam pengembangan
ini juga tepat, sehingga anak mampu memahami langkah-langkah pada saat kegiatan
bercerita anak dibimbing mengembangkan kemampuan untuk mendengarkan cerita guru
yang bertujuan untuk memberikan informasi atau menanamkan nilai-nilai sosial,
moral, dan keagamaan, pemberian informasi tentang lingkungan fisik dan
lingkungan sosial.
Kegiatan bercerita
melalui media gambar yang diamati pada
TK dapat memperluas wawasan dan cara berfikir anak. Sebab dalam kegiatan
bercerita anak mendapat tambahan pengalaman yang bisa jadi merupakan hal baru
baginya, atau jika seandainya bukan merupakan hal baru tentu akan mendapatkan
kesempatan untuk mengulang kembali ingatan akan hal yang pernah didapat meupun
dialaminya. Tambahan pengalaman tersebut tentu akan memperluas wawasan anak.
Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran di TK sudah terprogram dan
berjalan dengan baik, dilihat dari visi dan misi, kurikulum, perangkat
pembelajaran, fasilitas, peran kepala sekolah, guru dan lingkungan sekolah,
semuanya mendukung program dan saling membantu dana dari pusat dan standarisasi
dari TK juga berperan sangat penting untuk kemajuan TK tersebut.
Kegiatan
pembelajaran menggunakan model kegiatan berkelompok Ruang-ruang tertata dengan rapi dan sehat dengan
ventilasi yang baik dan penerangan baik, jumlah murid standar sehingga
memudahkan guru untuk menilai proses kegiatan belajar mengajar.
Kegiatan awal yang
dilakukan oleh pendidik TK dengan tanya jawab dan apersepsi terlebih dahulu sebelum
kegiatan inti dilaksanakan. Secara umum, TK telah melakukan kegiatan yang baik
dan terarah. Kegiatan tersebut telah disusun sedemikian rupa, sehingga
mendapatkan hasil yang optimal.
Bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan file tersebut sebagai bahan
referensi silahkan download link di bawah ini dan semoga bisa bermanfaat. Aamiinn
0 Response to "PENELITIAN DAN ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DI TK"
Post a Comment