Bismillahirrohmannirohim…puji syukur kehadirat Allah
SWT yang senantiasa memberikan nikmat sehat kepada kita semua, sehingga masih
diberi kesempatan untuk menjalankan aktifitas kita dalam sehari-hari.
Pada penulisan kali ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU
mencoba berbagi file pendidikan kembali, dan pada penulisan kali ini tentang
Best Practice. Di dalam sebuah lembaga sekolah tentunya menargetkan tentang
program unggulan pada sekolah tersebut. Disamping hal tersebut di atas,
sekarang semua Kepala Sekolah yang sudah menjabat dan masa bhaktinya sudah lama
wajib memberikan sebuah program kerja sekolah salah satunya Best Practice.
Pada program file Best
Practice yang penulis upload ini merupakan salah satu program Best Practice yang di buat penulis untuk
kepentingan sekolah dan sebagai real kegiatan yang ada di sekolah tersebut, dan
sudah resmi menjadi hak milik dari kepala sekolah tersebut, demi kemajuan dunia
pendidikan penulis mencoba berbagi program Best
Practice ini melalui wadah Blog Prakarya Indramayu yang kita cintai ini.
Program Best Practice yang saya tulis
ini berkenaan dengan masalah upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik
melalui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
Kita tahu bahwa kedisiplinan merupakan serangkaian
sikap yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan, dan
ketertiban. Dalam dunia pendidikan kedisiplinan merupakan proses yang sangat
diperlukan untuk menjaga agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan
baik dan lancar dan bisa menciptakan pribadi yang kuat bagi peserta didik.
Dengan ditanamkan kedisiplinan kepada peserta didik dengan baik diharapkan
dapat mewujudkan pendidikan karakter sebagaimana yang tertuang dalam fungsi dan
tujuan pendidikan nasional, yaitu “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta
didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
Sehubungan dengan itu, penyelenggaraan pendidikan
nasional terutama pendidikan menengah pertama dapat dikatakan sudah berada pada
jalur yang tepat, on the track, karena telah mendidikkan karakter sekaligus
membentuk intelektualitas berupa kompetensi. Meskipun demikian, dalam membentuk
kedisiplinan peserta didik melalui
pendidikan karakter belum berimbang akibat berbagai faktor. Usaha
penyeimbangan pendidikan karakter dengan pembentukan kompetensi senantiasa
harus dilakukan. Demi kepentingan masa depan bangsa Indonesia, bahkan sejak
sekarang perlu dilakukan pemusatan (centering)
pendidikan karakter dalam penyelenggaraan pendidikan nasional Indonesia.
Dengan adanya upaya meningkatkan kedisiplinan peserta
didik melalui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) diharapkan dapat melahirkan
sekolah rintisan yang mampu melaksanakan pembentukan karakter secara
kontekstual sesuai dengan potensi lingkungan setempat.
Dan bagi rekan-rekan pendidik Best Practice bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan buat
sekolah-sekolah yang ada pada Bapak/Ibu seklaian, untuk lebih jelasnya dan yang
sedang membutuhkan program Best Practice silahkan download link di bawah ini
dan semoga bisa bermanfaat…aamiinn
matur sembah nuwun atas ilmunya...
ReplyDeletematur nuwun atas ilmunya......
DeleteThank admin blog sekolah, tulisan ini telah menginspirasi saya yang juga di amanahi sebagai kasek
ReplyDeleteTrims Admin...Barakallah...
ReplyDeleteTerimakasih juragan share ilmunya, semoga menjadi amal jariah yang tidak pernah putus. Aamiin
ReplyDelete