Bismillahirrohmanirrohim…Alhamdulillah puji syukur
penulis panjatkan atas segala limpahan rahmat dan hidayah yang di berikan Allah
SWT, sehingga penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU masih bisa beraktifitas
untuk menjalankan kehidupan sehari-hari ini,
sholawat serta salam marilah kita panjatkan kepada junjungan Nabi Besar
Muhammad SAW hingga akhir jaman. Menginjak tahun pelajaran baru 2019/2020 kita
sebagai seorang pendidik tentunya harus menyiapkan hal-hal apa saja sebagai
bahan persiapan administrasi dalam pembelajaran, salah satunya adalah RPP. Pada
kesempatan kali ini penulis mencoba berbagi kembali tentang RPP mata pelajaran
Seni Budaya untuk kelas VII, VIII dan IX untuk tahun pelajaran 2019/2020. Penulis
menyadari permintaan tentang RPP masih belum bisa penulis penuhi semua karena
kesibukan penulis, oleh karena itu bagi yang belum saya upload RPP yang
dimintanya penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Kita tahu bahwa pembelajaran seni budaya dirancang
berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah yaitu seni rupa, seni musik, seni tari,
dan teater yang diangkat dari kekayaan seni dan budaya sebagai warisan budaya
bangsa. Aktivitas pembelajaran seni budaya tidak hanya dirancang di dalam kelas
tetapi dapat melalui aktivitas baik yang diselenggarakan sekolah maupun di luar
sekolah atau masyarakat sekitar. Materi muatan lokal dapat ditambahkan pada
materi pembelajaran seni budaya yang digali dari kearifan lokal dan relevan
dalam kehidupan siswa sehingga diharapkan dapat menambah pengayaan dari buku
ini.
Pembelajaran seni budaya pada buku ini dapat pula
dilakukan secara terpadu dan utuh. Keterpaduan dan keutuhan mengandung arti
bahwa di dalam kompetensi dasar mengandung suatu keahlian tertentu sehingga
dalam pelaksanaannya haruslah utuh diajarkan. Dengan diajarkan secara utuh
siswa dapat menguasai keterampilan, pengetahuan serta sikap dalam karya seni
rupa, seni musik, seni tari, dan seni teater.
Pembelajaran seni budaya menekankan pada pendekatan
belajar siswa aktif. Siswa diajak dan berani untuk mencari sumber belajar yang
tersedia di lingkungan sekolah, rumah atau tempat tinggal serta masyarakat.
Guru dapat memperkaya kreasi dalam bentuk aktivitas lain yang sesuai dan
relevan yang bersumber pada dari lingkungan sosial dan alam sekitar.
Dari sekilas paparan di atas tentu kita memahami semua
bahwa sebagai seorang pendidik khususnya yang mengajar mata pelajaran Seni
Budaya harus menguasai 4 aspek tersebut, dan tentunya dalam pembuatan RPP nya
pun ke empat aspek tersebut harus di cantumkan dalam administrasi pembelajaran.
Dengan demikian penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU mencoba berbagi tentang RPP
Seni Budaya tersebut, bagi yang membutuhkan RPP tersebut silahkan download link
di bawah ini, semoga bisa bermanfaat..aamiinn
RPP
SENI BUADAYA KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2019/2020
SENI MUSIK
SENI RUPA
SENI TARI
SENI TEATER
RPP
SENI BUADAYA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2019/2020
SENI MUSIK
SENI RUPA
SENI TARI
SENI TEATER
RPP
SENI BUADAYA KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2019/2020
SENI MUSIK
SENI RUPA
SENI TARI
SENI TEATER
TERIMAKASIH ....
ReplyDeleteTerimakasih..semoga tetep bagus
ReplyDelete