Tahun Pelajaran 2018/2019 sudah
dimulai untuk dunia pendidikan, masa liburan tentunya kita menyiapkan hal-hal
apa saja yang harus disiapkan sebagai seorang pendidik. Pada semua lembaga
sekolah tentunya kurikulum sudah membuat jadwal kepada guru-guru untuk mengajar
mata pelajaran apa dan kelas berapa. Pada kesempatan kali ini penulis mencoba
berbagi kembali tentang administrasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas
VII untuk tahun pelajaran 2019/2020.
Pada awal masuk sekolah tentu kita
akan dituntut tentang administrasi pembelajaran oleh kepala sekolah yang segera
di tandatangani oleh pengawas, oleh karena itu alangkah baiknya kita sebagai
seorang pendidik jauh-jauh mungkin sudah menyiapkan administrasi tersebut, agar
pada awal pertama masuk sekolah kita sudah siap dengan tanggung jawab kita
sebagai seorang pendidik.
Kita tahu bahwa pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam merupakan upaya sistematis untuk menciptakan, membangun, dan
mengorganisasikan pengetahuan tentang gejala alam. Oleh karena itu dalam upaya
ini berawal dari sifat dasar manusia yang penuh dengan rasa keingintahuannya.
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada hakikatnya belajar dengan pendekatan
yang meliputi empat unsur utama. Keempat unsur tersebut adalah sikap, proses,
produk, dan aplikasi. (1) Sikap, yaitu rasa ingin tahu mengenai alam yang
diselidiki secara tekun, teliti, jujur, skeptis, namun terbuka terhadap
kemungkinan baru, dan bertanggung jawab. (2) Proses, yaitu prosedur
penyelidikan mencakup gejala alam. (3) Produk, yaitu fakta, konsep,
prinsip/hukum, dan teori yang menjelaskan dan/atau memprediksi gejala alam. (4)
Aplikasi, yaitu penerapan metode ilmiah dan pengetahuan Ilmu Pengetahuan Alam
dalam kehidupan sehari-hari. Keempat unsur utama Ilmu Pengetahuan Alam ini
seharusnya muncul dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam seharusnya bisa menumbuh kembangkan kompetensi peserta didik pada ranah
sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ketiga ranah kompetensi tersebut memiliki
lintasan perolehan (proses psikologis) yang berbeda. Sikap dapat diperoleh
melalui aktivitas “menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan
mengamalkan.” Pengetahuan diperoleh melalui aktivitas “mengingat, memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi.” Keterampilan diperoleh melalui
aktivitas “mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.” Dalam
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, lintasan “mengamati, menanya, mencoba,
menalar, menyaji, dan mencipta” ini digunakan sebagai penggerak untuk lintasan
yang lain. Pendekatan yang digunakan untuk belajar Ilmu Pengetahuan Alam
disebut pendekatan ilmiah (scientific).
Sebagai Guru IPA harus bisa
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi dan berbagai bentuk
kerja sama lainnya dalam menyelesaikan tugas. Selain itu, guru IPA juga perlu
memberikan bantuan kepada peserta didik dalam tahap-tahap awal pembelajaran.
Selanjutnya, peserta didik akan segera mengambil alih tanggung-jawab yang lebih
besar setelah mereka dapat melakukannya sendiri. Bantuan yang diberikan guru
IPA tersebut dapat berupa petunjuk, peringatan, dorongan, serta menguraikan
masalah dengan langkah-langkah pemecahannya, memberikan contoh, atau apa pun
bentuk yang lain yang memungkinkan peserta didik tumbuh mandiri. Perlu
ditegaskan bahwa, bantuan tersebut tidak bersifat “memberitahu secara
langsung,” tetapi “mendorong peserta didik untuk mencari tahu.”.
Dari paparan di atas tentunya dalam
kegaiatan belajar mengajar seorang guru harus menyiapiapkan administrasi
pembelajaran tersebut. Untuk administrasi pembelajaran IPA Kelas VII Semester I
dan II Tahun Pelajaran 2019/2020 silahkan download link di bawah ini semoga
bisa bermanfaat. Aamiinn
0 Response to "ADMINISTRASI PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SEMESTER 1 DAN 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020"
Post a Comment