Bismillahirrohmanirrohiim.. Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayah-Nya kepada penulis, sehingga masih bisa beraktifitas untuk berbagi
berupa file-file RPP Prakarya Tingkat SMP/MTs untuk tahun pelajaran 2019/2020.
Sholawat serta salam penulis panjatkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW
yang telah memberikan perubahan dari jaman jahilia ke jaman yang terang
benderang ini.
Kita tentu
sudah tahu bahwa dalam pembuatan sebuah RPP tidak lepas dengan adanya rumusan
kompetensi sikap spiritual, yaitu peserta didik mampu “menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, peserta didik mampu “menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui
pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan,
dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serat
kebutuhan dan kondisi peserta didik. Pengembangan kompetensi sikap spiritual
dan sosial dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung.
Pada Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar Pengetahuan dan Keterampilan untuk mata pelajaran
Prakarya terdiri dari 4 Aspek, Aspek yang pertama Yaitu Kerajinan, Aspek yang
kedua Rekayasa, Apek yang ketiga Budi Daya dan aspek yang keempat adalah
Pengolahan.
1. Kerajinan
Aspek Kerajinan
dapat dikaitkan dengan kerja tangan yang hasilnya merupakan benda untuk
memenuhi tuntutan kepuasan pandangan: estetika - ergonomis, dengan simbol
budaya, kebutuhan tata upacara dan kepercayaan (theory of magic and relligy),
dan benda fungsional yang dikaitkan dengan nilai pendidikan pada prosedur
pembuatannya. Lingkup ini dapat menggali dari potensi lokal dan seni terap
(applied art), desain kekinian (modernisme dan postmodernisme).
2. Rekayasa
Aspek Rekayasa
terkait dengan beberapa kemampuan: merancang, merekonstruksi, dan membuat benda
produk yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dengan pendekatan pemecahan
masalah. Sebagai contoh: rekayasa penyambungan balok kayu untuk membuat susunan
(konstruksi) kerangka atap rumah, harus dilakukan dengan prinsip ketepatan agar
susunan rumah tidak mudah runtuh. Lingkup ini memerlukan kesatuan pikir dan
kecekatan tangan membuat susunan mengarah kepada: berpikir kreatif, praktis,
efektif, ketepatan, dan hemat serta berpikir prediktif.
3. Budi Daya
Aspek Budi daya
berpangkal pada cultivation, yaitu suatu kerja berusaha untuk menambah,
menumbuhkan, dan mewujudkan benda atau makhluk hidup agar lebih besar/tumbuh,
dan berkembangbiak, bertambah banyak. Kinerja ini membutuhkan perasaan seolah
dirinya pembudi daya. Prinsip pembinaan rasa dalam kinerja budi daya ini akan
memberikan hidup pada tumbuhan atau hewan, namun dalam bekerja dibutuhkan
sistem yang berjalan rutin atau prosedural. Manfaat edukatif teknologi budi
daya ini adalah pembinaan perasaan, pembinaan kemampuan memahami pertumbuhan
dan menyatukan dengan alam (ecosystem) menjadi peserta didik yang berpikir
sistematis berdasarkan potensi kearifan lokal.
4. Pengolahan
Aspek
Pengolahan artinya membuat, menciptakan bahan dasar menjadi benda produk jadi,
agar dapat dimanfaatkan. Pada prinsipnya kerja pengolahan adalah mengubah benda
mentah menjadi produk jadi pangan yang mempunyai nilai tambah melalui teknik
pengelolaan seperti: mencampur, mengawetkan, dan memodifi kasi, sehingga
menghasilkan produk pengolahan pangan. Manfaat edukatif teknologi pengolahan
bagi pengembangan kepribadian peserta didik adalah pelatihan rasa yang dapat
dikorelasikan dalam kehidupan sehari-hari, sistematis yang dipadukan dengan
pikiran serta prakarya.
Dalam
pembahasan kali ini penulis hanya bisa memberikan 2 aspek dari yang penulis
upload disini, yakni Aspek Kerajinan dan Aspek Pengolahan, sebagaimana yang
sudah disepakati dalam forum MGMP Kabupaten Indramayu. Adapun RPP tersebut
terdapat link di bawah ini dan bagi yang membutuhkan silahkan download RPP
tersebut semoga bisa bermanfaat..aamiin
RPP PRAKARYA KELAS VII TAHUN PELAJARAN
2019/2020
ASPEK KERAJINAN
KELAS VII SEMESTER I
ASPEK KERAJINAN
KELAS VII SEMESTER II
ASPEK
PENGOLAHAN KELAS VII SEMESTER I
ASPEK
PENGOLAHAN KELAS VII SEMESTER II
RPP PRAKARYA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN
2019/2020
ASPEK KERAJINAN
KELAS VIII SEMESTER I
ASPEK KERAJINAN
KELAS VIII SEMESTER II
ASPEK
PENGOLAHAN KELAS VIII SEMESTER I
ASPEK
PENGOLAHAN KELAS VIII SEMESTER II
RPP PRAKARYA KELAS IX TAHUN PELAJARAN
2019/2020
ASPEK KERAJINAN
KELAS IX SEMESTER I
Download RPP
Prakarya Kelas IX Aspek Kerajinan KD. 3.2 - KD 4.2 (Proses)
ASPEK KERAJINAN
KELAS IX SEMESTER II
ASPEK
PENGOLAHAN KELAS IX SEMESTER I
Download RPP
Prakarya Kelas IX Aspek Pengolahan KD. 3.1 - KD 4.1(Proses)
Download RPP
Prakarya Kelas IX Aspek Pengolahan KD. 3.2 - KD 4.2(Proses)
ASPEK
PENGOLAHAN KELAS IX SEMESTER II
Pak rpp kelas 9 aspek rekayasa...ada??? Mohon share pak
ReplyDeleteSemoga membawa berkah
ReplyDeleteterima kasih pa,..semoga kebaikan bapak dibalas alloh dengan yang lebbih baik lagi
ReplyDeleteterimakasih semoga berkah...
ReplyDeleteMaaf pak, yang kelas 9 smt 1 belum bisa di download yaa?
ReplyDeleteijin downlod...
ReplyDeletemantap pisan...
makasih membantu pisan
Pak,, kalau rpp sudah selesai tolong wa 081393156010.. trim's
ReplyDeleteyang kelas IX ga bisa di download semua pak
ReplyDeleteKelas 9 semester 1 belum lengkap ya? mohon kiranya di upload sebagai bahan referensi saya. terima kasih.
ReplyDeleterpp KELAS 9 G BISA DI DOWNLOAD MIN
ReplyDeleteterimakasih pak. semoga berkah selalu sehat
ReplyDeletehaloo pak, dtgu rpp kelas 9 smst satu nya ya pak.trms atas kebaikannya, sukses selalu
ReplyDeleteSayang banget yang kelas 9 belum lengkap. ��
ReplyDeleteterima kasih bagi baginya ya.... barokallah...
ReplyDeletesangat bermanfaat..... sukses selalu
untuk perangkat pelengkapnya mana ya?
TERIMAKASIH.. SEMOGA BERMANFAAT...
ReplyDelete