RPP PRAKARYA KURTILAS KELAS VII, VIII DAN IX TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Bismillahirrohmanirrohiim.. Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis, sehingga masih bisa beraktifitas untuk berbagi berupa file-file RPP Prakarya Tingkat SMP/MTs untuk tahun pelajaran 2019/2020. Sholawat serta salam penulis panjatkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW yang telah memberikan perubahan dari jaman jahilia ke jaman yang terang benderang ini.

Kita tentu sudah tahu bahwa dalam pembuatan sebuah RPP tidak lepas dengan adanya rumusan kompetensi sikap spiritual, yaitu peserta didik mampu “menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, peserta didik mampu “menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serat kebutuhan dan kondisi peserta didik. Pengembangan kompetensi sikap spiritual dan sosial dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung.

Pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pengetahuan dan Keterampilan untuk mata pelajaran Prakarya terdiri dari 4 Aspek, Aspek yang pertama Yaitu Kerajinan, Aspek yang kedua Rekayasa, Apek yang ketiga Budi Daya dan aspek yang keempat adalah Pengolahan.

1. Kerajinan
Aspek Kerajinan dapat dikaitkan dengan kerja tangan yang hasilnya merupakan benda untuk memenuhi tuntutan kepuasan pandangan: estetika - ergonomis, dengan simbol budaya, kebutuhan tata upacara dan kepercayaan (theory of magic and relligy), dan benda fungsional yang dikaitkan dengan nilai pendidikan pada prosedur pembuatannya. Lingkup ini dapat menggali dari potensi lokal dan seni terap (applied art), desain kekinian (modernisme dan postmodernisme).

2. Rekayasa
Aspek Rekayasa terkait dengan beberapa kemampuan: merancang, merekonstruksi, dan membuat benda produk yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dengan pendekatan pemecahan masalah. Sebagai contoh: rekayasa penyambungan balok kayu untuk membuat susunan (konstruksi) kerangka atap rumah, harus dilakukan dengan prinsip ketepatan agar susunan rumah tidak mudah runtuh. Lingkup ini memerlukan kesatuan pikir dan kecekatan tangan membuat susunan mengarah kepada: berpikir kreatif, praktis, efektif, ketepatan, dan hemat serta berpikir prediktif.

3. Budi Daya
Aspek Budi daya berpangkal pada cultivation, yaitu suatu kerja berusaha untuk menambah, menumbuhkan, dan mewujudkan benda atau makhluk hidup agar lebih besar/tumbuh, dan berkembangbiak, bertambah banyak. Kinerja ini membutuhkan perasaan seolah dirinya pembudi daya. Prinsip pembinaan rasa dalam kinerja budi daya ini akan memberikan hidup pada tumbuhan atau hewan, namun dalam bekerja dibutuhkan sistem yang berjalan rutin atau prosedural. Manfaat edukatif teknologi budi daya ini adalah pembinaan perasaan, pembinaan kemampuan memahami pertumbuhan dan menyatukan dengan alam (ecosystem) menjadi peserta didik yang berpikir sistematis berdasarkan potensi kearifan lokal.

4. Pengolahan
Aspek Pengolahan artinya membuat, menciptakan bahan dasar menjadi benda produk jadi, agar dapat dimanfaatkan. Pada prinsipnya kerja pengolahan adalah mengubah benda mentah menjadi produk jadi pangan yang mempunyai nilai tambah melalui teknik pengelolaan seperti: mencampur, mengawetkan, dan memodifi kasi, sehingga menghasilkan produk pengolahan pangan. Manfaat edukatif teknologi pengolahan bagi pengembangan kepribadian peserta didik adalah pelatihan rasa yang dapat dikorelasikan dalam kehidupan sehari-hari, sistematis yang dipadukan dengan pikiran serta prakarya.

Dalam pembahasan kali ini penulis hanya bisa memberikan 2 aspek dari yang penulis upload disini, yakni Aspek Kerajinan dan Aspek Pengolahan, sebagaimana yang sudah disepakati dalam forum MGMP Kabupaten Indramayu. Adapun RPP tersebut terdapat link di bawah ini dan bagi yang membutuhkan silahkan download RPP tersebut semoga bisa bermanfaat..aamiin



RPP PRAKARYA KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ASPEK KERAJINAN KELAS VII SEMESTER I




ASPEK KERAJINAN KELAS VII SEMESTER II




ASPEK PENGOLAHAN KELAS VII SEMESTER I




ASPEK PENGOLAHAN KELAS VII SEMESTER II





RPP PRAKARYA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ASPEK KERAJINAN KELAS VIII SEMESTER I




ASPEK KERAJINAN KELAS VIII SEMESTER II




ASPEK PENGOLAHAN KELAS VIII SEMESTER I




ASPEK PENGOLAHAN KELAS VIII SEMESTER II





RPP PRAKARYA KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ASPEK KERAJINAN KELAS IX SEMESTER I


Download RPP Prakarya Kelas IX Aspek Kerajinan KD. 3.2 - KD 4.2 (Proses)


ASPEK KERAJINAN KELAS IX SEMESTER II



ASPEK PENGOLAHAN KELAS IX SEMESTER I

Download RPP Prakarya Kelas IX Aspek Pengolahan KD. 3.1 - KD 4.1(Proses)

Download RPP Prakarya Kelas IX Aspek Pengolahan KD. 3.2 - KD 4.2(Proses)


ASPEK PENGOLAHAN KELAS IX SEMESTER II

Download RPP Prakarya Kelas IX Aspek Pengolahan KD. 3.3 - KD 4.3

Artikel Terkait :

15 Responses to "RPP PRAKARYA KURTILAS KELAS VII, VIII DAN IX TAHUN PELAJARAN 2019/2020"

  1. Pak rpp kelas 9 aspek rekayasa...ada??? Mohon share pak

    ReplyDelete
  2. terima kasih pa,..semoga kebaikan bapak dibalas alloh dengan yang lebbih baik lagi

    ReplyDelete
  3. Maaf pak, yang kelas 9 smt 1 belum bisa di download yaa?

    ReplyDelete
  4. ijin downlod...
    mantap pisan...
    makasih membantu pisan

    ReplyDelete
  5. Pak,, kalau rpp sudah selesai tolong wa 081393156010.. trim's

    ReplyDelete
  6. yang kelas IX ga bisa di download semua pak

    ReplyDelete
  7. Kelas 9 semester 1 belum lengkap ya? mohon kiranya di upload sebagai bahan referensi saya. terima kasih.

    ReplyDelete
  8. rpp KELAS 9 G BISA DI DOWNLOAD MIN

    ReplyDelete
  9. terimakasih pak. semoga berkah selalu sehat

    ReplyDelete
  10. haloo pak, dtgu rpp kelas 9 smst satu nya ya pak.trms atas kebaikannya, sukses selalu

    ReplyDelete
  11. Sayang banget yang kelas 9 belum lengkap. ��

    ReplyDelete
  12. terima kasih bagi baginya ya.... barokallah...
    sangat bermanfaat..... sukses selalu

    untuk perangkat pelengkapnya mana ya?

    ReplyDelete
  13. TERIMAKASIH.. SEMOGA BERMANFAAT...

    ReplyDelete