SOSOK LITERAT
|
|
A.
B.
C.
D.
E.
|
Mampu
menentukan seberapa banyak informasi yang dibutuhkan.
Mampu
mengakses informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien.
Mampu
mengevaluasi informasi dan sumbernya secara kritis.
Mampu
memadukan informasi yang dipilih ke dalam pengetahuan diri.
Mampu
menggunakan informasi secara efektif untuk mencapai tujuan tertentu.
|
LITERASI
DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
|
|
A
B
C
D
E
F
G
|
Menghubungkan
pengetahuan dengan pengalaman sebelumnya.
Melakukan
preview dan prediksi untuk meningkatkan pemahaman teks.
Mengelola
informasi dan menerapkan kerangka dan kategori yang bermaka.
Mampu
menggunakan pancaindra (melihat, mendengar, merasakan, membaui, atau
mengecap) gambaran yang disampaikan dalam teks tulis.
Memantau
pemahaman secara mandiri.
Mengevaluasi
teks secara kritis.
Memberikan
penilaian terhadap bentuk dan/atau isi teks.Menerapkan pengetahuan yang
diperoleh dari teks untuk situasi baru.
|
ISTILAH TEKNIS
|
|
A
B
C
D
E
F
G
|
Think-aloud:
strategi untuk membunyikan secara lisan pada saat berusaha memahami bacaan,
memecahkan masalah, atau mencoba menjawab pertanyaan.
Inferensi: simpulan sementara berdasarkan informasi
yang tersirat dalam teks. Inferensi dapat didukung dengan ciri/bukti/fitur
khusus yang ada dalam teks.
Keterkaitan antarteks atau intertekstualitas merujuk
pada keterkaitan teks dengan teks yang pernah dibaca sebelumnya, teks dengan
pengalaman pribadi, atau teks dengan hal lain.
“Ringkasan”
dalam arti luas diperoleh dengan kegiatan meringkas isi,
mengidentifikasi gagasan utama, menceritakan kembali, membuat sintesis,
membuat pertanyaan tentang isi, dan sebagainya.
Evaluasi teks
dapat berwujud antara lain (a) membuat opini terkait teks; (b) membuat
penilaian langsung; (c) intertekstualitas; (d) memilih/menentukan moda yang
paling sesuai untuk tujuan tertentu.
“Moda” merujuk pada bagaimana atau dengan
cara apa pesan disampaikan (teks tulis, audio, visual, audiovisual, digital,
kinestesik, dsb.).
Pengatur
grafis (graphic organizers): berbagai bentuk tabel atau grafik untuk
membantu pemahaman dengan cara mengorganisasikan ide/pikiran/gagasan.
|
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "STRATEGI LITERASI"
Post a Comment