1.
|
Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah sebagai berikut, kecuali ….
| |
A.
|
melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan, dan semester, kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran.
| |
B.
|
menciptakan ruang-ruang baca bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.
| |
C.
|
mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu.
| |
D.
|
melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.
| |
2
|
Makna dari Ing Ngarsa Sung Tuladha dalam implementasi pendidikan budi pekerti ialah ….
| |
A.
|
pendidikan budi pekerti tidak dapat terinternalisasi dalam diri peserta didik dengan sendirinya, oleh karena itu keberhasilan pendidikan budi pekerti menuntut pentingnya contoh yang baik dari pendidik terhadap peserta didik.
| |
B.
|
pendidik hendaknya mampu menumbuhkembangkan minat, hasrat dan kemauan peserta didik untuk dapat kreatif dan berkarya, guna mengabdikan diri kepada cita-cita yang luhur dan ideal.
| |
C.
|
pendidik memberi kebebasan, kesempatan dengan perhatian dan bimbingan yang memungkinkan peserta didik atas inisiatifnya sendiri dan pengalamannya sendiri, supaya mereka berkembang menurut garis kodrat pribadinya.
| |
D.
|
pendidikan budi pekerti perlu didukung oleh pendidik yang mampu membina kehendak, kemauan dan hasrat untuk mengabdikan diri kepada kepentingan umum, dan kepada cita-cita yang luhur.
| |
3
|
Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada akhir jenjang satuan pendidikan?
| |
A.
|
Standar Kompetensi Lulusan
| |
B.
|
Standar Kompetensi
| |
C.
|
Kompetensi Inti
| |
D.
|
Kompetensi Dasar
| |
4
|
Salah satu tujuan perbaikan buku teks pelajaran pada penyempurnaan kurikulum 2013 adalah ….
| |
A.
|
memastikan kredensial penulis, penelaah, penilai, dan pereviu secara terbuka dan dapat dihubungi oleh pengguna/pembaca
| |
B.
|
memastikan langkah-langkah pendekatan saintifik sudah dituliskan dalam buku
| |
C.
|
mengefisienkan biaya pencetakan dan penditsribusian buku pelajaran
| |
D.
|
memperbanyak ilustrasi, gambar, dan peta konsep pembelajaran dan penilaian
| |
5
|
Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari penyempurnaan kurikulum 2013 ialah ….
| |
A.
|
menghilangkan KD pada KI-1 dan KI-2 untuk Mapel selain Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn.
| |
B.
|
memperbaiki rumusan KD sehingga mudah dipahami dan menata keluasan, kedalaman, dan urutan kompetensi.
| |
C.
|
capaian kompetensi disesuaikan dengan jenis pengetahuan dan tingkat perkembangan berpikir.
| |
D.
|
pembelajarn saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran
| |
6
|
Penyempurnaan Kurikulum 2013 pada aspek penilaian hasil belajar peserta didik oleh pendidik ialah ….
| |
A.
|
penilaian sikap mendapat porsi lebih besar daripada penilaian pengetahuan dan keterampilan.
| |
B.
|
penilaian sikap tidak harus dinilai pada setiap KD dan bertujuan membina, memperbaiki, dan mengembangkan sikap dan karakter peserta didik.
| |
C.
|
penilaian sikap diarahkan untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan peserta didik tentang sikap yang baik dan sikap yang perlu bimbingan.
| |
D.
|
penilaian pengetahuan dan keterampilan dilakukan untuk setiap KD dengan menggunakan hanya satu teknik dan instrumen penilaian.
| |
7
|
Karakteristik silabus pada implementasi Kurikulum 2013 setelah penyempurnaan yaitu ….
| |
A.
|
berisi aspek yang lengkap sehingga mempermudah pendidik dalam menyusun RPP.
| |
B.
|
hanya menyajikan aspek KD, Materi Pokok, dan Pembelajaran.
| |
C.
|
Disajikan secara sederhana sehingga mudah dipahami.
| |
D.
|
Kurang detail dan kurang memberi peluang kreativitas guru.
| |
8
|
Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan.
| |
1)
|
Kemampuan berpikir mencakup: mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
| |
2)
|
Kemampuan belajar mencakup: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
| |
3)
|
Kemampuan pikir dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar.
| |
4)
|
Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik.
| |
Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka ….
| ||
A.
|
(1), (2), dan (3)
| |
B.
|
(1), (2), dan (4)
| |
C.
|
(1), (3), dan (4)
| |
D.
|
(2), (3), dan (4)
| |
9
|
Berikut terkait dengan tahap MENGAMATI dalam pembelajaran yang menerapkan metode saintifik, kecuali ....
| |
A.
|
siswa mengumpulkan data yang relevan dengan pertanyaan atau KD
| |
B.
|
siswa mengamati fenomenon dengan indera dengan atau tanpa alat
| |
C.
|
siswa menemukan apa saja yang belum diketahui terkait fenomenon
| |
D.
|
yang diamati adalah fenomenon alami atau disajikan melalui video/audio/gambar
| |
10
|
Kegiatan pembelajaran dengan langkah-langkah merumuskan pertanyaan (masalah), membuat rancangan pengumpulan data/informasi, mengumpulkan data/informasi dengan teknik yang sesuai dan menganalisis data/informasi, merumuskan simpulan (menjawab pertanyaan), dan menerapkan/menggunakan “temuan” dalam kehidupan dikenal sebagai ....
| |
A.
|
inquiry/discovery learning
| |
B.
|
problem-based learning
| |
C.
|
cooperative learning
| |
D.
|
project-based learning
| |
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
jawabannya ada gan?
ReplyDelete