SOAL LATIHAN PRE TEST

1.
Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah sebagai berikut, kecuali ….

A.
melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan, dan semester, kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran.

B.
menciptakan ruang-ruang baca bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

C.
mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu. 

D.
melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.
2
Makna dari Ing Ngarsa Sung Tuladha dalam implementasi pendidikan budi pekerti ialah ….

A.
pendidikan budi pekerti tidak dapat terinternalisasi dalam diri peserta didik dengan sendirinya, oleh karena itu keberhasilan pendidikan budi pekerti menuntut pentingnya contoh yang baik dari pendidik terhadap peserta didik.

B.
pendidik hendaknya mampu menumbuhkembangkan minat, hasrat dan kemauan peserta didik untuk dapat kreatif dan berkarya, guna mengabdikan diri kepada cita-cita yang luhur dan ideal.

C.
pendidik memberi kebebasan, kesempatan dengan perhatian dan bimbingan yang memungkinkan peserta didik atas inisiatifnya sendiri dan pengalamannya sendiri, supaya mereka berkembang menurut garis kodrat pribadinya.

D.
pendidikan budi pekerti perlu didukung oleh pendidik yang mampu membina kehendak, kemauan dan hasrat untuk mengabdikan diri kepada kepentingan umum, dan kepada cita-cita yang luhur.
3
Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada akhir jenjang satuan pendidikan?

A.
Standar Kompetensi Lulusan

B.
Standar Kompetensi

C.
Kompetensi Inti

D.
Kompetensi Dasar
4
Salah satu tujuan perbaikan buku teks pelajaran pada penyempurnaan kurikulum 2013 adalah ….

A.
memastikan kredensial penulis, penelaah, penilai, dan pereviu secara terbuka dan dapat dihubungi oleh pengguna/pembaca

B.
memastikan langkah-langkah pendekatan saintifik sudah dituliskan dalam buku

C.
mengefisienkan biaya pencetakan dan penditsribusian buku pelajaran

D.
memperbanyak ilustrasi, gambar, dan peta konsep pembelajaran dan penilaian
5
Pernyataan berikut yang  bukan merupakan bagian dari  penyempurnaan kurikulum 2013 ialah ….

A.
menghilangkan KD pada KI-1 dan KI-2 untuk Mapel selain Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn.

B.
memperbaiki rumusan KD sehingga mudah dipahami dan menata keluasan, kedalaman, dan urutan kompetensi.

C.
capaian kompetensi disesuaikan dengan jenis pengetahuan dan tingkat perkembangan berpikir.

D.
pembelajarn saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran
6
Penyempurnaan Kurikulum 2013 pada aspek penilaian hasil belajar peserta didik oleh pendidik ialah ….

A.
penilaian sikap mendapat porsi lebih besar daripada penilaian pengetahuan dan keterampilan.

B.
penilaian sikap tidak harus dinilai pada setiap KD dan bertujuan membina, memperbaiki, dan mengembangkan sikap dan karakter peserta didik.

C.
penilaian sikap diarahkan untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan peserta didik tentang sikap yang baik dan sikap yang perlu bimbingan.

D.
penilaian pengetahuan dan keterampilan dilakukan untuk setiap KD dengan menggunakan hanya satu  teknik dan instrumen penilaian.
7
Karakteristik silabus pada implementasi Kurikulum 2013 setelah penyempurnaan yaitu ….

A.
berisi aspek yang lengkap sehingga mempermudah pendidik dalam menyusun RPP.

B.
hanya menyajikan  aspek KD, Materi Pokok, dan Pembelajaran.

C.
Disajikan secara sederhana sehingga mudah dipahami.

D.
Kurang detail dan kurang memberi peluang kreativitas guru.
8
Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan.

1)
Kemampuan berpikir mencakup: mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

2)
Kemampuan belajar mencakup: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

3)
Kemampuan pikir dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar.

4)
Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik.

Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka ….

A.
(1), (2), dan (3)

B.
(1), (2), dan (4)

C.
(1), (3), dan (4)

D.
(2), (3), dan (4)
9
Berikut terkait dengan tahap MENGAMATI dalam pembelajaran yang menerapkan metode saintifik, kecuali ....

A.
siswa mengumpulkan data yang relevan dengan pertanyaan atau KD

B.
siswa mengamati fenomenon dengan indera dengan atau tanpa alat

C.
siswa menemukan apa saja yang belum diketahui terkait fenomenon

D.
yang diamati adalah fenomenon alami atau disajikan melalui video/audio/gambar
10
Kegiatan pembelajaran dengan langkah-langkah merumuskan pertanyaan (masalah), membuat rancangan pengumpulan data/informasi, mengumpulkan data/informasi dengan teknik yang sesuai dan menganalisis data/informasi, merumuskan simpulan (menjawab pertanyaan), dan menerapkan/menggunakan “temuan” dalam kehidupan dikenal sebagai ....

A.
inquiry/discovery learning

B.
problem-based learning

C.
cooperative learning

D.
project-based learning

Artikel Terkait :

1 Response to "SOAL LATIHAN PRE TEST"