MATERI PEDAGOGIK PPPK TAHUN 2021 SEMUA MATA PELAJARAN

 


Bismillahirrohmannirrohim…puji syukur kehadirat Allah SWT yang selalu senantiasa memberikan nikmatnya kepada kita semua, sehingga kita masih bisa menjalankan aktifitas sehari-hari ini. Sholawat serta salam  marilah kita selalu curahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW yang sudah membimbing kita dari jaman kegelapan ke jaman terang benderang seperti saat ini. Pada kesempatan kali ini penulis mencoba berbagi kembali tentang seputar soal PPPK, kali ini penulis mencoba berbagi soal-soal Pedagogik untuk semua mata pelajaran yang bersumber dari LSM SIM GURU BELAJAR, baiklah untuk silahkan baca baik-baik soal di bawah ini untuk berlatih menghadapi P3K, dan semoga diberi kemudahan-kemudahan untuk bisa lulus semua..aamiinn.

 

DASAR KOMUNIKASI

Kemampuan seseorang untuk mengetahui apa yang dialami orang lain pada saat tertentu, dari sudut pandang dan perspektif orang lain disebut….

a. Simpatik

b. Clarity

c. Prasangka

d. Skill

e. Empatik

 

Supaya komunikasi berjalan dengan efektif, penting bagi komunikator (guru) memahami aspek-aspek dibawah ini, kecuali …

a. Waktu yang tepat untuk suatu pesan

b. Bahasa yang digunakan harus dapat dimengerti oleh komunikan;

c. Sikap dan nilai yang ditampilkan harus dapat menumbuhkan kepercayaan bagi guru/komunikator;

d. Memilah-milah jenis kelompok sasaran di mana komunikasi akan dilakukan

 

PESERTA DIDIK

Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:

a. Media grafis

b. Media cetak

c. Media poster

d. Media benda nyata

e. Media gambar

 

Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

a. Mewarnai pola

b. Meronce membuat kalung

c. Menendang bola

d. Memasang puzzle

e. Menjiplak huruf

 

Salah satu tahap diagnostik kesulitan belajar adalah tahap diagnosis analitik. Pada tahap ini biasa digunakan tes diagnosis atau tes prestasi belajar. Tujuan dari tahap diagnosis analitis adalah untuk mengidentifikasi masalah yaitu untuk mengetahui...

Select one:

a. faktor penyebab kesulitan belajar anak

b. menandai anak yang mengalami kesulitan belajar

c. letak kelemahan-kelemahan itu terjadi

d. jenis kesulitan belajar yang dialami anak

 

Salsabila yang duduk di kelas 2 SD menunjukkan prestasi belajar yang rendah hampir di semua bidang studi dan jarang dapat menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan. Namun Salsabila mempunyai catatan kehadiran, kerajinan, dan ketekunan yang bagus, serta sikap belajar yang positif. Faktor penyebab kesulitan belajar Salsabila diperkirakan pada...

Select one:

a. tingkat kecerdasan yang rendah

b. bakat siswa yang rendah

c. motivasi belajar yang kurang baik

d. minat belajar yang kurang baik

 

Ismail siswa kelas II SD mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan kognitif...

Select one:

a. operasional konkret

b. pra-operasional

c. operasional formal

d. pre-operasional

 

Perkembangan dipengaruhi oleh faktor pembawaan, kematangan dan lingkungan, sehingga terjadi keragaman individual. Keragaman individual peserta didik dalam kecakapan potensial harus menjadi pertimbangan bagi guru dalam...

Select one:

a. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan peserta didik

b. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman prestasi belajar peserta didik

c. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman pengetahuan peserta didik

d. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kematangan peserta didik

 

Prestasi Amir pada sebagian besar bidang studi di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis himpunan data Amir memiliki potensi mental intelektualnya di atas rata-rata. Amir diduga memiliki kesulitan belajar dan termasuk anak yang...

Select one:

a. peserta didik termasuk anak yang lambat belajar

b. Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya

c. prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya

d. prestasinya rendah karena sikap kebiasaan belajarnya negatif

 

Prestasi Amir pada sebagian besar bidang studi di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis himpunan data Amir memiliki potensi mental intelektualnya di atas rata-rata. Amir diduga memiliki kesulitan belajar dan termasuk anak yang...

Select one:

a. prestasinya rendah karena sikap kebiasaan belajarnya negatif

b. prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya

c. Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya

d. peserta didik termasuk anak yang lambat belajar

 

Dicky tidak disukai oleh teman-temannya karena memiliki sikap kurang menghargai orang lain, suka berbicara kasar, agresif dan suka mengganggu orang lain. Bedasarkan ciri-ciri perilaku tersebut diduga status hubungan sosial Dicky termasuk...

Select one:

a. anak yang diabaikan

b. anak yang kontroversial

c. anak yang ditolak

d. anak yang diterima

 

Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir...

Select one:

a. konvergen

b. divergen

c. logis

d. vertical

 

Prestasi Musa di sebagian besar bidang studi di atas KKM, terutama IPA. Ulangannya yang selalu mendekati nilai sempurna didukung oleh kegemarannya membaca. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk mengembangkan bakat Musa?

Select one:

a. dijadikan pendidik sebaya untuk membantu teman-temannya yang kesulitan belajar

b. memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai minatnya

c. memberikan berbagai tugas mandiri sekaligus melatih keterampilan belajarnya

d. memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai bakatnya

 

Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah...

Select one:

a. memperkirakan penyebab

b. memperkirakan tindakan

c. identifikasi kasus

d. identifikasi masalah

 

Bu Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda, kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir...

Select one:

a. logis

b. vertical

c. konvergen

d. divergen

 

Prestasi Musa di sebagian besar bidang studi di atas KKM, terutama IPA. Ulangannya yang selalu mendekati nilai sempurna didukung oleh kegemarannya membaca. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk mengembangkan bakat Musa?

Select one:

a. memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai bakatnya

b. memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai minatnya

c. dijadikan pendidik sebaya untuk membantu teman-temannya yang kesulitan belajar

d. memberikan berbagai tugas mandiri sekaligus melatih keterampilan belajarnya

 

Perkembangan dipengaruhi oleh faktor pembawaan, kematangan dan lingkungan, sehingga terjadi keragaman individual. Keragaman individual peserta didik dalam kecakapan potensial harus menjadi pertimbangan bagi guru dalam...

Select one:

a. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kematangan peserta didik

b. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan peserta didik

c. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman prestasi belajar peserta didik

d. merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman pengetahuan peserta didik

 

Beberapa siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah...

Select one:

a. memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran

b. melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai kebutuhan

c. menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran

d. memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan

 

Setiap anak memiliki potensi kreatif meskipun dalam tingkatan yang berbeda. Namun kreativitas berkembang karena faktor lingkungan. Apabila akan mengembangkan kreativitas siswa, maka guru hendaknya merancang pembelajaran yang kondusif. Pembelajaran yang dapat memfasilitasi berkembangnya kreativitas anak adalah...

Select one:

a. fleksibel dan permisif

b. fleksibel dan sesuai bakat

c. demokratis dan sesuai bakat

d. demokratis dan permisif

 

Salah satu tahap diagnostik kesulitan belajar adalah tahap diagnosis analitik. Pada tahap ini biasa digunakan tes diagnosis atau tes prestasi belajar. Tujuan dari tahap diagnosis analitis adalah untuk mengidentifikasi masalah yaitu untuk mengetahui...

Select one:

a. letak kelemahan-kelemahan itu terjadi

b. faktor penyebab kesulitan belajar anak

c. jenis kesulitan belajar yang dialami anak

d. menandai anak yang mengalami kesulitan belajar

 

Toni sering berjalan-jalan ketika belajar, mengganggu teman-teman yang sedang belajar, dan membuat masalah di kelas. Gejala tersebut menunjukkan Toni memiliki kesulitan belajar dalam aspek penyesuaian...

Select one:

a. Moral

b. Diri

c. Emosi

d. Sosial

 

Ibu Fatimah merancang pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik kemampuan dasar anggota kelompok. Hal yang dilakukan oleh Ibu Fatimah merupakan implementasi pendidikan dari prinsip perkembangan, yaitu...

Select one:

a. variasi dari tempo dan irama perkembangan

b. pola perkembangan memiliki keragaman

c. perkembangan berproses secara bertahap

d. perkembangan bersifat maju berkelanjutan

 

Di kelas Bu Rani, ada beberapa anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama. Ciri-ciri perilaku peserta didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki...

Select one:

a. keterampilan sosialisasi yang rendah

b. kemampuan menghargai diri yang rendah

c. keterampilan sosial yang rendah

d. kemampuan berkomunikasi yang rendah

 

Pembelajaran sebaiknya dilakukan dari materi sederhana ke kompleks, mudah ke sulit, dan diorganisasikan agar terlaksananya prinsip belajar tuntas dan maju berkelanjutan. Hal ini merupakan implikasi pendidikan dari prinsip/ hukum perkembangan...

Select one:

a. perkembangan berlangsung secara bertahap

b. variasi dalam tempo perkembangan

c. keragaman dalam irama perkembangan

d. awalnya differensiasi akhirnya integrasi

 

KEGIATAN INTI

Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….

Select one:

 a. kegiatan inti

 b. refleksi

 c. pendahuluan

 d. penutup

 

Fungsi utama mengajukan pertanyaan kepada siswa dalam proses pembelajaran yaitu untuk ….

Select one:

a. Mengajak siswa untuk berpikir dan bernalar

b. Memenuhi rasa ingin tahu siswa

c. Mengetahui keinginan siswa

d. Menempatkan siswa sebagai subjek belajar

 

Pada pendekatan pembelajaran saintifik, keterampilan komunikasi siswa dapat dilihat dan diukur (dinilai) pada kegiatan di bawah ini, kecuali …

Select one:

a. Mendiskusikan suatu masalah

b. Mencoba atau bereksperimen

c. Mepresentasikan hasil diskusi

d. Mengumpulkan data

 

Hal yang tidak termasuk ke dalam jenis komunikasi non verbal adalah …

Select one:

a. Ekepresi wajah

b. Gerakan tubuh

c. Bahasa yang digunakan

d. Intonasi suara

 

Salah satu kelebihan komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tatap muka (direct communication) adalah …

Select one:

a. Komunikator dan komunikan dapat mengatur topik yang akan dibicarakan

b. Komunikator akan mudah memprediksi respon yang terjadi pada komunikan

c. Komunikator dan komunikan mengetahui respon secara langsung pada saat komunikasi berlangsung

d. Komunikator dan komunikan bisa saling menyapa langsung

 

Komunikasi itu merupakan proses simbolik. Pernyataan ini merupakan …

Select one:

a. Prinsip komunikasi

b. Istilah komunikasi

c. Tujuan komunikasi

d. Bentuk komunikasi

 

Pada saat tertentu, siswa tidak akan memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru ketika dia menganggap penjelasan guru semakin tidak jelas, semakin bingung, bahkan semakin stress. Hal ini merupakan hambatan komunikasi antara guru dan siswa dalam bentuk ....

Select one:

a. gangguan mekanik

b. gangguan fisik

c. gangguan semantik

d. gangguan kepentingan

 

Berdasarkan kuantitas orang yang terlibat dalam proses komunikasi, komunikasi di golongkan menjadi beberapa jenis, yaitu …

Select one:

a. Komunikasi massa, komunikasi publik, komunikasi media

b. Komunikasi intrapersonal, komunikasi internasional, komunikasi kelompok

c. Komunikasi kelompok, komunikasi persuasif, komunikasi koersif

d. Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa

 

Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi.

Select one:

a. Pespekstif

b. Prasangka

c. Persepsi

d. Tujuan

 

Secara sederhana komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. Diagram yang menunjukkan komunikasi efektif adalah....

Select one:

a. Action --------> understanding Perception -----> interpretation

b. Perception -----> interpretation --------> action -------> understanding

c. Perception -----> interpretation --------> understanding -------> action

d. Action ----perception -----> interpretation --------> understanding

 

Seorang guru dituntut memiliki kemampuan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Diantara pernyataan di bawah ini, manakah yang kurang tepat mengenai fungsi pertanyaan dalam pembelajaran?

Select one:

a. merangsang siswa mencari bahan yang lebih banyak (ekslplorasi)

b. mendorong minat dan motivasi siswa untuk berparsipasi aktif dalam pembelajaran

c. mengembangkan dan membangun konsep diri siswa secara individu

d. mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok pelajaran

 

Perhatikan kata (istilah) “likuid” dalam pebelajaran IPA, dengan kata (istilah) “likuid”/”likuiditas” dalam pembelajaran IPS. Istilah tersebut  memiliki arti yang berbeda dengan konteks masing-masing. Kesalahan memahami suatu istilah dapat menghambat dalam proses komunikasi pembelajaran. Hambatan ini biasa disebut ….

Select one:

a. Hambatan lisan

b. Hambatan semantik

c. Hambatan budaya

d. Hambatan personal

 

Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran yang akan dilakukan bersama-sama di suatu kelas, disampaikan oleh guru pada kegiatan …

Select one:

a. Kegiatan apersepsi

b. Kegiatan pendahuluan

c. Kegiatan inti pembelajaran

d. Kegiatan penutup

 

Indikator keterampilan komunikasi melalui presentasi hasil kerja ilmiah yang dilakukan oleh siswa dapat diukur melalui aspek-aspek di bawah ini, yaitu …

Select one:

a. Siswa mengumpulkan bukti-bukti hasil pengamatannya

b. Siswa mengungkapkan data yang diperoleh dari pengamatan

c. Siswa bekerja sama mendiskusikan temuan di lapangan

d. Siswa melakukan praktikum percobaan di kelompok

 

Bagi yang memerlukan soal dan jawaban tersebut di atas silahkan download link di bawah ini semoga bermanfaat.

 

 

Download Jawaban Dasar Komunikasi

 

 

Download Jawaban Kegiatan Inti

 

 

Download Jawaban Peserta Didik

Artikel Terkait :

1 Response to "MATERI PEDAGOGIK PPPK TAHUN 2021 SEMUA MATA PELAJARAN"

  1. Ass wr wb, mhn ijin download soal p3k mudah2an barokah.. amin trims wss wr wb

    ReplyDelete