Bismillahirrohmannirrohim…puji
syukur kehadirat Allah SWT yang selalu senantiasa memberikan nikmatnya kepada
kita semua, sehingga kita masih bisa menjalankan aktifitas sehari-hari ini.
Sholawat serta salam marilah kita selalu
curahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW yang sudah membimbing kita
dari jaman kegelapan ke jaman terang benderang seperti saat ini. Pada
kesempatan kali ini penulis mencoba berbagi kembali tentang seputar soal PPPK,
kali ini penulis mencoba berbagi soal-soal Pedagogik untuk semua mata pelajaran
yang bersumber dari LSM SIM GURU BELAJAR, baiklah untuk silahkan baca baik-baik
soal di bawah ini untuk berlatih menghadapi P3K, dan semoga diberi
kemudahan-kemudahan untuk bisa lulus semua..aamiinn.
DASAR
KOMUNIKASI
Kemampuan
seseorang untuk mengetahui apa yang dialami orang lain pada saat tertentu, dari
sudut pandang dan perspektif orang lain disebut….
a.
Simpatik
b.
Clarity
c.
Prasangka
d.
Skill
e.
Empatik
Supaya
komunikasi berjalan dengan efektif, penting bagi komunikator (guru) memahami
aspek-aspek dibawah ini, kecuali …
a.
Waktu yang tepat untuk suatu pesan
b.
Bahasa yang digunakan harus dapat dimengerti oleh komunikan;
c.
Sikap dan nilai yang ditampilkan harus dapat menumbuhkan kepercayaan bagi
guru/komunikator;
d.
Memilah-milah jenis kelompok sasaran di mana komunikasi akan dilakukan
PESERTA
DIDIK
Perkembangan
kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkrit,
sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan
gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika
disertai dengan menggunakan:
a.
Media grafis
b.
Media cetak
c.
Media poster
d.
Media benda nyata
e.
Media gambar
Pada
suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan
aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk
melakukan kegiatan:
a.
Mewarnai pola
b.
Meronce membuat kalung
c.
Menendang bola
d.
Memasang puzzle
e.
Menjiplak huruf
Salah
satu tahap diagnostik kesulitan belajar adalah tahap diagnosis analitik. Pada
tahap ini biasa digunakan tes diagnosis atau tes prestasi belajar. Tujuan dari
tahap diagnosis analitis adalah untuk mengidentifikasi masalah yaitu untuk
mengetahui...
Select
one:
a.
faktor penyebab kesulitan belajar anak
b.
menandai anak yang mengalami kesulitan belajar
c.
letak kelemahan-kelemahan itu terjadi
d.
jenis kesulitan belajar yang dialami anak
Salsabila
yang duduk di kelas 2 SD menunjukkan prestasi belajar yang rendah hampir di
semua bidang studi dan jarang dapat menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah
ditentukan. Namun Salsabila mempunyai catatan kehadiran, kerajinan, dan
ketekunan yang bagus, serta sikap belajar yang positif. Faktor penyebab
kesulitan belajar Salsabila diperkirakan pada...
Select
one:
a.
tingkat kecerdasan yang rendah
b.
bakat siswa yang rendah
c.
motivasi belajar yang kurang baik
d.
minat belajar yang kurang baik
Ismail
siswa kelas II SD mampu mengurutkan benda dengan mudah berdasarkan ukuran
panjang dari yang terpendek sampai dengan terpanjang, namun agak kesulitan
menyusun dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan Ismail mengurutkan
panjang benda tersebut merupakan kemampuan berpikir pada tahap perkembangan
kognitif...
Select
one:
a.
operasional konkret
b.
pra-operasional
c.
operasional formal
d.
pre-operasional
Perkembangan
dipengaruhi oleh faktor pembawaan, kematangan dan lingkungan, sehingga terjadi
keragaman individual. Keragaman individual peserta didik dalam kecakapan
potensial harus menjadi pertimbangan bagi guru dalam...
Select
one:
a.
merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan
peserta didik
b.
merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman prestasi belajar
peserta didik
c.
merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman pengetahuan
peserta didik
d.
merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kematangan peserta
didik
Prestasi
Amir pada sebagian besar bidang studi di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis
himpunan data Amir memiliki potensi mental intelektualnya di atas rata-rata.
Amir diduga memiliki kesulitan belajar dan termasuk anak yang...
Select
one:
a.
peserta didik termasuk anak yang lambat belajar
b.
Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya
c.
prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya
d.
prestasinya rendah karena sikap kebiasaan belajarnya negatif
Prestasi
Amir pada sebagian besar bidang studi di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis
himpunan data Amir memiliki potensi mental intelektualnya di atas rata-rata.
Amir diduga memiliki kesulitan belajar dan termasuk anak yang...
Select
one:
a.
prestasinya rendah karena sikap kebiasaan belajarnya negatif
b.
prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya
c.
Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya
d.
peserta didik termasuk anak yang lambat belajar
Dicky
tidak disukai oleh teman-temannya karena memiliki sikap kurang menghargai orang
lain, suka berbicara kasar, agresif dan suka mengganggu orang lain. Bedasarkan
ciri-ciri perilaku tersebut diduga status hubungan sosial Dicky termasuk...
Select
one:
a.
anak yang diabaikan
b.
anak yang kontroversial
c.
anak yang ditolak
d.
anak yang diterima
Bu
Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan
dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda,
kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan
kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang
digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir...
Select
one:
a.
konvergen
b.
divergen
c.
logis
d.
vertical
Prestasi
Musa di sebagian besar bidang studi di atas KKM, terutama IPA. Ulangannya yang
selalu mendekati nilai sempurna didukung oleh kegemarannya membaca. Apa yang
sebaiknya dilakukan oleh guru untuk mengembangkan bakat Musa?
Select
one:
a.
dijadikan pendidik sebaya untuk membantu teman-temannya yang kesulitan belajar
b.
memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan
sesuai minatnya
c.
memberikan berbagai tugas mandiri sekaligus melatih keterampilan belajarnya
d.
memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan
sesuai bakatnya
Pak
Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa
siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan
untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk
mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan
langkah...
Select
one:
a.
memperkirakan penyebab
b.
memperkirakan tindakan
c.
identifikasi kasus
d.
identifikasi masalah
Bu
Ani bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui curah gagasan
dengan kantong ide. Setiap siswa membawa kantong ide berisi satu benda,
kemudian kantong ide ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan
kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong ide tersebut. Cara yang
digunakan Bu Ani dapat mengembangkan keterampilan berpikir...
Select
one:
a.
logis
b.
vertical
c.
konvergen
d.
divergen
Prestasi
Musa di sebagian besar bidang studi di atas KKM, terutama IPA. Ulangannya yang
selalu mendekati nilai sempurna didukung oleh kegemarannya membaca. Apa yang
sebaiknya dilakukan oleh guru untuk mengembangkan bakat Musa?
Select
one:
a.
memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan
sesuai bakatnya
b.
memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan
sesuai minatnya
c.
dijadikan pendidik sebaya untuk membantu teman-temannya yang kesulitan belajar
d.
memberikan berbagai tugas mandiri sekaligus melatih keterampilan belajarnya
Perkembangan
dipengaruhi oleh faktor pembawaan, kematangan dan lingkungan, sehingga terjadi
keragaman individual. Keragaman individual peserta didik dalam kecakapan
potensial harus menjadi pertimbangan bagi guru dalam...
Select
one:
a.
merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kematangan peserta
didik
b.
merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan
peserta didik
c.
merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman prestasi belajar
peserta didik
d.
merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman pengetahuan
peserta didik
Beberapa
siswa Pak Usman memiliki IQ pada taraf normal bawah dan seringkali harus
mengikuti remedial, terutama materi yang memerlukan keterampilan berpikir
tingkat tinggi. Namun pada materi yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat
rendah, ketiganya mampu mencapai batas ketuntasan. Upaya Pak Usman
mengembangkan potensi terbaik ketiga siswa tersebut adalah...
Select
one:
a.
memberikan waktu lebih di luar kelas untuk menyelesaikan target pembelajaran
b.
melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk yang fleksibel sesuai
kebutuhan
c.
menyediakan tambahan fasilitas dalam bentuk tutor sebaya saat pembelajaran
d.
memfasilitasi pembelajaran yang mengembangkan bentuk potensi keterampilan
Setiap
anak memiliki potensi kreatif meskipun dalam tingkatan yang berbeda. Namun
kreativitas berkembang karena faktor lingkungan. Apabila akan mengembangkan
kreativitas siswa, maka guru hendaknya merancang pembelajaran yang kondusif.
Pembelajaran yang dapat memfasilitasi berkembangnya kreativitas anak adalah...
Select
one:
a.
fleksibel dan permisif
b.
fleksibel dan sesuai bakat
c.
demokratis dan sesuai bakat
d.
demokratis dan permisif
Salah
satu tahap diagnostik kesulitan belajar adalah tahap diagnosis analitik. Pada
tahap ini biasa digunakan tes diagnosis atau tes prestasi belajar. Tujuan dari
tahap diagnosis analitis adalah untuk mengidentifikasi masalah yaitu untuk
mengetahui...
Select
one:
a.
letak kelemahan-kelemahan itu terjadi
b.
faktor penyebab kesulitan belajar anak
c.
jenis kesulitan belajar yang dialami anak
d.
menandai anak yang mengalami kesulitan belajar
Toni
sering berjalan-jalan ketika belajar, mengganggu teman-teman yang sedang
belajar, dan membuat masalah di kelas. Gejala tersebut menunjukkan Toni
memiliki kesulitan belajar dalam aspek penyesuaian...
Select
one:
a.
Moral
b.
Diri
c.
Emosi
d.
Sosial
Ibu
Fatimah merancang pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik kemampuan
dasar anggota kelompok. Hal yang dilakukan oleh Ibu Fatimah merupakan
implementasi pendidikan dari prinsip perkembangan, yaitu...
Select
one:
a.
variasi dari tempo dan irama perkembangan
b.
pola perkembangan memiliki keragaman
c.
perkembangan berproses secara bertahap
d.
perkembangan bersifat maju berkelanjutan
Di
kelas Bu Rani, ada beberapa anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki
teman, kurang mampu berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama. Ciri-ciri
perilaku peserta didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki...
Select
one:
a.
keterampilan sosialisasi yang rendah
b.
kemampuan menghargai diri yang rendah
c.
keterampilan sosial yang rendah
d.
kemampuan berkomunikasi yang rendah
Pembelajaran
sebaiknya dilakukan dari materi sederhana ke kompleks, mudah ke sulit, dan
diorganisasikan agar terlaksananya prinsip belajar tuntas dan maju
berkelanjutan. Hal ini merupakan implikasi pendidikan dari prinsip/ hukum
perkembangan...
Select
one:
a.
perkembangan berlangsung secara bertahap
b.
variasi dalam tempo perkembangan
c.
keragaman dalam irama perkembangan
d.
awalnya differensiasi akhirnya integrasi
KEGIATAN
INTI
Pertanyaan
yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga
perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….
Select
one:
a. kegiatan inti
b. refleksi
c. pendahuluan
d. penutup
Fungsi
utama mengajukan pertanyaan kepada siswa dalam proses pembelajaran yaitu untuk
….
Select
one:
a.
Mengajak siswa untuk berpikir dan bernalar
b.
Memenuhi rasa ingin tahu siswa
c.
Mengetahui keinginan siswa
d.
Menempatkan siswa sebagai subjek belajar
Pada
pendekatan pembelajaran saintifik, keterampilan komunikasi siswa dapat dilihat
dan diukur (dinilai) pada kegiatan di bawah ini, kecuali …
Select
one:
a.
Mendiskusikan suatu masalah
b.
Mencoba atau bereksperimen
c.
Mepresentasikan hasil diskusi
d.
Mengumpulkan data
Hal
yang tidak termasuk ke dalam jenis komunikasi non verbal adalah …
Select
one:
a.
Ekepresi wajah
b.
Gerakan tubuh
c.
Bahasa yang digunakan
d.
Intonasi suara
Salah
satu kelebihan komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tatap muka (direct
communication) adalah …
Select
one:
a.
Komunikator dan komunikan dapat mengatur topik yang akan dibicarakan
b.
Komunikator akan mudah memprediksi respon yang terjadi pada komunikan
c.
Komunikator dan komunikan mengetahui respon secara langsung pada saat
komunikasi berlangsung
d.
Komunikator dan komunikan bisa saling menyapa langsung
Komunikasi
itu merupakan proses simbolik. Pernyataan ini merupakan …
Select
one:
a.
Prinsip komunikasi
b.
Istilah komunikasi
c.
Tujuan komunikasi
d.
Bentuk komunikasi
Pada
saat tertentu, siswa tidak akan memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru
ketika dia menganggap penjelasan guru semakin tidak jelas, semakin bingung,
bahkan semakin stress. Hal ini merupakan hambatan komunikasi antara guru dan
siswa dalam bentuk ....
Select
one:
a.
gangguan mekanik
b.
gangguan fisik
c.
gangguan semantik
d.
gangguan kepentingan
Berdasarkan
kuantitas orang yang terlibat dalam proses komunikasi, komunikasi di golongkan
menjadi beberapa jenis, yaitu …
Select
one:
a.
Komunikasi massa, komunikasi publik, komunikasi media
b.
Komunikasi intrapersonal, komunikasi internasional, komunikasi kelompok
c.
Komunikasi kelompok, komunikasi persuasif, komunikasi koersif
d.
Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa
Perhatikan
contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada
kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik
oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi
apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke
tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya
untuk menyamakan … dalam komunikasi.
Select
one:
a.
Pespekstif
b.
Prasangka
c.
Persepsi
d.
Tujuan
Secara
sederhana komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh
pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima.
Diagram yang menunjukkan komunikasi efektif adalah....
Select
one:
a.
Action --------> understanding Perception -----> interpretation
b.
Perception -----> interpretation --------> action ------->
understanding
c.
Perception -----> interpretation --------> understanding ------->
action
d.
Action ----perception -----> interpretation --------> understanding
Seorang
guru dituntut memiliki kemampuan keterampilan bertanya dalam proses
pembelajaran. Diantara pernyataan di bawah ini, manakah yang kurang tepat
mengenai fungsi pertanyaan dalam pembelajaran?
Select
one:
a.
merangsang siswa mencari bahan yang lebih banyak (ekslplorasi)
b.
mendorong minat dan motivasi siswa untuk berparsipasi aktif dalam pembelajaran
c.
mengembangkan dan membangun konsep diri siswa secara individu
d.
mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok pelajaran
Perhatikan
kata (istilah) “likuid” dalam pebelajaran IPA, dengan kata (istilah)
“likuid”/”likuiditas” dalam pembelajaran IPS. Istilah tersebut memiliki arti yang berbeda dengan konteks
masing-masing. Kesalahan memahami suatu istilah dapat menghambat dalam proses
komunikasi pembelajaran. Hambatan ini biasa disebut ….
Select
one:
a.
Hambatan lisan
b.
Hambatan semantik
c.
Hambatan budaya
d.
Hambatan personal
Menyampaikan
tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran
yang akan dilakukan bersama-sama di suatu kelas, disampaikan oleh guru pada
kegiatan …
Select
one:
a.
Kegiatan apersepsi
b.
Kegiatan pendahuluan
c.
Kegiatan inti pembelajaran
d.
Kegiatan penutup
Indikator
keterampilan komunikasi melalui presentasi hasil kerja ilmiah yang dilakukan
oleh siswa dapat diukur melalui aspek-aspek di bawah ini, yaitu …
Select
one:
a.
Siswa mengumpulkan bukti-bukti hasil pengamatannya
b.
Siswa mengungkapkan data yang diperoleh dari pengamatan
c.
Siswa bekerja sama mendiskusikan temuan di lapangan
d.
Siswa melakukan praktikum percobaan di kelompok
Bagi
yang memerlukan soal dan jawaban tersebut di atas silahkan download link di
bawah ini semoga bermanfaat.
Download Jawaban Dasar Komunikasi
Download Jawaban Kegiatan Inti
Ass wr wb, mhn ijin download soal p3k mudah2an barokah.. amin trims wss wr wb
ReplyDelete