Bismillahirrohmannirohiim...Alhamdulillah puji syukur senantiasa penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang selalu memberikan nikat sehat, nikmat iman kepada penulis, sehingga pada masa-masa pandemi covid 19 ini masih diberi kesempatan untuk selalu berbagi file-file tentang pendidikan, sholawat serta salam marilah kita selalu panjatkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Muhammad SAW berserta pengikutnya hingga akhir zaman. Ijinkanlah saya atas nama penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU membagikan file tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Tingkat SMP/MTs.
Sebelum membahas tentang KI dan
KD, kita tentu tahu bahwa tujuan kurikulum 2013 mencakup empat kompetensi,
yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Pada rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu
“Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi
peserta didik.
Pada masa penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap yang dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung kita dapat menggunakan sebagai bahan pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Adapun salah satu contoh Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas VII Tingkat SMP/MTs, dapat dirumuskan sebagaimana berikut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
3.1. Mengidentifikasi informasi
dalam teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial
di sekitar siswa) yang di dengar dan di baca
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
4.1. Menjelaskan isi teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) yang di dengar dan di baca secara lisan, tulis, dan visual.
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
3.2. Menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa
alam/sosial di sekitar siswa) yang di dengar dan di baca.
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
4.2. Menyajikan data, gagasan,
kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa
alam/sosial di sekitar siswa) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
3.3. Menelaah struktur dan
kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang di baca dan di dengar
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
4.3. Menyajikan gagasan kreatif
dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan
struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
3.4. Mengidentifikasi teks
prosedur tentang cara melakukan
sesuatu dari informasi yang di baca dan
di dengar
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
4.4. Menyimpulkan isi teks
prosedur tentang cara melakukan
sesuatu dari informasi yang di baca dan
di dengar
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
3.5. Menelaah struktur dan
aspek kebahasaan teks prosedur
tentang cara melakukan sesuatu dari berbagai sumber yang di baca dan
didengar
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
4.5. Menyajikan data rangkaian
kegiatan tentang cara melakukan sesuatu dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
3.6. Mengidentifikasi informasi
(kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan
surat dinas yang di baca dan di dengar
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
4.6 Menyimpulkan isi (kabar,
keperluan, permintaan,dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang
dibaca atau diperdengarkan
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
3.7. Menelaah unsur-unsur dan
kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang di baca dan di dengar
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
3.7. Menelaah unsur-unsur dan
kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang di baca dan di dengar.
Untuk
lebih jelasnya bagi yang membutuhkan KI dan KD Tingkat SMP/MTs silahkan
download link di bawah ini, semoga bisa bermanfaat...aamiinn
Download KI dan KD Bahasa Indonesia Tingkat SMP/MTs
Download KI dan KD IPA Tingkat SMP/MTs
Download KI dan KD IPS Tingkat SMP/MTs
Download KI dan KD Matematika Tingkat SMP/MTs
Download KI dan KD PKn Tingkat SMP/MTs
Download KI dan KD Penjaskes Tingkat SMP/MTs
Download KI dan KD Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Tingkat SMP/MTs
Download KI dan KD Bahasa Inggris Tingkat SMP/MTs
Download KI dan KD Seni Budaya Tingkat SMP/MTs
Download KI dan KD PrakaryaTingkat SMP/MTs
0 Response to "KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR TINGKAT SMP/MTs SEMUA MATA PELAJARAN"
Post a Comment