KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR TINGKAT SMP/MTs SEMUA MATA PELAJARAN


Bismillahirrohmannirohiim...Alhamdulillah puji syukur senantiasa penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang selalu memberikan nikat sehat, nikmat iman kepada penulis, sehingga pada masa-masa pandemi covid 19 ini masih diberi kesempatan untuk selalu berbagi file-file tentang pendidikan, sholawat serta salam marilah kita selalu panjatkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Muhammad SAW berserta pengikutnya hingga akhir zaman. Ijinkanlah saya atas nama penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU membagikan file tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Tingkat SMP/MTs.

Sebelum membahas tentang KI dan KD, kita tentu tahu bahwa tujuan kurikulum 2013 mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Pada  rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Pada masa penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap yang dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung kita dapat menggunakan sebagai bahan pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Adapun salah satu contoh Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas VII Tingkat SMP/MTs, dapat dirumuskan sebagaimana berikut.

 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)           

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

 

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai,  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN

3.1. Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) yang di dengar dan di baca

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

4.1. Menjelaskan isi teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) yang di dengar dan di baca secara lisan, tulis, dan visual.


KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN

3.2. Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) yang di dengar dan di baca.

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

4.2. Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang sesuatu (objek budaya atau peristiwa alam/sosial di sekitar siswa) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.

 

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN

3.3. Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang di baca dan di dengar

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

4.3. Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan

 

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN

3.4. Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara  melakukan sesuatu  dari informasi yang di baca dan di dengar

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

4.4. Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara  melakukan sesuatu  dari informasi yang di baca dan di dengar

 

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN

3.5. Menelaah struktur dan aspek kebahasaan  teks  prosedur  tentang cara melakukan sesuatu dari berbagai sumber yang di baca dan didengar

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

4.5. Menyajikan data rangkaian kegiatan tentang cara melakukan sesuatu dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis

 

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN

3.6. Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang di baca dan di dengar

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

4.6 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan,dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan

 

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN

3.7. Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang di baca dan di dengar

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

3.7. Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang di baca dan di dengar.

 

Untuk lebih jelasnya bagi yang membutuhkan KI dan KD Tingkat SMP/MTs silahkan download link di bawah ini, semoga bisa bermanfaat...aamiinn

 

Download KI dan KD Bahasa Indonesia Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD IPA Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD IPS Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD Matematika Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD PKn Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD Penjaskes Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD Bahasa Inggris Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD Seni Budaya Tingkat SMP/MTs

 

Download KI dan KD PrakaryaTingkat SMP/MTs

Artikel Terkait :

0 Response to "KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR TINGKAT SMP/MTs SEMUA MATA PELAJARAN"

Post a Comment