ADMINISTRASI SENI BUDAYA KELAS IX 1 LEMBAR SESUAI SURAT EDARAN MENDIKBUD 14 TAHUN 2019

Bismillahirohmannirrohiim...Alhamdulillah segala puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Illahi Robbi yang selalu memberikan nikmat sehat dan Iman kepada kita semua, sholawat serta salam marilah kita senantiasa panjatkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Besar Muhammad SAW, pada penulisan sebelumnya, penulis pernah mengupload tentang RPP Seni Budaya Kelas IX format Kurtilas terbaru, namun berganti waktu dan hari, RPP selalu mengalami perubahan dan perubahan, dan kali ini penulis mencoba membahas tentang bagaimana pembuatan administrasi pembelajaran seni budaya versi terbaru sesuai surat edaran mendikbud no. 14 tahun 2019.

 

Kita mungkin sudah tahu semua tentang bagaimana format penulisan RPP terbaru versi mendikbud No. 14 Tahun 2019, salah satu contohnya sebagai berikut untuk RPP Seni Budaya Kelas IX Aspek Seni Rupa  

 

Nama Sekolah Pendidikan      :  UPTD BLOG PRAKARYA INDRAMAYU

Mata Pelajaran/Tema               :  Seni Budaya

Aspek                                      :  Seni Rupa

Kelas/Semester                        :  XI/I

Materi Pokok                          :  Seni lukis dengan beragam media dan teknik

Alokasi Waktu                        :  3 Jam pelajaran @ 40 Menit  

 

1.      Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:

v  Peserta didik dapat memahami pengertian seni lukis secara benar

v  Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai tema dalam berkarya seni lukis secara benar

2.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

2.1.    Alat dan Bahan

2.1.1.      Alat dan Bahan

v  Penggaris, spidol, papan tulis

v  Laptop & infocus

v  Slde presentasi (ppt)

v  Pensil

v  Pensil arang

v  Pastel dan crayon

v  Tinta bak

v  Cat (pewarna)

v  Kuas

v  Pisau palet

v  Palet

2.1.2.      Pertanyaan    :

v  Mengajukan pertanyaan tentang : Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan  yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

Ø  Apa yang dimaksud dengan melukis?

Ø  Sebutkan pengertian dari aliran gaya lukisan Deformatif!

2.2.     Siswa berlatih praktik/mengerjakan tugas halaman buku

v  Mengamati obyek/kejadian,

mengamati dan memahami Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

mengunjungi laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan yang dapat diperoleh di internet

v  Mengumpulkan informasi

Ø menulis pada buku catatan informasi yang diperoleh tentang Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan

Ø mendownload artikel Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan yang lain di internet

v  Saling tukar informasi tentang  : Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

2.3.  Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan 

v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

2.4.Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran

2.4.1.      Kesimpulan Pembelajaran

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran

2.4.2.      Penilaian

1.      Teknik Penilaian :

Ø  Sikap

Ø  Pengetahuan

Ø  Keterampilan

2.      Pembelajaran Remedial

3.      Pembelajaran Pengayaan

 

 

Indramayu...............2020

Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran/Kelas

Kepala Sekolah

 

 

 

..........................                                                          .........................................

NIP.                                                                                        NIP.

Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap

 

Dari uraian di atas sudah jelas bahwa RPP Seni Budaya yang terbaru berbeda dengan RPP K13 sebelumnya, mungkin RPP Seni Budaya versi mendikbud No. 14 Tahun 2019 lebih simpel dan lebih praktis dari sebelumnya, oleh karena itu barangkali ada yang sedang membuthkan file administrasi seni budaya silahkan download link di bawah ini semoga bisa membantu Bapak/Ibu yang mengajar pada mata pelajaran Seni Budaya Kelas IX. Aamiinn

 

 Download KKM Seni Budaya Aspek Seni Rupa Kelas XI

 

Download KKM Seni Budaya Aspek Seni Musik Kelas XI

 

Download Silabus Seni Budaya Kelas IX

 

 

DOWNLOAD RPP 1 LEMBAR SENI BUDAYA KELAS IX SEMESTER I DAN II

 

ASPEK SENI RUPA SEMESTER I

 

Download Pertemuan Pertama

 

Download Pertemuan Kedua

 

Download Pertemuan Ketiga

 

Download Pertemuan Keempat

 

Download Pertemuan Kelima

 

Download Pertemuan Keenam

 

Download Pertemuan Ketujuh

 

Download Pertemuan Kedelapan

 

 

ASPEK SENI RUPA SEMESTER II

 

Download Pertemuan Pertama

 

Download Pertemuan Kedua

 

Download Pertemuan Ketiga

 

Download Pertemuan Keempat

 

Download Pertemuan Kelima

 

Download Pertemuan Keenam

 

Download Pertemuan Ketujuh

 

Download Pertemuan Kedelapan

 

Download Pertemuan Kesembilan

 

Download Pertemuan Kesepuluh

 

 

Untuk Seni Budaya Aspek Seni Musik Kelas IX silahkan download di sini :

 

ASPEK SENI MUSIK SEMESTER I

 

Download Pertemuan Pertama

 

Download Pertemuan Kedua

 

Download Pertemuan Ketiga

 

Download Pertemuan Keempat

 

Download Pertemuan Kelima

 

Download Pertemuan Keenam

 

Download Pertemuan Ketujuh

 

Download Pertemuan Kedelapan

 

 

ASPEK SENI MUSIK SEMESTER II

 

Download Pertemuan Pertama

 

Download Pertemuan Kedua

 

Download Pertemuan Ketiga

 

Download Pertemuan Keempat

 

Download Pertemuan Kelima

 

Download Pertemuan Keenam

 

Download Pertemuan Ketujuh

 

Download Pertemuan Kedelapan

 

Download Pertemuan Kesembilan

 

Download Pertemuan Kesepuluh

 

Demikian pembahasan masalah administrasi pembelajaran seni budaya kelas IX ini, semoga bermanfaat buat pelanggan setia BLOG PRAKARYA INDRAMAYU. Aamiin..

Artikel Terkait :

2 Responses to "ADMINISTRASI SENI BUDAYA KELAS IX 1 LEMBAR SESUAI SURAT EDARAN MENDIKBUD 14 TAHUN 2019"

  1. TERIMA KASIH, SANGAT MEMBANTU, SEMOGA SEHAT SELALU DAN PANJANG UMUR... AAMIIN

    ReplyDelete
  2. TERIMA KASIH, SANGAT MEMBANTU, SEMOGA SEHAT SELALU DAN PANJANG UMUR... AAMIIN

    ReplyDelete