Bismillahirohmannirrohiim...Alhamdulillah segala puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Illahi Robbi yang selalu memberikan nikmat sehat dan Iman kepada kita semua, sholawat serta salam marilah kita senantiasa panjatkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Besar Muhammad SAW, pada penulisan sebelumnya, penulis pernah mengupload tentang RPP Seni Budaya Kelas IX format Kurtilas terbaru, namun berganti waktu dan hari, RPP selalu mengalami perubahan dan perubahan, dan kali ini penulis mencoba membahas tentang bagaimana pembuatan administrasi pembelajaran seni budaya versi terbaru sesuai surat edaran mendikbud no. 14 tahun 2019.
Kita mungkin sudah tahu semua tentang bagaimana format penulisan RPP
terbaru versi mendikbud No. 14 Tahun 2019, salah satu contohnya sebagai berikut
untuk RPP Seni Budaya Kelas IX Aspek Seni Rupa
Nama Sekolah
Pendidikan : UPTD BLOG PRAKARYA INDRAMAYU
Mata Pelajaran/Tema :
Seni Budaya
Aspek : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/I
Materi Pokok : Seni lukis dengan beragam media dan teknik
Alokasi Waktu : 3 Jam pelajaran @ 40 Menit
1.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik
dapat:
v Peserta didik dapat memahami
pengertian seni lukis secara benar
v Peserta didik dapat mengidentifikasi
berbagai tema dalam berkarya seni lukis secara benar
2.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
2.1.
Alat dan Bahan
2.1.1.
Alat dan
Bahan
v Penggaris, spidol, papan tulis
v Laptop & infocus
v Slde presentasi (ppt)
v Pensil
v Pensil arang
v Pastel dan crayon
v Tinta bak
v Cat (pewarna)
v Kuas
v Pisau palet
v Palet
2.1.2.
Pertanyaan :
v Mengajukan pertanyaan tentang : Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan
melukis?
Ø Sebutkan
pengertian dari aliran gaya lukisan Deformatif!
2.2.
Siswa berlatih praktik/mengerjakan tugas
halaman buku
v Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dan memahami Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan
v Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi
laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel Pengertian
Lukisan dan Gaya Lukisan yang dapat diperoleh di internet
v Mengumpulkan informasi
Ø menulis
pada buku catatan informasi yang diperoleh tentang Pengertian Lukisan dan Gaya
Lukisan
Ø mendownload
artikel Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan yang lain di internet
v Saling tukar informasi tentang : Pengertian
Lukisan dan Gaya Lukisan dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
2.3. Siswa mempresentasikan hasil
kerja kelompok/individu
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
2.4.Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1.
Kesimpulan
Pembelajaran
Peserta didik menganalisa masukan,
tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
2.4.2.
Penilaian
1. Teknik Penilaian :
Ø Sikap
Ø Pengetahuan
Ø Keterampilan
2. Pembelajaran Remedial
3. Pembelajaran Pengayaan
Indramayu...............2020
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas
Kepala Sekolah
.......................... .........................................
NIP. NIP.
Catatan : Komponen
lainnya sebagai pelengkap
Dari uraian di atas sudah jelas bahwa RPP Seni Budaya yang terbaru
berbeda dengan RPP K13 sebelumnya, mungkin RPP Seni Budaya versi mendikbud No.
14 Tahun 2019 lebih simpel dan lebih praktis dari sebelumnya, oleh karena itu
barangkali ada yang sedang membuthkan file administrasi seni budaya silahkan
download link di bawah ini semoga bisa membantu Bapak/Ibu yang mengajar pada
mata pelajaran Seni Budaya Kelas IX. Aamiinn
Download KKM Seni Budaya Aspek Seni Musik Kelas XI
Download Silabus Seni Budaya Kelas IX
DOWNLOAD RPP 1 LEMBAR SENI BUDAYA KELAS IX SEMESTER I DAN II
ASPEK SENI RUPA SEMESTER I
ASPEK SENI RUPA SEMESTER II
Untuk Seni Budaya Aspek Seni Musik Kelas IX silahkan download di sini :
ASPEK SENI MUSIK SEMESTER I
ASPEK SENI MUSIK SEMESTER II
TERIMA KASIH, SANGAT MEMBANTU, SEMOGA SEHAT SELALU DAN PANJANG UMUR... AAMIIN
ReplyDeleteTERIMA KASIH, SANGAT MEMBANTU, SEMOGA SEHAT SELALU DAN PANJANG UMUR... AAMIIN
ReplyDelete