Bismillahirrohmannirrohim…Pertama-tama penulis ucapkan
terimakasih kepada yang telah memberikan sarannya untuk bisa menstransfer
file-file tentang dunia pendidikan tidak hanya pada tingkat SMP, melainkan
semua tingkat di dalam dunia pendidikan, dan kali ini penulis mencoba merilis
tentang Taksonomi Ranah Kompetensi untuk Tingkat SMK, kita tahu bahwa
kompetensi adalah seperangkat sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus
dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh Peserta Didik setelah mempelajari suatu
muatan pembelajaran, menamatkan suatu program, atau menyelesaikan satuan
pendidikan tertentu. Adapun acuan atau ciri dari kompetensi tercapai
adalah Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK) diantaranya adalah :
1. Kemampuan
yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan Kompetensi Dasar
pada Kompetensi Inti 1 dan Kompetensi Inti 2; dan
2. Kemampuan
yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan
Kompetensi Dasar pada Kompetensi Inti 3 dan Kompetensi Inti 4
Dalam Taksonomi dapat dimaknai sebagai seperangkat
prinsip klasifikasi atau struktur dan kategori ranah kemampuan tentang perilaku
peserta didik yang terbagi ke dalam ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Pembagian taksonomi hasil belajar dilakukan untuk mengukur perubahan perilaku
peserta didik selama proses belajar sampai pada pencapaian hasil belajar (untuk
pencapaian kompetensi lulusan) yang dirumuskan dalam aspek perilaku
(behaviour).
Klasifikasi perilaku hasil belajar berdasarkan
taksonomi Bloom disempurnakan oleh Anderson dan Krathwohl dikelompokan menjadi:
(1) Sikap (affective) yaitu perilaku, emosi dan perasaan dalam bersikap dan
merasa, (2) Pengetahuan (cognitive) yaitu kapabilitas intelektual dalam bentuk
pengetahuan atau berpikir, (3) Keterampilan (psychomotor) yaitu keterampilan
manual atau motorik dalam bentuk melakukan.
DIMENSI PROSES KOGNITIF
C1; mengingat (remember), mengingat kembali
pengetahuan dari memorinya.
C2; memahami (understand), mengkonstruksi makna dari
pesan baik secara lisan, tulisan, dan grafis.
C3; menerapkan (apply), penggunaan prosedur dalam
situasi yang diberikan atau situasi baru.
C4; menganalisis (analyse), penguraian materi ke dalam
bagian-bagian dan bagaimana bagian-bagian itu saling berhubungan satu sama lain
dalam keseluruhan struktur.
C5; mengevaluasi (evaluate) membuat keputusan
berdasarkan kriteria dan standar.
C6; mengkreasi (create) menempatkan elemen-elemen
secara bersamaan ke dalam bentuk modifikasi atau mengorganisasi elemen-elemen
ke dalam pola baru (struktur baru).
DIMENSI PENGETAHUAN
Pengetahuan faktual; pengetahuan terminologi atau
pengetahuan detail yang spesifik dan elemen.
Pengetahuan konseptual; pengetahuan yang lebih
kompleks berbentuk klasifikasi, kategori, prinsip dan generalisasi.
Pengetahuan prosedural; pengetahuan tentang bagaimana
melakukan sesuatu.
Pengetahuan metakognitif; pengetahuan tentang kognisi
(mengetahui dan memahami) yang merupakan tindakan atas dasar suatu pemahaman,
meliputi kesadaran dan pengendalian berpikir serta penetapan keputusan tentang
sesuatu.
Untuk lebih jelasnya tentang taksonomi kompotensi
tersebut bagi yang sedang membutuhkan silahkan download link di bawah ini,
semoga bisa bermanfaat. Aamiinn
0 Response to "TAKSONOMI RANAH KOMPETENSI TINGKAT SMK"
Post a Comment