Bismillahirrohmannirrohim…puji
syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan
kepada kita semua berupa nikmat Iman, nikmat Islam dan nikmat kesehatan,
sholawat serta salam marilah kita selalu panjatkan kepada baginda nabi besar
Muhammad SAW yang telah menuntut umatnya untuk selalu memberikan yang terbaik
dan membuang hal-hal yang jelek. Pada penulisan kali ini penulis mencoba
mengumpas tuntas tentang silabus Prakarya Tingkat SMP/MTs dari kelas VII, VIII dan
IX. Kita tahu bahwa silabus pada mata pelajaran Prakarya untuk tingkat SMP/MTs
disusun dengan format seefisien mungkin, sehingga mempermudah seorang pendidik
untuk memahami dan melaksanakaannya dan bisa dijadikan bahwan untuk pembuatan
RPP. Namun meski demikian ruang lingkup yang ada pada mata pelajaran Prakarya
mempertimbangkan ranah urutan yang terdiri dari 4 aspek, diantaranya kerajinan,
rekayasa, budidaya dan pengolahan. Dan seperti biasanya penulis hanya
mencantumkan 2 aspek saja yaitu aspek kerajinan dan aspek pengolahan
sebagaimana yang sudah ditetapkan dalam MGMP Kabupaten Indramayu.
Silabus Prakarya
ini merupakan landasan yang akan di jadikan sebagai acuan bagi pendidik/guru
dalam melakukan pembelajaran, agar peserta didik dapat membuat produk prakarya
yang menumbuhkembangkan kreatifitas dengan menganalisis berbagai desain karya,
mengidentifikasi dan mendeskripsikan proses pembuatan karya, membuat dan
memodifikasi karya dalam konteks kearifan budaya lokal.
Pada pembuatan
silabus ini, tentunya penulis sudah menerepkan pendidikan karakter dan bersifat
fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada pendidik/guru untuk
mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi
keungulan-keunggulan lokal. Dengan demikian pada komponen pembuatan silabus
mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.
Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan
yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif
dan inspiratif sehingga pendidik/guru dapat mengembangkan berbagai model yang
sesuai dengan karakteristik masing-masing pada setiap aspek mata pelajaran
prakarya.
Dalam membuat
silabus ini pendidik/guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi,
pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang
disesuaikan dengan situasi dan kondisi budaya local yang ada pada daerah
masing-masing, serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik pada
lingkungan setempat.
Pada kegiatan
pembelajaran pada silabus yang penulis buat ini hanya merupakan model.
Pendidik/Guru dapat memperluas dan menyesuaikan dengan sumber daya yang ada
pada daerah masing-masing, baik dari karakteristik dan kekhasan daerah/sekolah
sesuai dengan potensi peserta didik serta kebutuhan daerah. Kebutuhan daerah
merupakan segala sesuatu yang diperlukan oleh masyarakat di suatu daerah
tersebut untuk kelangsungan hidup dan peningkatan taraf kehidupan masyarakat
yang disesuaikan dengan arah perkembangan daerah serta potensi daerah.
Penyesuaian ini harus tetap memperhatikan pencapaian kompetensi sikap,
pengetahuan, dan keterampilan peserta didik.
Pendidik/Guru
sebaiknya memanfaatkan Internet, Buku Teks (Buku Siswa dan Buku Guru), dan
lembar kerja siswa (LKS) sebagai sumber belajar. Lembar kerja siswa sedapat
mungkin disusun oleh Pendidik/Guru dengan memberi peluang untuk berkembangnya
kreativitas peserta didik yang terlibat dalam merancang prosedur kegiatan.
Lembar kerja peserta didik merupakan panduan bagi siswa untuk melakukan sesuatu
yang menghasilkan kemampuan berpikir. Selain itu Pendidik/Guru diharapkan dapat
mengaitkan dengan lingkungan, sumber daya alam, dan energi di sekitarnya dan
konteks global, agar siswa dapat memelihara dan memanfaatkan lingkungannya
sebagai sumber belajar. Dilihat dari tulisan yang tertera di atas maka
dapat disimpulkan bahwasanya dalam pembuatan silabus prakarya dapat dibuat
sesuai dengan kebutuhan darah masing-masing, dalam hal ini penulis hanya
memberikan 2 aspek saja dari 4 aspek yang ada pada mata pelajaran prakarya, dan
bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan sebagai bahan perbandingan silahkan download
link di bawah ini semoga bisa bermanfaat…aamiinn
SILABUS PRAKARYA KELAS VII
SILABUS PRAKARYA KELAS VIII
SILABUS PRAKARYA KELAS IX
Pagi pak,. Punya materi Informatika untuk kelas VIII?
ReplyDeletetrimakasih banyak pakk
ReplyDeleteTrimakasih banyak. semoga tambah banyak berkat
ReplyDeleteterimakasih atas kemurahan hatinya semoga bertambah rejeki. amin....
ReplyDeletemator nuwon sanget bapak.... semoga tambah barokah ilmu lan rizkinya...
ReplyDeletemator nuwon sanget bapak.... semoga tambah barokah ilmu lan rizkinya...
ReplyDeletemator nuwon sanget bapak.... semoga tambah barokah ilmu lan rizkinya...
ReplyDeleteTerima kasih Bapak/ ibu,, Ini sangat membantu sekali,,
ReplyDeleteMAKASIH PAK
ReplyDeleteTerima kasih banyak ilmunya Pak
ReplyDelete