SOAL PEDAGOGIK DAN JAWABAN SEMUA JURUSAN TAHUN 2018

1.
Metode proyek dalam pembelajaran yang sebenarnya berawal dari pemikiran John Dewey tentang metode pemecahan masalah merupakan bentuk pengembangan yang dilakukan oleh Kilpatrick. Langkah-langkahnya metode proyek sebagai berikut: ....

a.
Tahap persiapan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut, tahap penilaian, tahap refleksi.

b.
Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut, pameran, tahap penilaian.

c.
Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut, tahap penilaian.

d.
Tahap persiapan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut, tahap penilaian.
2
Tahap tindak lanjut dalam metode proyek dimaksudkan adalah .....

a.
Untuk menilai hasil kegiatan belajar (hasil proyek) yang dilakukan oleh guru dan peserta didik.

b.
Untuk memantapkan hasil kegiatan belajar dilakukan pameran, dan dapat menjadi sumber belajar bagi pelajaran lainnya.

c.
Untuk merencanakan kegiatan belajar berikutnya sehubungan dengan pencapaian kompetensi berikutnya.

d.
Untuk menetapkan tingkat keberhasilan pengerjaan proyek yang dilakukan peserta didik oleh guru.
3
Metode brainstorming dikenal juga dengan metode sumbang saran atau curah gagasan bertujuan untuk menghimpun ide, pendapat, informasi, pengalaman semua peserta didik yang sama atau berbeda. Langkah-langkah metode brain storming sebagai berikut

a.
Pemberian informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi, konklusi.

b.
Pemberian informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi, validasi, dan konklusi.

c.
Pemberian informasi, motivasi, identifikasi, verifikasi, konklusi.

d.
Pemberian informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi, konklusi, evaliasi, dan refleksi
4
Langkah metode demonstrasi meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tidakan di bawah berikut ini yang bukan termasuk dalam langkah pelaksanaan metode demonstrasi adalah .....

a.
Memulai demonstrasi dengan menarik perhatian peserta didik (sambil memperhatikan atensi peserta didik)

b.
Memberi tugas sebagi bentuk tindak lanjut dan mengadakan evaluasi terhadap demonstrasi yang telah dilakukan.

c.
Memperhatikan keadaan peserta didik, apakah semuanya mengikuti demonstrasi dengan baik

d.
Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif memikirkan lebih lanjut tentang apa yang dilihat dan didengarnya dalam bentuk mengajukan pertanyaan
5
“Ing ngarso sung tulodo, Ingmadyo mangun karso,Tutwuri Handayani” (Ki Hajar Dewantoro). Manakah pernyataan dibawah ini yang mencerminkan bukan sikap guru dalam prinsip kepemimpinan pembelajaran tersebut, yaitu...

a.
Guru harus bisa menjadi contoh yang baik bagi anak didiknya

b.
Guru menjadi sahabat belajar siswa

c.
Guru menjadi fasilitator dan inovator dalam proses pembelajaran

d.
Guru menjadi satu-satunya sumber belajar
6.
Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru ini disusun untuk memperluas pemahaman semua pihak terkait tentang prinsip, proses, dan prosedur pelaksanaan penilaian kinerja guru, sebagai suatu sistem penilaian kinerja yang

a.
Berbasis kompetensi (competence-based)

b.
Berbasis bukti (evidence basedappraisal)

c.
Berbasis manajemen sekolah (school basedmanagement)

d.
Berbasis proses (process based)
7
Kompetensi guru yang digunakan sebagai dasar PK Guru adalah tugas guru yang terkait dengan tugas pembelajaran, pembimbingan, atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah. Manakah dasar PK Guru yang terkait dengan kemampuan mengelola pembelajaran di kelas?

a.
Kompetensi profesional.

b.
Kompetensi sosial.

c.
Kompetensi pedagogik.

d.
Kompetensi kepribadian.
8
Manakah kegiatan yang menggambarkan kompetensi pedagogik seorang guru?

a.
Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

b.
Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik.

c.
Merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik mencapai kompetensi dasar yang ditentukan.

d.
Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
9
Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, peserta didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu fenomena terlebih dahulu. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu guru merangsang peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Guru mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka. Memanfaatkan lingkungan peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar. Guru memberikan penugasan yang dapat dilakukan di berbagai konteks lingkungan peserta didik, antara lain di sekolah, keluarga dan masyarakat. Pembelajaran demikian merupakan salah satu contoh implementasi model pembelajaran berikut

a.
Inquiri

b.
PBM (Problem Based Learning)

c.
PBL (Project Based Learing)

d.
Discovery learning
10
Yang termasuk teknik khusus dalam pembelajaran adalah .....

a.
Teknik ceramah

b.
Teknik menulis

c.
Teknik tanya jawab

d.
Teknik diskusi

Catatan : Font Yang Tebal Adalah Jawaban

Artikel Terkait :

0 Response to "SOAL PEDAGOGIK DAN JAWABAN SEMUA JURUSAN TAHUN 2018"

Post a Comment