1.
|
Metode proyek dalam
pembelajaran yang sebenarnya berawal dari pemikiran John Dewey tentang metode
pemecahan masalah merupakan bentuk pengembangan yang dilakukan oleh
Kilpatrick. Langkah-langkahnya metode proyek sebagai berikut: ....
|
|
a.
|
Tahap persiapan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan,
tahap tindak lanjut, tahap penilaian, tahap refleksi.
|
|
b.
|
Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindak
lanjut, pameran, tahap penilaian.
|
|
c.
|
Tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut, tahap penilaian.
|
|
d.
|
Tahap persiapan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan,
tahap tindak lanjut, tahap penilaian.
|
|
2
|
Tahap tindak lanjut dalam
metode proyek dimaksudkan adalah .....
|
|
a.
|
Untuk menilai
hasil kegiatan belajar (hasil proyek) yang dilakukan oleh guru dan peserta
didik.
|
|
b.
|
Untuk memantapkan hasil kegiatan belajar dilakukan
pameran, dan dapat menjadi sumber belajar bagi pelajaran lainnya.
|
|
c.
|
Untuk merencanakan kegiatan belajar berikutnya
sehubungan dengan pencapaian kompetensi berikutnya.
|
|
d.
|
Untuk menetapkan tingkat keberhasilan pengerjaan proyek
yang dilakukan peserta didik oleh guru.
|
|
3
|
Metode brainstorming dikenal
juga dengan metode sumbang saran atau curah gagasan bertujuan untuk
menghimpun ide, pendapat, informasi, pengalaman semua peserta didik yang sama
atau berbeda. Langkah-langkah metode brain storming sebagai berikut
|
|
a.
|
Pemberian
informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi, konklusi.
|
|
b.
|
Pemberian informasi dan motivasi, identifikasi,
klasifikasi, verifikasi, validasi, dan konklusi.
|
|
c.
|
Pemberian informasi, motivasi, identifikasi,
verifikasi, konklusi.
|
|
d.
|
Pemberian informasi dan
motivasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi, konklusi, evaliasi, dan
refleksi
|
|
4
|
Langkah metode demonstrasi
meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tidakan di bawah berikut ini
yang bukan termasuk dalam langkah pelaksanaan metode demonstrasi adalah .....
|
|
a.
|
Memulai demonstrasi dengan menarik perhatian peserta
didik (sambil memperhatikan atensi peserta didik)
|
|
b.
|
Memberi tugas
sebagi bentuk tindak lanjut dan mengadakan evaluasi terhadap demonstrasi yang
telah dilakukan.
|
|
c.
|
Memperhatikan keadaan peserta didik, apakah semuanya
mengikuti demonstrasi dengan baik
|
|
d.
|
Memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk aktif memikirkan lebih lanjut tentang apa yang dilihat
dan didengarnya dalam bentuk mengajukan pertanyaan
|
|
5
|
“Ing ngarso sung tulodo, Ingmadyo mangun karso,Tutwuri Handayani”
(Ki Hajar Dewantoro). Manakah pernyataan dibawah ini yang mencerminkan bukan sikap
guru dalam prinsip kepemimpinan pembelajaran tersebut, yaitu...
|
|
a.
|
Guru harus bisa menjadi contoh yang baik
bagi anak didiknya
|
|
b.
|
Guru menjadi sahabat belajar siswa
|
|
c.
|
Guru menjadi fasilitator dan inovator dalam
proses pembelajaran
|
|
d.
|
Guru
menjadi satu-satunya sumber belajar
|
|
6.
|
Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru ini disusun
untuk memperluas pemahaman semua pihak terkait tentang prinsip, proses, dan
prosedur pelaksanaan penilaian kinerja guru, sebagai suatu sistem penilaian
kinerja yang
|
|
a.
|
Berbasis kompetensi (competence-based)
|
|
b.
|
Berbasis
bukti (evidence basedappraisal)
|
|
c.
|
Berbasis manajemen sekolah (school basedmanagement)
|
|
d.
|
Berbasis proses (process based)
|
|
7
|
Kompetensi guru yang digunakan sebagai dasar PK Guru
adalah tugas guru yang terkait dengan tugas pembelajaran, pembimbingan, atau
tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah. Manakah dasar PK Guru yang
terkait dengan kemampuan mengelola pembelajaran di kelas?
|
|
a.
|
Kompetensi profesional.
|
|
b.
|
Kompetensi sosial.
|
|
c.
|
Kompetensi
pedagogik.
|
|
d.
|
Kompetensi kepribadian.
|
|
8
|
Manakah
kegiatan yang menggambarkan kompetensi pedagogik seorang guru?
|
|
a.
|
Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan bangsa
Indonesia.
|
|
b.
|
Guru mampu
mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta
didik.
|
|
c.
|
Merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan
silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik mencapai kompetensi
dasar yang ditentukan.
|
|
d.
|
Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk
kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
|
|
9
|
Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas,
peserta didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu fenomena
terlebih dahulu. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang
muncul. Setelah itu guru merangsang peserta didik untuk berpikir kritis dalam
memecahkan masalah yang ada. Guru mengarahkan peserta didik untuk bertanya,
membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.
Memanfaatkan lingkungan peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar.
Guru memberikan penugasan yang dapat dilakukan di berbagai konteks lingkungan
peserta didik, antara lain di sekolah, keluarga dan masyarakat. Pembelajaran
demikian merupakan salah satu contoh implementasi model pembelajaran berikut
|
|
a.
|
Inquiri
|
|
b.
|
PBM (Problem Based Learning)
|
|
c.
|
PBL (Project Based Learing)
|
|
d.
|
Discovery learning
|
|
10
|
Yang termasuk teknik khusus
dalam pembelajaran adalah .....
|
|
a.
|
Teknik ceramah
|
|
b.
|
Teknik menulis
|
|
c.
|
Teknik tanya jawab
|
|
d.
|
Teknik diskusi
|
|
Catatan : Font Yang Tebal Adalah Jawaban
0 Response to "SOAL PEDAGOGIK DAN JAWABAN SEMUA JURUSAN TAHUN 2018"
Post a Comment