Kurikulum
2013 mengalami beberapa perkembangan dan perbaikan sejak dicanangkan pada tahun
2013. Secara umum, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan agar selaras antara ide,
desain, dokumen, dan pelaksanaannya. Secara khusus, perbaikan Kurikulum 2013
bertujuan menyelaraskan KI, KD, silabus, pembelajaran, penilaian, dan buku
teks. Perbaikan tersebut pada tahun 2017 disesuaikan dengan Peraturan Presiden
Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penguatan lima
nilai utama karakter tersebut akan dapat mendorong peserta didik untuk memiliki
keterampilan abad 21 yang dibutuhkan dalam meniti kehidupan, seperti
keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and
problem solving), keterampilan berkolaborasi (collaboration skills),
keterampilan berkreasi (creativities skills), dan keterampilan berkomunikasi
(communication skills).
Memperhatikan
hal tersebut, maka pengawas sekolah pun perlu memahami implementasi Kurikulum
2013 beserta perkembangannya agar mampu membimbing guru dalam
mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan tepat. Pada bagian II ini Saudara
akan memperkuat pemahaman Saudara terkait implementasi Kurikulum 2013 melalui
serangkaian kegiatan belajar yang bervariasi yang tersaji dalam 7 topik
pembelajaran.
Topik
1 Saudara akan berlatih menganalisis keterkaitan antara SKL, KI, KD, silabus
dan perumusan IPK. Pada topik 2 Saudara menganalisis materi pembelajaran. Pada
topik 3 Saudara akan berlatih menganalisis penerapan model pembelajaran. Pada
topik 4 Saudara berlatih merancang, mengolah, dan melaporkan hasil penilaian
pembelajaran yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada
topik 5 Saudara mengimplementasikan semua pemahaman dan keterampilan pada
topik-topik ebelumnya dalam kegiatan menyusun RPP.
Kegiatan-kegiatan
pada topik ini dilaksanakan melalui berbagai strategi, diantaranya: diskusi
kelompok, tanya jawab, brainstorming (curah pendapat), studi kasus, window shopping,
dan penugasan. Saudara dapat melakukannya secara berkelompok, namun jika tidak
memungkinkan karena jumlah peserta terbatas, silakan kerjakan kegiatan secara
individual/mandiri atau berpasangan.
0 Response to "MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013"
Post a Comment