PROGRAM PRAKTIK TIK



A.     Dasar Pemikiran
Maraknya ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat transparantif di AFTA 2009 ini memungkinkan adanya paradigma baru dalam dunia pendidikan. Diharapkan pada era global ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi benar-benar realistis dan mampu mencetak para intelektual yang kritis, edukatif, dan religius. Oleh karena itu seiring dengan kondisi semacam ini tuntutan kemampuan untuk bersaing secara sportif sangatlah ditungu-tunggu.
Dalam hal ini diarahkan pada fokus yang lebih spesifik yakni penguasaan teori dan konsep pemahaman serta praktik yang menggunakan daya nalar yang kritis dan sistematis.  Hubungan yang sangat korelatif sangatlah diperlukan untuk pemahaman tersebut.
Tuntutan sistem pendidikan berbasis kompetensi pada masa sekarang adalah langkah kebijakan untuk lebih memajukan pendidikan peserta didik khususnya,  begitu pula dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang mana merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berkembang dengan pesat. Maka dari itu untuk menggali dan meningkatkan potensi yang ada diperlukan adanya evaluasi atau penilaian. Penilaian dapat dilaksanakan dengan tiga cara yaitu tertulis, lisan dan praktek. Penilaian tertulis dan lisan merupakan penilaian yang menitik beratkan pada penilaian kognitif. Sedangkan penilaian praktik lebih menitik beratkan pada aspek psikomotorik dan efektif.
Penyelenggaraan ujian praktik TIK di SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG merupakan serangkaian  pelaksanaan  ujian  sekolah. Acuan yang digunakan dalam menyusun tes ujian akhir sekolah adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan beserta suplemennya dan standar kompetensi kelulusan.
Dari uraian di atas maka ujian praktik Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang menitik beratkan pencapaian kompetensi siswa perlu diadakan. Harapannya siswa tidak hanya menguasai konsep dan teori tetapi juga mampu mengembangkan dan menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam segala aspek kehidupan.

Download Lengkap : Program Praktik TIK

Artikel Terkait :

0 Response to "PROGRAM PRAKTIK TIK"

Post a Comment