ISTILAH
|
MAKNA
|
Analytical
Observer Teacher
|
Dimaknai
dengan guru yang memiliki abstaksi
tinggi tetepi komitmenya rendah
|
Antisipatif,
|
artinya mampu menghadapi
masalah-masalah yang mungkin akan terjadi.
|
Berkesinambungan
|
(supervisi akademik dilakukan
secara teratur dan berkelanjutan oleh Kepala sekolah).
|
classroom-conference
|
yaitu percakapan individual yang
dilaksanakan di dalam kelas ketika murid-murid sedang meninggalkan kelas
(istirahat).
|
causal-conference
|
Yaitu
percakapan individual yang bersifat informal, yang dilaksanakan secara
kebetulan bertemu dengan guru
|
Demokratis,
|
artinya supervisor tidak boleh
mendominasi pelaksanaan supervisi akademik
|
Dimensi
|
|
Direktif
|
Pendekatan direktif itu adalah
Suatu kegiatan yang dilaksanakan secara teratur dan terencana pada setiap
induvidu maupun kelompok dan apabila tidak dilaksanakan akan mendapat sanksi.
|
Drop-out Teacher
|
Dimaknai dengan tipe guru dengan
kwadran abstraksi rendah dan komitmen juga rendah
|
Humanis
|
artinya mampu menciptakan hubungan
kemanusiaan yang harmonis, terbuka, jujur, ajeg, sabar, antusias, dan penuh
humor
|
Kompeten
|
adalah ketrampilan yang
diperlukan seseorang yang ditunjukkan oleh kemampuannya untuk dengan
konsisten memberikan tingkat kinerja yang memadai atau tinggi dalam suatu
fungsi pekerjaan spesifik
|
Kreatif dan Inovatif
|
Kreatif dan inovatif adalah
karakteristik personal yang terpatri kuat dalam diri seorang wirausaha
sejati.
|
Kolaboratif
|
Kolaborasi adalah bentuk kerjasama, interaksi, kompromi beberapa
elemen yang terkait baik individu, lembaga dan atau pihak-pihak yang terlibat
secara langsung dan tidak langsung yang menerima akibat dan manfaat
|
Konstruktif
|
artinya mengembangkan kreativitas
dan inovasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran
|
Kooperatif
|
artinya ada kerja sama yang baik
antara supervisor dan guru dalam mengembangkan pembelajaran.
|
Kekeluargaan
|
artinya mempertimbangkan saling
asah, asih, dan asuh dalam mengembangkan pembelajaran.
|
observational visitation
|
Yaitu
percakapan individual yang dilaksanakan setelah supervisor melakukan
kunjungan kelas atau observasi kelas.
|
office-conference
|
Yaitu
percakapan individual yang dilaksanakan di ruang kepala sekolah atau ruang
guru, di mana sudah dilengkapi dengan alat-alat bantu yang dapat digunakan
untuk memberikan penjelasan pada guru.
|
Objektif,
|
artinya masukan sesuai aspek-aspek
instrumen.
|
Professional Teacher
|
Dimaknai guru dengan kemampuan
abstarksi tinggi dan memiliki komitmen tinggi
|
Praktis,
|
artinya mudah dikerjakan sesuai
kondisi sekolah.
|
Refleksi
|
Kilas balik dari suatu proses
pembelajaran dikaitkan dengan pengalaman dirinya terhadap tugas yang sudah
dilakukan.
|
Realistis,
|
artinya berdasarkan kenyataan
sebenarnya.
|
Sistematis,
|
artinya dikembangan sesuai
perencanaan program supervisi yang matang dan tujuan pembelajaran
|
Terpadu,
|
artinya
menyatu dengan dengan
program pendidikan.
|
Unfocused Teacher
|
Dimaknai guru yang memilki komitmen tinggidan
abstraksi rendah
|
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "GLOSARY SUPERVISI AKADEMIK"
Post a Comment