REFLEKSI DAN STRATEGI IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERBARU

Bismillahirohmannirohim...Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh... Puji Syukur Alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmatNya kepada kita semua. Sholawat serta salam tak lupa kita panjatkan kepada junjungan Nabi kita, nabi besar Muhammad SAW, semoga kita semua yang menjadi umatnya mendapat syafaatnya...aamiinn. Pada penulisan kali ini BLOG PRAKARYA INDRAMAYU akan membahas tentang Implementasi kurikulum merdeka mengamanatkan setiap satuan Pendidikan mengimplementasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Profile Pancasila mempunyai tujuan Jadi Manusia Pancasilais : Mengetahui, memahami, dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Adapun Prinsip pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila meliputi :

Holistik bermakna memandang sesuatu secara utuh dan menyeluruh, tidak parsial atau terpisah-pisah. Dalam konteks perancangan projek penguatan profil pelajar Pancasila, kerangka berpikir holistik mendorong kita untuk menelaah sebuah tema secara utuh dan melihat keterhubungan dari berbagai hal untuk memahami sebuah isu secara mendalam.

Kontekstual Prinsip kontekstual berkaitan dengan upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian. Prinsip ini mendorong pendidik dan peserta didik untuk dapat menjadikan lingkungan sekitar dan realitas kehidupan sehari-hari sebagai bahan utama pembelajaran.

Berpusat pada Peserta Didik Prinsip berpusat pada peserta didik berkaitan dengan skema pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri, termasuk memiliki kesempatan memilih dan mengusulkan topik projek sesuai minatnya.

Eksploratif Prinsip eksploratif berkaitan dengan semangat untuk membuka ruang yang lebar bagi proses pengembangan diri dan inkuiri. Projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak berada dalam struktur intrakurikuler yang terkait dengan berbagai skema formal pengaturan mata pelajaran. Oleh karenanya, projek ini memiliki area eksplorasi yang luas dari segi jangkauan materi, alokasi waktu, dan penyesuaian dengan tujuan pembelajaran.

Manfaat P5

Untuk Satuan Pendidikan :

1.

Menjadikan satuan pendidikan sebagai sebuah ekosistem yang terbuka untuk partisipasi dan keterlibatan masyarakat

2.

Menjadikan satuan pendidikan sebagai organisasi pembelajaran yang berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas di sekitarnya

Untuk Pendidik :

1.

Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan Profil Pelajar Pancasila

2.

Merencanakan proses pembelajaran projek dengan tujuan akhir yang jelas

3.

Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran

Untuk Peserta Didik :

1.

Memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai warga dunia yang aktif

2.

Berpartisipasi merencanakan pembelajaran secara aktif dan berkelanjutan

3.

Mengembangkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam mengerjakan projek pada periode waktu tertentu

4.

Melatih kemampuan pemecahan masalah dalam beragam situasi belajar

5.

Memperlihatkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu di sekitar mereka sebagai salah satu bentuk hasil belajar

6.

Menghargai proses belajar dan bangga dengan hasil pencapaian yang telah diupayakan secara optimal

Adapun Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK atau sederajat meliputi :

1.

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila mengambil alokasi waktu 20-30% (dua puluh sampai dengan tiga puluh persen) dari total jam pelajaran selama 1 (satu) tahun

2.

Alokasi waktu untuk setiap proyek penguatan profil pelajar Pancasila tidak harus sama. Satu proyek dapat dilakukan dengan durasi waktu yang lebih panjang daripada proyek yang lain

3.

Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, proyek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran proyek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing proyek tidak harus sama

Untuk Lebih jelasnya mengenai Implementasi kurikulum merdeka mengamanatkan setiap satuan Pendidikan mengimplementasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila silahkan download link di bawah ini, semoga bisa bermanfaat. Aamiinn

 

Download Refleksi Dan Strategi Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terbaru

Artikel Terkait :

0 Response to "REFLEKSI DAN STRATEGI IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERBARU"

Post a Comment