PROGRAM KERJA PMR TINGKAT SMP/MTS KURIKULUM MERDEKA


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Tuhan semesta alam yang telah memberikan taufik serta hidayah-Nya kepada kita, sehingga kita masih di beri kesempatan untuk menghirup udara, Sekaligus berkarya dan beraktivitas untuk negara tercinta kita Republik Indonesia umumnya dan bagi penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU pada khususnya. Semoga setiap gerak dan langkah yang kita laksanakan, merupakan suatu ibadah yang akan memperoleh ridho dan rahmat dari Allah SWT. Amin.

Pada penulisan kali ini, penulis berbagi kembali tentang file-file yang berhubungan dengan dunia pendidikan yaitu mengenai Program Kerja Extrakurikuler PMR.  Pada Penyusunan Program Tahunan kegiatan Extrakurikuler PMR ini di jadikan sebagai pedoman dalam menentukan langkah dan arah kegiatan PMR sekolah yang tertib dan tertur serta bertujuan menjadikan anggota dapat lebih cakap baik dalam materi maupun praktek dan tercapai apa yang di harapkan. Untuk mewujudkan semua itu kami mengharapkan dukungan dari semua pihak baik dari kepala sekolah, dewan guru, karyawan, komite sekolah, dewan kerja, pelatih, pembimbing, serta semua organisasi yang ada di sekolah Bapak/Ibu.

Kegiatan extrakurikuler PMR ( Palang Merah Remaja ) adalah merupakan  salah satu upaya untuk mengarahkan siswa dalam pembinaan diri agar memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, Idealisme, mempunyai wawasan yang luas, kokoh kepribadianya, memiliki kesegaran jasmani dan daya kreasi serta dapat mengembangkan Kemandirian, Kepemimpinan, Ilmu kesehatan, Keterampilan, semangat kerja keras, dan Kepeloporan. Garis-garis Besar Haluan Negara menyatakan bahwa generasi muda yang di dalamnya termasuk para siswa adalah penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional yang berdasarkan pancasila dan Undang-undang dasar 1945.

Pembinaan pendidikan kesehatan yang diselenggarakan di sekolah adalah kepalangmerahan. Kepalangmerahan bertujuan melaksakan salah satu kegiatan pendidikan bela negara dan latihan awal bagi siswa dalam mengamalkan Tri Bhakti dan Prinsip – prinsip Palang Merah, juga bertujuan untuk menanamkan rasa disiplin, mempertebal rasa semangat kebangsaan, patriotis serta rasa tanggung jawab yang tinggi bagi siswa dan tidak lupa menjaga kesatuan dan presatuan dalam semangat PMR dan biasa dikenal dengan “JIWA KORSA” (korp satu rasa) yaitu perasaan yang tertanam dalam lubuk hati para siswa untuk saling mencintai, menghormati dalam pasukan, satu kesatuan hidup ataupun dalam organisasi. Atas dasar itulah kami menyusun  Program Tahunan Extrakurikuler PMR ini, dengan harapan Juklak dan Juknis yang ada didalamnya dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan ke PMR an di Sekolah Bapak/Ibu

Adapun diadakannya program kerja Ekstrakurikuler PMR bertujuan Sekolah sebagai wahana belajar untuk mendisiplinkan  siswa-siswi yang bertanggung jawab dan mempunyai ilmu kesehatan yang tinggi. Usai anak didik mengenyam materi kepalangmerahan di harapkan bisa melanjutkan Organisasi PMR di tingkat SMU dan selalu exist di dalamnya.

Adapun sasaran Program kerja Tahunan sebagai cara untuk semua kegiatan di PMR sekolah maka dipandang perlu menyusun suatu perencanaan karena dengan perencanaan yang matang, maka menentukan  kualitas kegiatan tentu berimbas pada hasil, tetapi apapun perencanaanya kalau tidak diimbangi faktor yang mendukung dari pihak manapun semua itu tidak akan terwujud dengan baik, untuk itu semoga pihak-pihak terkait khususnya pihak sekolah dapat mewujukan apa-apa yang di perlukan demi lancarnya kegiatan ini. Akhirnya kami PENULIS mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pengunjung BLOG PRAKARYA INDRAMAYU yang turut membantu dalam mensukseskan Blogger ini. Adapun bagi yang membutuhkan program kerja ekstrakurikuler PMR KURIKULUM MERDEKA silahkan download link di bawah ini.

 

Download Program Kerja PMR Tingkat SMP/MTS Kurikulum Merdeka

Artikel Terkait :

0 Response to "PROGRAM KERJA PMR TINGKAT SMP/MTS KURIKULUM MERDEKA"

Post a Comment