SOAL POST TEST PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (PEMBATIK)




 

Bismillahirrohmannirohim..Assalamu’alaikum wr.wb…salam sejahtera untuk kita semua, semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan keimanan dalam menjalankan ativitas sehari-hari. Pada kesempatan kali ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU masih berkecimpung membahas tentang masalah pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK (PEMBATIK) yang saat ini sedang gencar-gencarnya dilaksanakan pemerintah dan begitu banyak peminat dari rekan-rekan guru untuk mengikuti pelatihan tersebut. Kebijakan Merdeka Belajar bercita-cita menghadirkan Pendidikan bermutu tinggi bagi semua rakyat Indonesia, yang dicirikan oleh angka partisipasi yang tinggi di seluruh jenjang pendidikan, hasil pembelajaran berkualitas, dan mutu Pendidikan yang merata baik secara geografis maupun status sosial ekonomi.

 

Berkaitan dengan guru, Kebijakan Merdeka Belajar akan mengubah paradigma guru sebagai informasi semata menjadi guru sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar. Dalam hal pedagogi, Kebijakan Merdeka Belajar akan meninggalkan pendekatan standarisasi menuju pendekatan heterogen yang lebih paripurna memampukan guru dan murid menjelajahi khasanah pengetahuan yang terus berkembang. Murid adalah pemimpin pembelajaran dalam arti merekalah yang membuat kegiatan belajar mengajar bermakna, sehingga pemelajaran akan disesuaikan dengan tingkatan kemampuan siswa dan didukung dengan beragam teknologi yang memberikan pendekatan personal bagi kemajuan pemelajaran tiap siswa, tanpa mengabaikan pentingnya aspek sosialisasi dan bekerja dalam kelompok untuk memupuk solidaritas sosial dan keterampilan lunak (soft skills).

 

Disini penulis mencoba berbagi soal-soal yang diujikan pada awal pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK (PERBATIK) dan semua peserta tentunya harus menjawab quiz tersebut demi melanjutkan pada modul-modul selanjutnya, ok langsung saja untuk soal post test pada program simpatik silahkan pahami soal-soal di bawah ini dan penulis sudah memberikan jawabannya pada tulisan yang bergaris tebal, bagi teman-teman yang sedang membutuhkan silahkan copy paste atau download soal-soal tersebut semoga bisa bermanfaat…aamiinn

 

Pemilihan media pembelajaran hendaknya dilakukan berdasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria ....

¢ Tujuan

¢ Sasaran didik

¢ Ketersediaan

¢ Konteks penggunaan

 

Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…

¢ Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

¢ Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut

¢ Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah

¢ Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran

 

Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Dilihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam ....

¢ Media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput

¢ Media yang dapat didengar saja dan media yang dapat dilihat

¢ Media tradisional dan media berbasis TIK

¢ Media dua dimensi dan media tiga dimensi

 

Tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang di dalam ruang media. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia  memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini. Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah ....

¢ Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis

¢ Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan

¢ Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan

¢ Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media

 

Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:

¢ Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK

¢ Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran

¢ Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran

¢ Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

 

Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja. Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:

¢ Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.

¢ Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

¢ Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.

¢ Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata.

 

Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi, guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah ....

¢ Menampilkan objek yang terlalu besar

¢ Membuat konkrit konsep yang abstrak

¢ Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang

¢ Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar

 

Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah ....

¢ Book

¢ Forum

¢ Blog

¢ E-portofolio

 

Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah ....

¢ Program mencari informasi

¢ Program desktop publishing

¢ Program untuk menjelajahi laman

¢ Program penciptaan laman

 

Seorang guru yang akan mencari informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah ....

¢ www.gmail.com

¢ www.google.com

¢ www.hotmail.com

¢ www.cari-data.com

 

Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah....

¢ www.yahoo.com

¢ www.gmail.com

¢ www.hotmail.com

¢ www.cari-data.com

 

Seorang guru akan membuat contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah ....

¢ Microsoft Database

¢ Microsoft PowerPoint

¢ Microsoft Desktop Publishing

¢ Microsoft Word

 

Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah ....

¢ Microsoft Database

¢ Microsoft SpreadSheet

¢ Microsoft PowerPoint

¢ Microsoft Desktop Publishing

 

Tools pembelajaran daring/ online cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir pembelajaran. Fitur moodle ini adalah ....

¢ Quiz

¢ Page

¢ Lesson

¢ Blog

 

Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik adalah ....

¢ Penulis konten (content writer)

¢ Penata grafis (graphic designer)

¢ Perancang pembelajaran (course designer)

¢ Pemrogram komputer (computer programmer)

 

 

Download Soal Post Test PembaTIK

Artikel Terkait :

0 Response to "SOAL POST TEST PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (PEMBATIK)"

Post a Comment