Bismillahirrohmannirohim..Assalamu’alaikum
wr.wb…salam sejahtera untuk kita semua, semoga kita senantiasa diberikan
kesehatan dan keimanan dalam menjalankan ativitas sehari-hari. Pada kesempatan
kali ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU masih berkecimpung membahas tentang
masalah pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK (PEMBATIK) yang saat ini sedang
gencar-gencarnya dilaksanakan pemerintah dan begitu banyak peminat dari
rekan-rekan guru untuk mengikuti pelatihan tersebut. Kebijakan Merdeka Belajar
bercita-cita menghadirkan Pendidikan bermutu tinggi bagi semua rakyat
Indonesia, yang dicirikan oleh angka partisipasi yang tinggi di seluruh jenjang
pendidikan, hasil pembelajaran berkualitas, dan mutu Pendidikan yang merata
baik secara geografis maupun status sosial ekonomi.
Berkaitan dengan guru, Kebijakan
Merdeka Belajar akan mengubah paradigma guru sebagai informasi semata menjadi
guru sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar. Dalam hal pedagogi, Kebijakan
Merdeka Belajar akan meninggalkan pendekatan standarisasi menuju pendekatan heterogen
yang lebih paripurna memampukan guru dan murid menjelajahi khasanah pengetahuan
yang terus berkembang. Murid adalah pemimpin pembelajaran dalam arti merekalah
yang membuat kegiatan belajar mengajar bermakna, sehingga pemelajaran akan
disesuaikan dengan tingkatan kemampuan siswa dan didukung dengan beragam
teknologi yang memberikan pendekatan personal bagi kemajuan pemelajaran tiap
siswa, tanpa mengabaikan pentingnya aspek sosialisasi dan bekerja dalam
kelompok untuk memupuk solidaritas sosial dan keterampilan lunak (soft
skills).
Disini penulis mencoba berbagi
soal-soal yang diujikan pada awal pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK
(PERBATIK) dan semua peserta tentunya harus menjawab quiz tersebut demi
melanjutkan pada modul-modul selanjutnya, ok langsung saja untuk soal post test
pada program simpatik silahkan pahami soal-soal di bawah ini dan penulis sudah
memberikan jawabannya pada tulisan yang bergaris tebal, bagi teman-teman yang
sedang membutuhkan silahkan copy paste atau download soal-soal tersebut semoga
bisa bermanfaat…aamiinn
Pemilihan media pembelajaran hendaknya
dilakukan berdasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar
individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.Pernyataan tersebut
dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria ....
¢ Tujuan
¢ Sasaran didik
¢ Ketersediaan
¢ Konteks
penggunaan
Pada saat mempersiapkan pembelajaran
seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang
akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki
seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
¢ Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan
sekolah
¢ Pendidik
harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut
¢ Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah
¢ Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran
Pada saat mempersiapkan pembelajaran
seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan
materi. Dilihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam ....
¢ Media yang
memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput
¢ Media yang dapat didengar saja dan media yang dapat
dilihat
¢ Media tradisional dan media berbasis TIK
¢ Media dua dimensi dan media tiga dimensi
Tersedia berbagai macam media yang
sudah berdebu dan agak usang di dalam ruang media. Sebagai seorang pendidik
yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang
akan digunakan. Dia memiliki beberapa
pertimbangan dalam hal ini. Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang
harus diperhatikan adalah ....
¢ Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya,
ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis
¢ Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan,
tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan
¢ Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah
dan konteks penggunaan
¢ Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan
karakteristik media
Seorang guru harus mampu memanfaatkan
media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh.
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:
¢ Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang
berbasis TIK
¢ Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan
pembelajaran
¢ Media dapat
digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
¢ Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak
merepotkan
Media memiliki fungsi dan manfaat bagi
pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran
menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu
konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi
tersebut:
¢ Menampilkan
objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
¢ Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam
lingkungan belajar.
¢ Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk
menjelaskan peredaran darah.
¢ Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata.
Setiap materi pembelajaran memiliki
tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami
materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi, guru sering memanfaatkan media
pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem
peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah ....
¢ Menampilkan objek yang terlalu besar
¢ Membuat
konkrit konsep yang abstrak
¢ Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang
¢ Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam
lingkungan belajar
Seorang guru ingin membuka situs google
untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk
dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah
....
¢ Book
¢ Forum
¢ Blog
¢ E-portofolio
Seorang guru sedang ber-googling atau
membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK
(Teknologi Informasi dan Komunikasi). Pengertian googling dalam istilah
internet tersebut adalah ....
¢ Program mencari informasi
¢ Program desktop publishing
¢ Program
untuk menjelajahi laman
¢ Program penciptaan laman
Seorang guru yang akan mencari
informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet
yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman
yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah ....
¢ www.gmail.com
¢ www.google.com
¢ www.hotmail.com
¢ www.cari-data.com
Saat kita akan informasi tentang suatu
topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan
istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai
mesin pencari selain google adalah....
¢ www.yahoo.com
¢ www.gmail.com
¢ www.hotmail.com
¢ www.cari-data.com
Seorang guru akan membuat contoh surat,
tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft
yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah ....
¢ Microsoft Database
¢ Microsoft PowerPoint
¢ Microsoft Desktop Publishing
¢ Microsoft
Word
Seorang guru dapat menampilkan bahan
tayang yang menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan
tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft
yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah ....
¢ Microsoft Database
¢ Microsoft SpreadSheet
¢ Microsoft
PowerPoint
¢ Microsoft Desktop Publishing
Tools pembelajaran daring/ online cukup
banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berupa kumpulan
soal tes sumatif dan tes akhir pembelajaran. Fitur moodle ini adalah ....
¢ Quiz
¢ Page
¢ Lesson
¢ Blog
Dalam pembelajaran daring terdapat
beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut
yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik adalah ....
¢ Penulis konten (content writer)
¢ Penata
grafis (graphic designer)
¢ Perancang pembelajaran (course designer)
¢ Pemrogram komputer (computer programmer)
0 Response to "SOAL POST TEST PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (PEMBATIK)"
Post a Comment