SOAL DAN KISI-KISI PAS KELAS 8 SEMUA MATA PELAJARAN

Pertama-tama marilah panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan hidaya serta inayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan kali ini penulis masi diberi kesempatan untuk memberikan program-program yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

Pada penulisan sebelumnya penulis sudah merilis soal-soal dan kisi-kisi Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas VII tahun pelajaran 2019/2020 untuk semua mata pelajaran (download Soal dan Kisi-Kisi PAS Kelas VII), sekarang mencoba merilis kembali soal-soal dan kisi-kisi Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk kelas VIII. Kita tahu penilaian akhir semester dilaksanakan pada akhir semester satu (I), namun alangkah baiknya kita sebagai seorang pendidik menyiapkan dari awal soal-soal dan kisi-kisi tersebut, agar apa yang kita ajarkan kepada peserta didik kita sesuai target (tuntas), oleh karena itu demi memudahkan para pengguna BLOG PRAKARYA INDRAMAYU bagi yang membutuhkan soal dan kisi-kisi tersebut silahkan download link di bawah ini dan semoga bisa bermanfaat aamiinn…

1.  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melakukan penyesuaian beberapa mata pelajaran yang antara lain adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.




2.  Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia merupakan konsekuensi logis dari perkembangan kehidupan dan perkembangan pengetahuan tentang bahasa dan cara berbahasa yang terwujud dalam teori belajar bahasa terkini. Perkembangan teori belajar bahasa berkontribusi terhadap pemahaman hakikat bahasa, hakikat manusia belajar, dan hakikat komunikasi interkultural, sekaligus tentang manusia yang keseluruhannya saling berkaitan sehingga saling berdampak satu sama lain.




3.  Bahasa Inggris
Bahasa Inggris adalah bahasa utama dalam komunikasi antarbangsa dan pergaulan dunia. Makin datarnya dunia dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan pergaulan tidak dapat lagi dibatasi oleh batas-batas negara. Kurikulum 2013 menyadari peran penting bahasa Inggris tersebut.




4.  IPA
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berawal dari fenomena alam. IPA didefinisikan dengan pengetahuan yang sistematis dan disusun dengan menghubungkan gejala-gejala alam yang bersifat kebendaan dan didasarkan pada hasil pengamatan. IPA juga didefinisikan sebagai sekumpulan pengetahuan tentang objek dan fenomena alam yang diperoleh dari hasil pemikiran dan penyelidikan ilmuwan yang dilakukan dengan keterampilan bereksperimen dengan menggunakan metode ilmiah (Pudjiadi, 2005).




5.  IPS
Pembelajaran IPS kelas-VIII bertujuan untuk memberikan wawasan kepada peserta didik tentang berbagai gejala sosial pada lingkup ASEAN melalui pemahaman konektivitas ruang dan waktu beserta aktivitas dan interaksi sosial yang ada di dalamnya. Keragaman kondisi yang dimiliki negara-negara ASEAN merupakan potensi sumberdaya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan penduduknya dalam dimensi ruang dan waktu serta ikatan konektivitas multidimensi sehingga kondisi gejala beserta keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing negara ASEAN akan dapat berfungsi sebagai sumberdaya pembangunan.




6.  Matematika
Pengelompokan materi Matematika SMP kelas VIII terdiri atas Empat Kompetensi Inti (KI) yang kemudian dijabarkan menjadi 22 Kompetensi Dasar (KD) itu merupakan bahan kajian yang akan ditransformasikan dalam kegiatan pembelajaran selama satu tahun dalam dua semester yang terurai dalam 32 minggu. Sesuai dengan sistem semester, maka 32 minggu itu dibagi menjadi dua semester, semester pertama dan semester kedua. Setiap semester terbagi menjadi 16 minggu. Sehingga alokasi waktu yang tersedia adalah 5 × 40 menit × 32 minggu/tahun atau 5 × 40 menit × 16 minggu/semestar.




7.  PJOK
Pembelajarannya dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah jenis gerak jasmani/olahraga dan usaha-usaha menjaga kesehatan yang sesuai untuk peserta didik Kelas VIII SMP/MTs.




8.  PPKn
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. PKKn dirancang untuk menghasilkan siswa yang memiliki keimanan dan akhlak mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sehingga dapat berperan sebagai warga negara yang efektif dan bertanggung jawab. Pembahasannya secara utuh mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.




9.  Prakarya
Mata pelajaran Prakarya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Prakarya juga merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan pelbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah praktis yang secara langsung mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.



10.  Seni Budaya
Mata pelajaran Seni Budaya merupakan mata pelajaran yang membahas mengenai karya seni estetis, artistik, dan kreatif yang berakar pada norma, nilai, perilaku, dan produk seni budaya bangsa melalui aktivitas berkesenian.



Download Jawaban PAS Seni Budaya Kelas VIII

Artikel Terkait :

3 Responses to "SOAL DAN KISI-KISI PAS KELAS 8 SEMUA MATA PELAJARAN"