Pertama-tama marilah panjatkan
puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan hidaya serta inayah-Nya
kepada kita semua, sehingga pada kesempatan kali ini penulis masi diberi
kesempatan untuk memberikan program-program yang berhubungan dengan dunia
pendidikan.
Pada penulisan sebelumnya penulis
sudah merilis soal-soal dan kisi-kisi Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas VII tahun
pelajaran 2019/2020 untuk semua mata pelajaran (download Soal dan Kisi-Kisi PAS Kelas VII), sekarang mencoba merilis kembali soal-soal dan kisi-kisi Penilaian
Akhir Semester (PAS) untuk kelas VIII. Kita tahu penilaian akhir semester
dilaksanakan pada akhir semester satu (I), namun alangkah baiknya kita sebagai
seorang pendidik menyiapkan dari awal soal-soal dan kisi-kisi tersebut, agar
apa yang kita ajarkan kepada peserta didik kita sesuai target (tuntas), oleh
karena itu demi memudahkan para pengguna BLOG PRAKARYA INDRAMAYU bagi yang
membutuhkan soal dan kisi-kisi tersebut silahkan download link di bawah ini dan
semoga bisa bermanfaat aamiinn…
1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kurikulum 2013 disusun untuk
menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan
nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah
melakukan penyesuaian beberapa mata pelajaran yang antara lain adalah mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti.
2. Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia merupakan
konsekuensi logis dari perkembangan kehidupan dan perkembangan pengetahuan
tentang bahasa dan cara berbahasa yang terwujud dalam teori belajar bahasa
terkini. Perkembangan teori belajar bahasa berkontribusi terhadap pemahaman
hakikat bahasa, hakikat manusia belajar, dan hakikat komunikasi interkultural,
sekaligus tentang manusia yang keseluruhannya saling berkaitan sehingga saling
berdampak satu sama lain.
3. Bahasa Inggris
Bahasa Inggris adalah bahasa
utama dalam komunikasi antarbangsa dan pergaulan dunia. Makin datarnya dunia
dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan pergaulan
tidak dapat lagi dibatasi oleh batas-batas negara. Kurikulum 2013 menyadari
peran penting bahasa Inggris tersebut.
4. IPA
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan
cabang ilmu pengetahuan yang berawal dari fenomena alam. IPA didefinisikan
dengan pengetahuan yang sistematis dan disusun dengan menghubungkan
gejala-gejala alam yang bersifat kebendaan dan didasarkan pada hasil pengamatan.
IPA juga didefinisikan sebagai sekumpulan pengetahuan tentang objek dan
fenomena alam yang diperoleh dari hasil pemikiran dan penyelidikan ilmuwan yang
dilakukan dengan keterampilan bereksperimen dengan menggunakan metode ilmiah
(Pudjiadi, 2005).
5. IPS
Pembelajaran IPS kelas-VIII
bertujuan untuk memberikan wawasan kepada peserta didik tentang berbagai gejala
sosial pada lingkup ASEAN melalui pemahaman konektivitas ruang dan waktu
beserta aktivitas dan interaksi sosial yang ada di dalamnya. Keragaman kondisi
yang dimiliki negara-negara ASEAN merupakan potensi sumberdaya yang dapat
digunakan untuk memenuhi kebutuhan penduduknya dalam dimensi ruang dan waktu
serta ikatan konektivitas multidimensi sehingga kondisi gejala beserta
keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing negara ASEAN akan dapat berfungsi
sebagai sumberdaya pembangunan.
6. Matematika
Pengelompokan materi Matematika
SMP kelas VIII terdiri atas Empat Kompetensi Inti (KI) yang kemudian dijabarkan
menjadi 22 Kompetensi Dasar (KD) itu merupakan bahan kajian yang akan
ditransformasikan dalam kegiatan pembelajaran selama satu tahun dalam dua
semester yang terurai dalam 32 minggu. Sesuai dengan sistem semester, maka 32
minggu itu dibagi menjadi dua semester, semester pertama dan semester kedua.
Setiap semester terbagi menjadi 16 minggu. Sehingga alokasi waktu yang tersedia
adalah 5 × 40 menit × 32 minggu/tahun atau 5 × 40 menit × 16 minggu/semestar.
7. PJOK
Pembelajarannya dirancang
berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah jenis gerak jasmani/olahraga dan
usaha-usaha menjaga kesehatan yang sesuai untuk peserta didik Kelas VIII
SMP/MTs.
8. PPKn
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk jenjang
SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. PKKn dirancang untuk menghasilkan siswa yang
memiliki keimanan dan akhlak mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup
bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sehingga dapat berperan sebagai warga negara
yang efektif dan bertanggung jawab. Pembahasannya secara utuh mencakup
Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan
Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.
9. Prakarya
Mata pelajaran Prakarya bertujuan
untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa
melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya
alam yang ada di lingkungan sekitar. Prakarya juga merupakan ilmu terapan yang
mengaplikasikan pelbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah
praktis yang secara langsung mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.
10. Seni Budaya
Mata pelajaran Seni Budaya
merupakan mata pelajaran yang membahas mengenai karya seni estetis, artistik,
dan kreatif yang berakar pada norma, nilai, perilaku, dan produk seni budaya
bangsa melalui aktivitas berkesenian.
terimakasih untuk soal- soalnya..
ReplyDeletemakasi soal2nya. sayang cuma sedikit
ReplyDeletehaha
ReplyDelete