Bismillahirohmannirohim,
pada kesempatan kali ini marilah kita tundukan kepala sejenak untuk selalu menyadari bahwa
begitu banyak nikmat dari Allah SWT yang diberikan kepada kita semua, maka dari
itu pandai-pandailah kita untuk selalu bersyukur atas segala apa yang di
berikan Allah SWT kepada kita semua, sholawat serta salam senantiasa kita selalu
panjatkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.
Simpang siur sistem
pendidikan membuat kita sebagai seorang guru/pendidik di bikin bingung apa yang
harus kita lakukan, dengan di berlakukannya kurikulum 2013 mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diganti dengan Prakarya. Waktu terus
berjalan dan pelatihan-pelatihan kurikulum 2013 pun selalu berjalan, namun
ditengah perjalanan yang belum begitu matang kini harus berhadapan tentang
dilema pembelajaran, khususnya di Tingkat SMP tentang lika-liku mata pelajaran
TIK dan Prakarya. Berbagai desakan dari kalangan pendidik untuk dikembalikannya
pelajaran TIK menuai hasil meskipun berganti nama dengan Teknik Informatika,
namun hal ini juga masih dalam jenjang uji coba, karena bagi sekolah-sekolah
yang tidak ada guru yang linier dengan bidang teknik informatika masih
disarankan untuk Prakarya.
Meski demikian,
walaupun mata pelajaran Teknik Informatika sudah hadir ditengah-tengah dunia
pendidikan, ada hal kecil yang masih menjadi ganjalan khususnya bagi
rekan-rekan guru yang mengajar TIK atau Teknik Informatika. Ini dibuktikan
dengan adanya bukti di lapangan, sebagian ada yang mengatakan bahwa “bagi
sekolah yang sudah ada guru teknik informatikanya, sarana dan prasarana sudah
memadai dan sudah bersertifikasi boleh diterapkan mata pelajaran Teknik
Informatika”, namun bagi sekolah-sekolah yang hanya memiliki guru teknik
informatika namun belum sertifikasi hanya bisa menerapkan mata pelajaran TIK
atau Prakarya.
Mata pelajaran
Teknik Informatika sendiri pernah diungkapan oleh Kepala Bidang Kurikulum Pusat
Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Sri Hidayati, ada empat aspek muatan
dalam mata pelajaran informatika. Keempatnya ialah TIK, berpikir komputasional,
bidang keilmuan informatika, dan praktik lintas bidang. Ada pula sejumlah poin
yang harus dicakup dalam mata pelajaran informatika, antara lain dampak sosial
informatika, teknik komputer, dan analisis data.” Agar terlaksana dengan baik,
kurikulum tidak bisa dipandang secara parsial, harus dilihat sebagai sebuah
entitas. Ada beragam dimensi dalam sebuah kurikulum, seperti ide, dokumen,
desain, hingga implementasi,”
Dari beberapa
informasi yang penulis dapatkan dari berbagai sekolah, akhirnya penulis mencoba
berbagi kembali tentang administrasi pembelajaran mata pelajaran TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi) untuk tahun 2019/2020. Adapun file-file administrasi
pembelajaran tersebut, bagi Bapak/Ibu guru yang membutuhkan silahkan download
link di bawah ini, semoga bisa bermanfaat…..aamiinn
Makasih buat perangkat nya admin. �� Apakah ada materi Informatika untuk kelas VIII dan IX? Materi Informatika untuk kelas VII yg telah dibagikan sangat bermanfaat sekali ��
ReplyDeletePak, yang digunakan TIK atau informatika? untuk K13 ?
ReplyDeleteTergantung dari kurikulum sekolahnya ada yang masih menggunakan TIK ada juga yang sudang menerapkan mapel Informatika, intinya sama dan utk k13 tentunya mapel informatika
ReplyDeleteTerimakasih min, semoga menjadi amal jariyah.
ReplyDeleteTrimakasih atas Ilmu yang di berikan kepada kami. semoga bermanfaat.amin
ReplyDeleteTerimakasih sharenya semoga segala kebaikan dapat balasan aamiin
ReplyDelete