MEKANISME PENGISIAN BLANGKO IJAZAH TAHUN 2019


Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada penulis BLOG PRAKARYA INDRMAYU, pada penulisan kali ini penulis mencoba sharing tentang Mekanisme Pengisian Blangko Ijazah pada Tahun Pelajaran 2018/2019, dan kebetulan penulisan Ijzah adalah kegiatan rutinitas tahunan yang dilakukan penulis, oleh karena itu penulis mencoba berbagi tentang bagaimana mekanisme penulisan pada ijazah tersebut.

Ijazah adalah dokumen resmi yang diterbitkan sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan/atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan setelah lulus dari suatu pendidikan. Isian ijazah adalah format baku yang berisi identitas peserta didik, identitas satuan pendidikan, pernyataan lulus peserta didik dari satuan pendidikan dan daftar nama pelajaran. Blanko ijazah adalah format resmi yang dicetak oleh Pemerintah yang akan di gunakan sebagai Ijazah.

Dalam penulisan ijazah tersebut disesuaikan dengan satuan pendidikan itu sendiri, seperti SD (Sekolah Dasar), SDLB (Sekolah Dasar Luar Biasa), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMPLB (Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa), SMA (Sekolah Menengah Atas), SMALB (Sekolah Menengah Atas Luar Biasa), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), SMKLB (Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa), Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Satuan pendidikan yang terbukti mengeluarkan Bentuk dan Spesifikasi Blangko Ijazah yang tidak sesuai dengan yang diatur dalam Peraturan Direktur Jendral ini dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu tidak sembarangan orang membuat Blangko Ijazah. Untuk lebih  jelasnya BLOG PRAKARYA INDRAMAYU sudah menyiapkan tata aturan bagaimana menulis ijazah dan resmi yang dikeluarkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 0038/D/HK/2019 Tentang Pedoman Bentuk, Spesifikasi Teknis Tata Cara dan Mekanisme Pengisian Blangko Ijazah pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan bagi yang membutuhkan silahkan download link di bawah ini :



Artikel Terkait :

0 Response to "MEKANISME PENGISIAN BLANGKO IJAZAH TAHUN 2019"

Post a Comment