Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT,
pada sesi penulisan kali ini penulis BLOG RAKARYA INDRAMAYU mencoba berbagi tentang
sola-soal latiahan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tentang mata
pelajaran Prakarya. Pembelajaran dan penilaian hasil belajar merupakan komponen
esensial dalam implementasi Kurikulum 2013. Keberhasilan pembelajaran dapat
diketahui melalui penilaian. Hasil penilaian juga digunakan untuk
menyempurnakan pembelajaran. Keterpaduan dan kefektivan pembelajaran dan
penilaian sangat besar pengaruhnya dalam keberhasilan implementasi Kurikulum
2013.
Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik berfungsi
untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi
kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.
Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dilaksanakan untuk memenuhi fungsi
formatif dan sumatif dalam penilaian. Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik
bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi, menetapkan ketuntasan
penguasaan kompetensi, menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan
tingkat penguasaan kompetensi, dan memperbaiki proses pembelajaran.
Berdasarkan fungsinya Penilaian Hasil Belajar oleh
Pendidik meliputi: formatif, dan sumatif. Fungsi Formatif digunakan untuk
memperbaiki kekurangan hasil belajar peserta didik dalam sikap, pengetahuan,
dan keterampilan pada setiap kegiatan penilaian selama proses pembelajaran
dalam satu semester, sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013
Kita tahu bahwasannya Ujian Sekolah Berstandar
Nasional (USBN) di buat oleh Tim MGMP Kabupaten/Kota masing-masing, USBN
termasuk kedalam penilaian Assessment of learning yang dilaksanakan setelah
proses pembelajaran selesai. Proses pembelajaran selesai tidak selalu terjadi
di akhir tahun atau di akhir peserta didik menyelesaikan pendidikan pada
jenjang tertentu.
Setiap pendidik melakukan penilaian yang dimaksudkan
untuk memberikan pengakuan terhadap pencapaian hasil belajar setelah proses
pembelajaran selesai, oleh karena itu materi untuk USBN harus menginduk pada
materi-materi sebelumnya diantaranya materi dari kelas Tujuh (VII), kelas
delapan (VIII) dan kelas sembilan (IX). Oleh karena itu kita sebagai seorang
pendidik harus menyelesaikan semua KD yang ada pada materi-materi tersebut.
Dalam penyusunan soal USBN sendiri harus menginduk
pada kisi-kisi USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi
lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.Kisi-kisi
USBN memuat level kognitif dan lingkup materi. Dan dalam hal ini penulis hanya
memberikan sedikit gambaran tentang soal-soal USBN dan bagi yang ingin
dijadikan sebagai bahan latihan untuk peserta didik silahkan download link di
bawah ini, dan semoga bisa bermanfaat...aamminn
0 Response to "BANK SOAL LATIHAN USBN PRAKARYA"
Post a Comment