Pertama-tama marilah panjatkan puji syukur kehadirat
Illahi Rabbi yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua sehingga kita
masih di beri kesempatkan untuk melakukan aktifitas dalam kehidupan yang kita
jalani saat ini, dan pada kesempatan ini pula penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU
ingin sharing melalui dunia maya (Internet) tentang Akreditasi Sekolah.
Kita mungkin sudah sering mendengar kata-kata
akreditasi sekolah, yaitu sebuah kegiatan rutinitas yang dilakukan sekolah
selama 5 tahun sekali untuk melaporkan semua kegiatan yang ada disekolah agar
bisa diukur sejauh mana dan bagaimana perkembangan sekolah kita selama 5 tahun
tersebut, tentunya hal ini dilakukan oleh TIM VISITASI AKREDITASI SEKOLAH, yang
mana tim visitasi juga akan melaksanakan tugasnya dengan : Bersikap adil,
bekerja dengan obyektif dan bertanggung jawab serta menjunjung tinggi
kejujuran; Menjaga kerahasiaan data dan informasi yang diperoleh serta hasil
pelaksanaan akreditasi; Tidak melakukan perjanjian dan/atau kesepakatan sepihak
atau bersama-sama dengan sekolah/madrasah yang divisitasi baik secara
individual maupun tim yang mengakibatkan tidak obyektifnya hasil visitasi;
Tidak menerima apapun dari sekolah/madrasah dan pihak lain secara tim maupun
individual sehingga mempengaruhi hasil akreditasi. Dengan adanya pernyataan
asessor tersebut di atas, maka setiap sekolah harus menyiapkan BUKTI FISIK
(data-data) yang ada.
Dari paparan di atas mungkin kita bisa mengambil
kesimpulan bahwasanya dalam penilaian akreditasi sekolah tentunya kita harus
menyiapkan data-data yang di perlukan selama 5 tahun tersebut. Ketika sekolah
yang sudah terbiasa tertib dalam
administrasinya tentu dalam menghadapi akreditas mungkin tidak akan lama dalam
pengumpulan data-data tersebut, namun bagi sekolah yang mau di akreditasi atau
sekolah-sekolah yang mengabaikan tugas-tugas administrasinya mungkin akan lama
dan sangat disayangkan. Dan pada kesempatan ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU
mencoba untuk berbagi file-file yang dipersiapkan dalam menghadapi akredistasi sekolah,
dan bagi yang membutuhkan file tersebut silahkan download link di bawah ini dan
semoga bisa dijadikan acuan sebagai bahan atau bukti dalam penilaian akreditasi
sekolah tingkat SMP/MTs...semoga bermanfaat...
Sebelum menyiapkan data-data tersebut, tentunya
sekolah kita sudah terdaptar dalam Program Panduan SisPenA-SM untuk mengupload
data-data diantaranya :
Download Format Surat Ijin Operasional (Ada Pada
Sekolah Masing-masing)
Setelah pemenuhan syarat tersebut di atas kita harus
mengisi INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI (IPDIP) untuk di upload ke
SisPenA-SM sebagai perbandingan data-data yang akan disiapkan pada sekolah
kita. Sebagai bahan perbandingan untuk mengisi IPDIP silahkan download link
berikut ini :
Setelah semua data yang diminta sudah kita penuhi
tinggal menyiapkan data-data yang akan di pertanggung jawabkan pada TIM
VISITASI AKREDITASI diantaranya adalah :
STANDAR ISI
1 s.d. 4 Kompetensi sikap spiritual, sikap sosial,
pengetahuan, keterampilan dan kelengkapan perangkat pembelajaran guru
Download Format Kompetensi sikap spiritual, sikap
sosial, pengetahuan, keterampilan dan kelengkapan perangkat pembelajaran guru
5. Perangkat
Pembelajaran
(Kita minta pada guru-guru yang mengajar sesuai
dengan mapel masing-masing)
6. Dokumen
unsur yang terlibat dalam Tim Pengembang Kurikulum di Sekolah/Madrasah
SK tim pengembang
Daftar hadir unsur yang terlibat
Daftar hadir narasumber
Berita Acara
Notulen rapat
7. Komponen-Komponen KTSP
Visi, misi, dan tujuan
Muatan kurikuler
Pengaturan beban belajar siswa dan beban kerja guru
Kalender pendidikan
Silabus mata pelajaran
RPP
8. Tahapan Prosedur Operasional Pengembangan KTSP
Draf analisis KTSP
Draf penyusunan KTSP
Penetapan Dokumen Final KTSP
Pengesahan Dokumen Final KTSP
9 Ketentuan
pelaksanaan kurikulum
Struktur Kurikulum
Penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak
terstruktur maksimal 50% dari jam tatap muka
Beban kerja guru dan beban belajar siswa
Mata pelajaran seni budaya dan prakarya
Pengembangan diri (layanan konseling dan kegiatan
ekstrakurikuler) dan cara penilaiannya
STANDAR PROSES
10. Ketersediaan komponen dalam pengembangan silabus
setiap mata pelajaran
11. Mata pelajaran yang RPP-nya lengkap dan
sistematis
12. Alokasi waktu dan beban belajar
13. Jumlah Siswa Tiap Rombongan Belajar
14. Penggunaan buku teks pelajaran
15. Pengelolaan kelas
16. s.d 22.
Pelaksanaan pembelajaran
23. Penggunaan penilaian otentik oleh guru
24. Pemanfaatan hasil penilaian otentik untuk 4
kegiatan
25. Pelaksanaan pengawasan kepala sekolah/madrasah
26. Pelaksanaan supervisi proses pembelajarandalam
tiga tahun terakhir
27. Pemantauan proses pembelajaran oleh kepala
sekolah/madrasah
28. Pelaksanaan tindak lanjut supervisi proses
pembelajaran oleh kepala sekolah/ madrasah
29. Laporan
pemantauan dan program tindak lanjut
30. Pelaksanaan tindak lanjut hasil pengawasan
proses pembelajaran oleh kepala sekolah
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
31. Mengembangkansikap orang beriman
32. Mengembangkan sikap sosial dengan karakter
33. Mengembangkan gerakan literasi
34. Mengembangkan perilaku sehat jasmani dan rohani
35. Dimensi pengetahuan yang dikembangkan oleh
sekolah/madrasah
36. Kegiatanyang menunjukkan kemampuan siswa
berpikir kreatif, produktif, dan kritis
37. Kegiatan yang mencerminkan keterampilan
bertindak secara mandiri, kolaboratif, dan komunikatif
STANDAR PENDIDIK
DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
38 dan 39. Jumlah guru yang dimiliki
sekolah/madrasah dan kualifikasinya
40. Latar belakang pendidikan dan mata pelajaran yang
diampu
41. Kompetensi Pedagogik Guru
42. Kompetensi Profesional Guru
43. Kompetensi Kepribadian Guru
44. Kompetensi Sosial Guru
45. Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling
46. Rasio Guru BK dan jumlah siswa
47. Kepala sekolah/madrasah memenuhi persyaratan
sesuai standar
48. Kepala sekolah/madrasah memiliki kompetensi
manajerial
49. Kepala sekolah/madrasah memiliki kemampuan
Kewirausahaan
50. Kepala sekolah/madrasah memiliki kemampuan
Supervisi Akademik
51. Kepala Tenaga Administrasi
52. Tenaga Administrasi
53. Kepala Perpustakaan
54. Tenaga Perpustakaan
55. Tenaga Laboran
56. Petugas Layanan Khusus
STANDAR SARANA
DAN PRASARANA
57. Jumlah rombongan belajar dan Luas lahan
sekolah/madrasah
58. Kondisi lahan sekolah/madrasah
59. Luas lantai bangunan sekolah/madrasah
60. Persyaratan keselamatan sekolah/madrasah
61. Persyaratan kesehatan sekolah/madrasah
62. Daya listrik yang dimiliki sekolah/madrasah
63. Pemeliharaan berkala
64. Prasarana yang dimiliki sekolah/madrasah
65. Ruang Kelas
66. Sekolah/Madrasah memiliki ruang perpustakaan
dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
67. Ruang laboratorium IPA
68. Luas ruang pimpinan
69. Ruang Guru
70. Ruang Tenaga Administrasi
71. Tempat Ibadah
72. Ruang konseling
73. Ruang UKS
74. Luas ruang organisasi kesiswaan
75. Jamban
76. Luas gudang
77. Tempat bermain, berolahraga, berkesenian,
keterampilan, dan upacara
78. Ruang Sirkulasi
79. Kantin
80. Tempat Parkir
STANDAR
PENGELOLAAN
81. Uraian Visi, Misi, dan Tujuan sekolah/madrasah
82. Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) 4 tahunan
dan Rencana Kerja Tahunan (RKT)
83. Dokumen pedoman pengelolaan pendidikan
84. Dokumen struktur organisasi sekolah/madrasah
85. Pelaksanaan kegiatan sekolah/madrasah sesuai
rencana kerja tahunan (RKT)
86. Kegiatan kesiswaan yang dilakukan
sekolah/madrasah
87. Pengelolaan bidang kurikulum dan kegiatan
pembelajaran
88. Pelaksanaan program pendayagunaan pendidik dan
tenaga kependidikan
89. Pelaksanaan penilaian kinerja pendidik dan
tenaga kependidikan
90. Penyusunan pedoman pengelolaan pembiayaan
investasi dan operasional pendidikan
91. Kegiatan pengelolaan pendidikan yang melibatkan
peran serta masyarakat dan kemitraan dengan lembaga lain yang relevan
92. Hasil evaluasi diri dalam rangka pemenuhan SNP
93. Pelaksanaan tugas kepemimpinan kepala
sekolah/madrasah
94. Penerapan
prinsip-prinsip kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah/madrasah
95. Komponen
Sistem Informasi Manajemen (SIM)
STANDAR
PEMBIAYAAN
96. Alokasi
anggaran untuk investasi dalam RKAselama 3 (tiga) tahun terakhir
97. Alokasi
Biaya Operasi Nonpersonaliadalam RKA selama 3 (tiga) tahun terakhir
98. Dokumen
investasi sarana dan prasarana dalam3 (tiga) tahun terakhir
99. Biaya
pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan(biaya pendidikan lanjut,
pelatihan, seminar, dan lain-lain) dalam RKA selama 3 (tiga) tahun terakhir
100. Modal kerja untuk kebutuhan pendidikan dalam
RKA selama 3 (tiga) tahun terakhir
101. Biaya operasional untuk guru dan tenaga
kependidikan dalam RKA pada tahun berjalan
102. Realisasi anggaran pengadaan alat tulis dalam
RKA selama 3 (tiga) tahun terakhir
103. Realisasi anggaran pengadaan bahan dan alat
habis pakai dalam RKA selama 3 (tiga) tahun terakhir
104. Realisasi biaya pemeliharaan dan perbaikan
berkala sarana dan prasarana dalam RKA selama 3 (tiga) tahun terakhir
105. Realisasi biaya daya dan jasa dalam RKA selama
3 (tiga) tahun terakhir
106. Realisasi biaya transportasi, perjalanan dinas,
dan konsumsi dalam RKA selama 3 (tiga) tahun terakhir
107. Realisasi kegiatan pembinaan siswa dan
ekstrakurikuler dalam RKA selama 3 (tiga) tahun terakhir
108. Realisasi anggaran untuk pelaporan dalam RKA
selama 3 (tiga) tahun terakhir
109. Pengelolaan sumbangan pendidikan atau dana dari
masyarakat/pemerintah dalam RKA selama 3 (tiga)
tahun terakhir
110. Pembukuan keuangan sekolah/madrasah
111. Laporan pertanggungjawaban keuangan selama 3
(tiga) tahun terakhir
STANDAR
PENILAIAN
112. Prinsip penilaian hasil belajar siswa
113. Penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
114. Bentuk Pelaksanaan penilaian hasil belajar oleh
Guru
115. Penggunaan hasil penilaian kompetensi
pengetahuan
116. Penilaian kompetensi sikap sesuai karakteristik
Kompetensi Dasar
117. Penilaian kompetensi pengetahuan sesuai
karakteristik Kompetensi Dasar
118. Penilaian kompetensi Keterampilan sesuai
karakteristik Kompetensi Dasar
119. Tahapan Penilaian Kompetensi Sikap
120. Jenis Penilaian Kompetensi Pengetahuan
121. Jenis Penilaian Kompetensi Keterampilan
122. Dokumen penilaian hasil belajar
123. Penentuan kelulusan siswa
124. Langkah penilaian
proses dan hasil belajar
Terimakasih format2 akreditasinya sangat membantu untuk persiapan sekolah kami.
ReplyDeletesama-sama semoga bermanfaat..aamiinn
DeleteSUWUN BINGITS...........SANGAT MEMBANTU.SUCCES TERUS PRAKARYA IM
ReplyDeleteTRIMAKASIH
ReplyDeleteTerimakasih ilmunya
ReplyDeleteSemoga menjadi amal ibadah
Izin copas
ReplyDelete