RKTS/RKAS TAHUN 2018/2019


Pada upload ke dua malam ini yaitu tentang Rencana kerja tahunan sekolah (RKTS/RKAS) merupakan rencana kerja sekolah yang disusun berdasarkan rencana kerja sekolah (RKS) merupakan rencana kerja jangka panjang. Terwujudnya segala rencana yang termuat dalam RKTS/RKAS tidak lepas karena adanya peran serta stakholder. Tanpa adanya peran serta aktif dari stakholder maka mustahil semua rencana dapat tercapai dengan baik.

RKTS/RKAS ini dibuat dan dijadikan acuan dalam melaksanakan semua aktifitas di SMP Blog Prakarya Indramayu, dengan demikian semua kegiatan harus mengacu pada RKTS/RKAS yang telah dibuat dan disepakati bersama, selain dijadikan sebagai acuan, RKTS/RKAS juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi semua kegiatan yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu satu tahun.

Kondisi SMP Blog Prakarya Indramayu ditinjau dari segi strategis sosial-ekonomi menunjukkan bahwa SMP Blog Prakarya Indramayu terletak di pusat Kabupaten. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai pusat sumber belajar siswa dalam menambah wawasan dan pengetahuan dan mengembangkan kecapakan hidup (life skill). Selain itu juga berdampak pada pemahaman, pola pikir dan pola tindak siswa dalam mengembangkan dan menerapkan budaya tertib, budaya disiplin, budaya santun dan etos kerja. Adapun kondisi sosial masyarakat di sekitar sekolah bervariatif menurut tingkat kesejahteraannya. Dari jumlah siswa sebanyak 709, menurut data sekolah masih terdapat 30% yang tergolong miskin dan perlu untuk diperhatikan.

Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan masih perlu dioptimalkan. Dengan adanya Biaya operasional sekolah (BOS), masyarakat masih mempunyai image bahwa dengan adanya BOS sekolah atau pendidikan menjadi gratis. Hal ini tercermin pada angka partisipasi masyarakat yang belum maksimal ditandai dengan kontribusi RAPBS dari komite kurang lebih baru 30%.

Kondisi politik dan keamanan di Kabupaten Indramayu khususnya di Kabupaten  Indramayu sangat berpengaruh pada penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Faktor politik dan keamanan di Kecamatan Sukagumiwang sangat kondusif terhadap pelaksanaan pendidikan di SMP Blog Prakarya Indramayu.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada pelaksanaan pendidikan di sekolah. Dampak positif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut layanan pendidikan yang berkualitas. Tidak terkecuali SMP Blog Prakarya Indramayu harus berupaya memberikan layanan pendidikan yang berkualitas. Hal ini tentu berimplikasi pada naiknya sektor pembiayaan pendidikan di sekolah. Adapun untuk file download data tersebut silahkan klik link di bawah ini....


Artikel Terkait :

1 Response to "RKTS/RKAS TAHUN 2018/2019"