Pada kesempatan ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU,
ingin berbagi tentang bagaimana penyusunan soal hots, kalimat hots mungkin sering kita
dengar sebagai seorang guru, namun demikian, banyak juga guru yang
belum paham masalah pembikinan soal yang hots tersebut, dan tadi pagi tepatnya
pukul 08.30 Tanggal 15 Nopember 2018, Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu
mengadakan “SEMINAR PENYUSUNAN SOAL HOTS
BAGI PARA MGMP SE KABUPATEN INDRAMAYU” bekerja sama dengan penerbit Erlangga
sekaligus pembagian SK Pengurus MGMP Semua Mata Pelajaran, dan kebetulan saya
pribadi salah satu Pengurus MGMP Kabupaten dalam jabatan Sekretaris pada mata
pelajaran Prakarya, oleh karena itu demi suksesnya pendidikan di negeri yang
kita cintai ini (Indonesia), maka penulis berbagi file apa yang penulis
dapatkan ketika seminar penyusunan soal hots tersebut.
Soal Hots sebenarnya sudah dikembangkan oleh
Taksonomi Bloom yang versi orsinal diantaranya adalah : Pengetahuan (Knowledge)
Pemahaman (Comprehension), aplikasi, Analisis, Sintesis, Evaluasi. Dari
Taksonomi Bloom kemudian di modifikasi menjadi : Mengingat (to remember),
Memahami (to comprehend), Mengaplikasikan (to apply) Menganalisis (to analyze),
Mengevaluasi (to evaluate), Mencipta (to create) dan versi yang dimodifikasi
dari Taksonomi Bloom inilah yang tergolong kedalam HOTS.
ADAPUN TRIK DAN
TIPS DALAM PEMBUATAN SOAL HOTS ANTARA LAIN :
Jangan membuat
soal yang “Langsung”
Sajikan Stimulus
di dalam setiap soal
Kembangkan Stem
Soal Pada Level yang di inginkan dengan cara mengajak beberapa tahap berfikir
sebelum menentukan jawaban
Sesuaikan dengan
perkembangan kognitif berdasarkan usia/level kelas
TRIKS STIMULUS
SOAL DAN LEVEL KOGNITIF BEBERAPA STIMULUS YANG LAZIM DI GUNAKAN
Dengan diberikan beberapa .....
1. Siswa mampu mengidentifikasi/ menentukan/
mengelompokkan ........
2. Siswa mampu
menyimpulkan ......
3. Siswa mampu mengurutkan
(proses) ......
BEBERAPA
STIMULUS YANG LAZIM DI GUNAKAN
Dengan diberikan Narasi / kasus ............
1. Siswa mampu
menyimpulkan........
2. Siswa mampu
memperkirakan/memprediksi
3. Siswa mampu menghitung
......
4. Siswa mampu memberi
alasan
5. Siswa mampu
memecahkan.......
6. Siswa mampu memberi
saran
7. Siswa mampu Menentukan
sikap
8. Siswa mampu merancang/membuat
..........
Dengan Diberikan tabel .....
1. Siswa mampu
membandingkan...........
2. Siswa mampu
menghubungkan ...........
3. Siswa mampu menentukan
perbedaan/persamaan
Dengan diberi gambar/skema/grafik .....
1. Siswa mampu
menyimpulkan ............
2. Siswa mampu menjelaskan
proses ......
3. Siswa mampu Menentukan
nama ....
4. Siswa mampu Menentukan
fungsi .....
5. Siswa mampu
mengidentifikasi ciri ...........
6. Siswa mampu merumuskan
persamaan/perbedaaan .............
7. Siswa mampu memberi
alasan
8. Siswa mampu memprediksi
Untuk lebih jelasnya bagi rekan-rekan yang membutuhkan
file tentang cara-cara pembikinan soal Hots silahkan download link di bawah
ini, semoga bermanfaat...aammiinn.....
0 Response to "PENYUSUNAN SOAL HOTS"
Post a Comment