FORMAT PENILAIAN AKHIR SEMESTER I UNTUK RAPORT


Pada kesempatan kali ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU ingin membahas tentang bagaimana cara memberikan nilai pada raport dalam semester gasal ini, mungkin kebanyakan kita sebagai seorang guru memberikan nilai untuk raport kepada wali kelas hanya sekedar file matangnya saja alias nilai jadi, entah dari mana nilai itu muncul...yah itu dulu....(pengalaman penulis juga hehehe), sehingga semua arsip penilaian ketika ditanya arsip penilaiannya mana? guru menjawab sudah diberikan kepada wali kelas?, hal seperti ini mungkin di alami setiap sekolah, sehingga ketika ada penilaian kinerja kepala sekolah atau akreditasi sekolah, kita disibukan dengan hal-hal yang sifatnya sepele dalam memberikan data nilai siswa sebagai tanda bukti kepada pengawas atau assesor ketika pas akreditasi sekolah.

Didalam kurikulum 2013 tentunya kita sebagai seorang guru harus betul-betul paham tentang penilaian, diantaranya ada Penilaian Harian (PH). Penilaian harian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi hasil belajar peserta didik yang digunakan untuk menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi dan memperbaiki proses pembelajaran, Penilaian Tengah Semester (PTS) merupakan penilaian yang dilaksanakan pada minggu ke-8 atau ke-9 dalam satu semester. Adapun materi PTS meliputi semua KD yang sudah dipelajari sampai dengan minggu ke-7 atau ke-8. Penilaian Akhir Semester (PAS), merupakan penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester gasal dengan materi semua KD pada semester tersebut yang sekarang sedang berjalan untuk tahun pelajaran 2018/2019., Penilaian Akhir Tahun (PAT) merupakan penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester genap dan Ujian Sekolah (US) yaitu kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan untuk mata pelajaran yang tidak diujikan dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan dilakukan satuan pendidikan.

Dari semua jenis penilaian tersebut di atas, tentunya ada format masing-masing. Dalam hal ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU ingin berbagi tentang format penilaian akhir semester I untuk raport dalam  Kurikulum 2013 yang didalamnya sudah menggunakan rumus untuk mempermudah dalam pengisian nilai dan tentunya sudah direvisi alias terbaru. Bagi rekan-rekan yang membutuhkan silahkan download filenya dibawa ini dan semoga bisa bermanfaat..aammiinn


Artikel Terkait :

0 Response to "FORMAT PENILAIAN AKHIR SEMESTER I UNTUK RAPORT"

Post a Comment