Berkembangnya potensi peserta didik erat hubungannya
dengan prestasi hasil belajar peserta didik itu sendiri. Prestasi belajar
merupakan hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar
mengajar. Prestasi belajar dapat ditunjukkan melalui nilai yang diberikan oleh
seorang guru dari jumlah bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik.
Setiap kegiatan pembelajaran tentunya selalu mengharapkan
akan mengahasilkan pembelajaran yang maksimal. Dalam proses pencapaiannya, prestasi belajar sangat
dipengaruhi oleh berbagai faktor.
Salah satu faktor utama yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran adalah keberadaan guru. Mengingat keberadaan
guru dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat berpengaruh, maka
sudah semestinya kualitas guru harus diperhatikan. Suatu usaha untuk
menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas seperti yang terkandung
dalam tujuan pendidikan nasional di atas, maka kualitas pendidikan di Indonesia
harus selalu ditingkatkan. Peningkatan kualitas pendidikan tentunya harus
didukung dengan adanya peningkatan kualitas tenaga kependidikannya.
Dalam
tugasnya guru pasti akan menghadapi berbagai masalah. Dalam kondisi seperti itu
guru dituntut untuk dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang
optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar
mengajar. Untuk menghadapi masalah-masalah tersebut profesionalitas seorang
guru sangat diperlukan. Tuntutan dan pengembangan profesionalisme guru menjadi
perhatian global karena guru memiliki tugas dan peran bukan hanya memberikan
informasi-informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, melainkan juga membentuk
sikap dan jiwa yang mampu bertahan dalam era hiperkompetisi. Tugas guru adalah
membantu anak didik agar mampu beradaptasi terhadap berbagai tantangan
kehidupan serta desakan yang berkembang dalam dirinya. Pemberdayaan peserta
didik itu meliputi aspek-aspek keperibadian, aspek intelektual, sosial,
emosional, dan ketrampilan.
Guru
profesional adalah guru yang mengedepankan mutu dan kualitas layanan dan
produknya, layanan guru harus memenuhi standarisasi kebutuhan masyarakat,
bangsa, dan pengguna serta memaksimalkan kemampuan peserta didik berdasar
potensi dan kecakapan yang dimiliki masing-masing individu. Untuk menjadi guru
yang profesional harus memiliki beberapa kompetensi. Dalam undang-undang Guru
dan Dosen No.14/2005 dan Peraturan Pemerintah No.19/2005 dinyatakan bahwa
kompetensi guru meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik,
kompetensi professional dan kompetensi sosial. Semua kompetensi tersebut
harus dimiliki oleh seorang guru dalam melakukan kegiatan mengajar di sekolah.
Guru yang bermutu adalah guru yang profesional dalam pekerjaannya karena guru yang
profesional senantiasa dapat meningkatkan kualitasnya. Oleh karena itu seorang
guru harus mampu menguasai kompetensi tersebut sehingga peserta didik dapat
dengan mudah menyerap ilmu yang didapat.
Disisi lain, dampak kualitas
kemampuan profesional guru bukan hanya akan berkontribusi
terhadap pencapaian hasil belajar siswa dan kualitas lulusan yang akan
dihasilkan (output), melainkan juga akan berlanjut pada kualitas kinerja dan
jasa para lulusan tersebut (outcome) dalam pembangunan, yang pada gilirannya kemudian
akan nampak pengaruhnya terhadap
kualitas peradaban dan martabat hidup masyarakat, bangsa, serta umat manusia
pada umumnya. Diyakini dengan adanya UU Guru dan Dosen, martabat guru semakin dihargai, profesi guru dapat
disejajarkan dengan profesi-profesi lain, mendorong peningkatan kualitas
guru, dan akhirnya bermuara pada peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Dari paparan tersebut diatas
maka dalam Penulisan kali ini BLOG PRAKARYA INDRAMAYU menyiapkan tesis tentang “Pengaruh
Profesionalime, Kesejahteraan, Motivasi Dan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar
Peserta Didik” bagi rekan-rekan yang sedang menyelesaikan Program S2
silahkan download filenya sebagai bahan pertimbangan untuk membuat tesis yang
akan diselesaikan. Semoga bisa bermanfaat... aamiinn
NO
|
NAMA
FILE
|
STATUS
|
DOWNLOAD
FILE
|
1.
|
BAB I
|
√
|
|
2.
|
BAB II
|
√
|
|
3.
|
BAB III
|
√
|
0 Response to "TESIS PENGARUH PROFESIONALIME, KESEJAHTERAAN, MOTIVASI DAN KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK"
Post a Comment