Berbicara masalah kurikulum 2013 mungkin
tidak ada henti-hentinya, Pembelajaran dan penilaian hasil belajar merupakan
komponen esensial dalam implementasi Kurikulum 2013. Keberhasilan pembelajaran
dapat diketahui melalui penilaian. Hasil penilaian juga digunakan untuk
menyempurnakan pembelajaran. Keterpaduan dan kefektivan pembelajaran dan
penilaian sangat besar pengaruhnya dalam keberhasilan implementasi Kurikulum
2013. Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada
tahun 2014 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam
mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam melaksanakan penilaian hasil
belajar.
Sekitar 60% responden pendidik menyatakan
bahwa mereka belum dapat merancang, mengembangkan instrumen, melaksanakan,
mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan
utama yang dihadapi pendidik: merumuskan indikator, menyusun butir-butir
instrumen, dan melaksanakan penilaian sikap dengan berbagai macam teknik.
Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam
melaksanakan penilaian keterampilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana
menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan. Kesulitan lain yang banyak dikeluhkan
pendidik berkaitan dengan penulisan deskripsi capaian aspek sikap, aspek
pengetahuan, dan aspek keterampilan.
0 Response to "CATATAN KURIKULUM 2013"
Post a Comment