1.
|
Dalam perspektif psikologis, peserta didik
adalah…
|
|
a.
|
Individu yang sedang dalam proses
pertumbuhan dan perkembangan pembelajaran
|
|
b.
|
Individu yang sedang berada dalam proses
pertumbuhan dan perkembangan
|
|
c.
|
individu yang sedang dalam proses perencanaan
pendidikan dan pengajaran
|
|
d.
|
individu yang sedang berada dalam proses
pendidikan dan perkembangan
|
|
2
|
Perubahan-perubahan yang terjadi pada aspek fisik peserta didik meliputi….
|
|
a.
|
perubahan ukuran badan, perubahan proporsi
tubuh, munculnya ciri-ciri kelamin utama(primer) dan ciri kelamin
kedua(skunder)
|
|
b.
|
perubahan ukuran tubuh, perubahan proporsi
tubuh, munculnya ciri-ciri kelamin utama(primer) dan ciri kelamin
kedua(skunder)
|
|
c.
|
perubahan bentuk badan ,perubahan proporsi
tubuh, munculnya ukuran kelamin utama(primer) dan ciri kelamin kedua(skunder)
|
|
d.
|
perubahan tubuh, perubahan proporsi tubuh,
munculnya ukuran kelamin utama(primer) dan ciri kelamin kedua(skunder)
|
|
3
|
Secara Umum karakteristik peserta didik
adalah…
|
|
a.
|
gaya hidup individu secara umum yang
dipengaruhi oleh usia, gender, dan latar belakang yang dibawa sejak lahir
dari lingkungan sosialnya untuk menentukan kualitas hidupnya
|
|
b.
|
gaya hidup individu secara umum yang
dipengaruhi oleh lingkungan, dan, latar belakang yang telah dibawa sejak
lahir dan dari orang tua untuk menantukan kualitas hidupnya
|
|
c.
|
gaya hidup kelompok secara umum yang
dipengaruhi oleh gender, dan latar belakang yang telah dibawa sejak lahir dan
dari lingkungan sosialnya untuk menantukan kualitas hidupnya
|
|
d.
|
gaya hidup individu secara umum yang
dipengaruhi oleh usia, dan gender, yang telah dibawa sejak lahir dan dari
lingkungan keluarga untuk menantukan kualitas hidupnya
|
|
4
|
Perubahan-perubahan karakteristik peserta didik dalam
aspek psikologis dan sosial meliputi….
|
|
a.
|
pertumbuhan fisik, perkembangan Intelektual atau daya
pikir, perkembangan emosi perkembangan sosial, perkembangan bahasa , bakat
khusus, sikap, nilai, dan moral
|
|
b.
|
pertumbuhan fisik, perkembangan budaya atau daya pikir,
perkembangan emosi perkembangan sosial, perkembangan bahasa ,bakat khusus,
sikap, nilai, dan moral
|
|
c.
|
pertumbuhan fisik, perkembangan Intelektual atau daya
pikir, perkembangan emosi perkembangan budaya, perkembangan bahasa ,bakat
khusus, sikap, nilai, dan moral
|
|
d.
|
pertumbuhan fisik, perkembangan Intelektual atau daya
pikir, perkembangan religius perkembangan sosial, perkembangan bahasa ,bakat
khusus, sikap, nilai, dan moral
|
|
5
|
Kemampuan yang dimiliki seseorang yang
dapat dikembangkan dan ditingkatkan apabila dilatih dengan baik. Kemampuan
yang terlatih ini akan menjadi suatu kecakapan, keahlian, dan ketrampilan
dalam bidang tertentu adalah…
|
|
a.
|
Potensi diri
|
|
b.
|
Potensi individu
|
|
c.
|
Potensi kelompok
|
|
d.
|
Potensi manusia
|
|
6.
|
Untuk memberikan kesempatan kepada peserta
didik mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan,
potensi, bakat, minat, kondisi, dan perkembangan peserta didik, dengan
memperhatikan kondisi sekolah adalah….
|
|
a.
|
Tujuan pengembangan bakat dan minat
|
|
b.
|
Tujuan pengembangan minat
|
|
c.
|
Tujuan pengembangan bakat
|
|
d.
|
Tujuan pengembangan diri
|
|
7
|
Tujuan pengembangan diri adalah….
|
|
a.
|
Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas,
kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan,
kemampuan profesional, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir,
kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian
|
|
b.
|
Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas,
kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan,
kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan
pemecahan masalah, dan kemandirian
|
|
c.
|
Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas,
kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan berkeluarga,
kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan
pemecahan masalah, dan kemandirian
|
|
d.
|
Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas,
kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan,
kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan pekerjaan,
kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian
|
|
8
|
Pengertian menganalisiis pengetahuan Awal peserta didik
adalah….
|
|
a.
|
Kegiatan menganalisis pengetahuan awal dalam
pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa
adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik
tersebut
|
|
b.
|
Kegiatan menelaah pengetahuan awal dalam pengembangan
pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan
menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik tersebut
|
|
c.
|
Kegiatan mengidentifikasi pengetahuan awal dalam
pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa
adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik
tersebut
|
|
d.
|
Kegiatan mengukur pengetahuan awal dalam pengembangan
pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan
menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik tersebut
|
|
9
|
Langkah-Langkah identifikasi Pengetahuan Awal adalah….
|
|
a.
|
melakukan observasi, tabulasi karakteristik, dan pembuatan
daftar strategi karakteristik peserta didik
|
|
b.
|
melakukan pengamatan, tabulasi karakteristik, dan
pembuatan daftar strategi karakteristik peserta didik
|
|
c.
|
melakukan dokumentasi, tabulasi karakteristik, dan
pembuatan daftar strategi karakteristik peserta didik
|
|
d.
|
melakukan simulasi, tabulasi karakteristik, dan
pembuatan daftar strategi karakteristik peserta didik
|
|
10
|
Sikap awal peserta didik menurut Goleman,Daniel (2000)
dikelompokkan ke dalam delapan kelas yaitu….
|
|
a.
|
belajar langsung, belajar stimulus, belajar
merantaikan, belajar asosiasi verbal, belajar membedakan, belajar konsep,
belajar dalil, dan belajar memecahkan masalah
|
|
b.
|
belajar isyarat, belajar stimulus, belajar merantaikan,
belajar asosiasi verbal, belajar membedakan, belajar konsep, belajar dalil,
dan belajar memecahkan masalah
|
|
c.
|
belajar membedakan, belajar stimulus, belajar
merantaikan, belajar asosiasi verbal, belajar membedakan, belajar konsep,
belajar dalil, dan belajar memecahkan masalah
|
|
d.
|
belajar demonstrasi, belajar stimulus, belajar
merantaikan, belajar asosiasi verbal, belajar membedakan, belajar konsep,
belajar dalil, dan belajar memecahkan masalah
|
|
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "SOAL PPG PEDAGOGIK"
Post a Comment