BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia
Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang
beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi
pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Guru
menjadi ujung tombak dalam implementasi kurikulum 2013.
Guru adalah profesi yang menuntut kreativitas, keahlian,
dan keteladanan bagi peserta didik. Seorang guru harus menguasai materi, dan
menyampaikan materi, serta mampu mengelola kelas. Guru juga harus mampu
mengembangkan dan menggunakan media agar pembelajaran menjadi lebih efektif.
Penggunaan media dalam pembelajaran akan mempermudah peserta didik dalam
menguasai materi secara optimal sesuai yang diharapkan.
Terdapat berbagai jenis media pembelajaran yang dapat
digunakan oleh guru, antara lain: media cetak/teks; media pameran/display;
media audio; gambar bergerak/motion pictures; multimedia; media berbasis
web atau internet. Dilihat dari aspek kompleksitasnya, media
dapat berbentuk sederhana, yang dapat dibuat oleh guru secara manual, tanpa
menggunakan bantuan sarana yang canggih/mahal. Banyak sekolah yang tidak
memiliki media pembelajaran yang relatif canggih dan mahal, seperti gambar
bergerak, multimedia dan media berbasis web. Di samping itu, dalam setiap mata
pelajaran terdapat cukup banyak kompetensi dasar yang belum tersedia media
pembelajarannya.
Sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas
pembelajaran, dan mengatasi keterbatasan media pembelajaran, guru dituntut kreativitasnya
untuk mengembangkan media pembelajaran, terutama mediapembelajaran sederhana.
Berkaitan dengan hal tersebut, dipandang perlu adanya sebuah panduan yang dapat
dijadikan pegangan sekaligus dorongan bagi guru untuk membuat dan memanfaatkan
media yang terjangkau oleh guru, terutama media yang dapat diperoleh dengan
mudah dari lingkungan sekitar, yang di kenal sebagai media sederhana. Penulisan
panduan media sederhana ini dilakukan dengan harapan dapat membantu guru
menemukan berbagai contoh dan mendapatkan ide untuk membuat media pembelajaran
lainnya.
Buku panduan ini terdiri atas empat bab. Bab I
Pendahuluan berisikan latar belakang perlunya panduan pengembangan media
pembelajaran sederhana, tujuan, sasaran, dan dasar hukum disusunnya panduan pengembangan
media pembelajaran sederhana. Bab II Media Pembelajaran Sederhana memuat
pengertian, jenis-jenis, manfaat, prinsip-prinsip, pemilihan, dan
langkah-langkah pembuatan media.
Download Lengkap : Media Pembelajaran
0 Response to "MEDIA PEMBELAJARAN"
Post a Comment