PENYEGARAN INSTRUKTUR KURIKULUM 2013

Ringkasan Materi Pembukaan Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013 dari Direktur Pembinaan SMP (Dr. Supriano, M.Ed.)
  1. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah melaksanakan pelatihan pada tahun 2017, selamat datang yang baru bergabung, seluruh SMP harus melaksankan implementasi 
  2. Kurukulum 2013, termasuk sekitar 14.000 sekolah yang akan diberi pelatihan dan pendampingan tahun 2018 ini.
  3. Koordinasi, sabar, dan ikhlas menjadi kata kunci suksesnya implementasi Kurikulum 2013.
  4. Penyegaran instruktur sangat penting untuk dilakukan. Memang tidak banyak perubahan, perubahan yang paling signifikan adalah bagaimana MENGINTEGRASIKAN KARAKTER DI SEMUA MATA PELAJARAN. 
  5. Para guru harus merubah proses pembelajaran sesuai tuntutan Kurikulum 2013.
  6. Upaya penguatan karakter melalui full day school tidak perlu dipermasalahkan, semua sekolah berhak menentukan sendiri apakah akan melakukan pembelajaran 5 atau 6 hari.
  7. Kedepan anak-anak kita akan berat menghadapi ketidakpastian perubahan, itulah sebabnya mereka harus memiliki karaker yang baik.
  8. Di Kurikulum 2013 guru harus menjadi mentor, fasilitator dan katalisator.
  9. Sekolah yang melaksanakan UNBK adalah sekolah jaman now, melalui UNBK siswa mendapat pelajaran karakter integritas dan kejujuran.
  10. Sedang dirumuskan peraturan baru yang mengatur beban mengajar guru yang akan lebih meringankan bagi guru.
Catatan perubahan penting
  • Penyesuaian K 13 tahun 2018 berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) menuntut guru untuk melakukan penguatan karakter siswa yang menginternalisasikan nilai-nilai utama PPK yaitu :
          a. religius, 
          b. nasionalis, 
          c. mandiri, 
          d. gotong-royangdan
          e. integritas
  • Selain itu, untuk membangun generasi emas Indonesia, maka perlu dipersiapkan peserta didik yang memiliki keterampilan Abad 21 seperti khususnya keterampilan:
  1. berpikir kritis dan memecahkan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), 
  2. keterampilan untuk bekerjasama  (Collaboration), 
  3. kemampuan untuk mencipta atau daya cipta (Creativity), 
  4. kemampuan untuk berkomunikasi (Communication).
  • Realisasi pembelajaran KD yang gemuk, kita ikuti bunyi KD 
  • Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan, pengetahuan FS, ST, UK  Keterampilan 4 aspek (menangka makna)
  • Penilaian formatif adalah peilaian yg tidak formal, tekniknya bisa tanya ke semua untuk membantu siswa memahami materi. Sumatif penilaian harian dan sdah masuk ke daftar nilai.
  • Perumusan IPK, utk pengetahuan (FS, ST, UK), keterampilan (menangkap makna lisan dan tulis, menyusun teks tulis, menyusun teks lisan). Tapi di tujuan harus lebih rinci.
  • IPK bukan berarti indikator soal tapi boleh.
  • KD 471 menankap makna teks lisan dan tulis, menyusun teks lisan dan tulis
  • Fokus PK di gabung antara KI 1 2 dan 5 nilai karakter
  • Materi Remedial : prediksi materi yang akan sulit dihadapi siswa, remedial diharapkan tidak ada walaupun sudah dirancang
  • Learner centered learning
  • Metode tidak mempunyai syntax
  • 5 M metode lmiah
  • Metode ilmiah : 1. Menemukan masalah (sesuatu yang belum tahu pemecahannya) dengan cara mengamati dengan indra (reading/listening) baca atau dengan text berikut lalu tuliskan apa yang kamu tidak ketahui, 2. Menanya makna/ucapan kata, fungsi teks, FS, ST, UK. 3. Mengumpulkan informasi, coba-coba atau analisis.
  • Observing and questioning bisa dijadikan satu tahap kegiatan, 
  • Literasi : mentransfer satu teks ke moda lain

REFLEKSI REVIU RPP

1. KI (Permen 24/2016)

2. Rumusan IPK 
  • Mengidentifikasi fungsi sosial bisa menyebutkan, menjelaskan, 
  • Mengidentifikasi struktur teks bisa menguraikan.
  • Mengidentifikasi Unsur kebahasaan menggunakan, menerapkan
  • Kosa kata : memaknai, mengucapkan kata yang digunakan dalam mendeskripsikan benda-benda
  • KD 4, menyusun teks. Indikator seseorang bisa menyusun 
3. Tujuan
  • Ketika IPK sudah rinci, tujuan boleh sama, kalau belum rinci bisa diurai lebih banyak
  • Degree boleh kata yang menunjukan sikap atau lainnya (karakter)
  • Degree boleh digabung di tiap poin tujuan jika secara alami sesuai
  • Dibuat per pertemuan atau digabung
4. Literasi, HOTS, 4C kalau mampu boleh dimunculkan

5. Gabungan saintific dan GBA, kombinasinya syntax GBA aktifitasnya saintifik

6. GBA
  • BKOF build cultur contex, share experience, discuss vocab, grammatical patterns
  • MOT students listen statements of short functional text, discuss of purpose, function
  • JCOT  try to develop text with their peers and teacher help 
  • ICT (indipendent construction of text) expected to be able to speak spontaneously to carry our monologues that are aimed at giving directions
7. Penilaian
  • Setiap pertemun ada penilaian assessment for learning formative u mengecek pengetahuan anak
  • Sumatifnya di pertemuan terakhir.
8. Literasi
  • Ketika mengajar dengan baik, kita sudah integrasikan literasi
9. 4 C. 
Communication ga masalah, Kolaborasi kalo pair atau group ga masalah, creativity menciptakan teks, critical thinking and problem solving == question beyond the text, atau “do you think that the writer ((hanya bisa dilakukan/dijawab kalau mereka kritis))

10. HOTS analyzing, evaluating, creating

Artikel Terkait :

0 Response to "PENYEGARAN INSTRUKTUR KURIKULUM 2013"

Post a Comment