PROGRAM KERJA KEMAH GABUNGAN PRAMUKA, PMR, PASKIBRA DAN OSIS


Bulan-bulan kemah bersama biasanya dilakukan semua sekolah untuk melaksanakan kegiatan kemah bersama demi mencapai target dari kegiatan ekstrakurikuler yang sudah di laksanakan, “Kutitipkan Bangsa dan Negara ini kepadamu.” Begitu kata Bung Karno, pahlawan besar revolusi, salah seorang pendiri negeri tercinta ini, yang juga Presiden pertama Republik Indonesia, menyampaikan pesannya kepada pemuda dalam suatu pidatonya pada peringatan Hari Sumpah Pemuda di tahun 60-an. Disadari atau tidak, di tangan pemudalah nasib bangsa dan Negara ini di masa yang akan datang, di tangan merekalah estafet kepemimpinan bangsa dan Negara ini berlangsung. Oleh karena itu mereka harus mampu membekali diri dan menyelaraskan diri sesuai dengan dinamika dan perkembangan zaman.

Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Paskibra dan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan kegiatan dan organisasi yang sangat strategis untuk menampung aktifitas dan kreatifitas generasi muda sebagai generasi potensial yang akan menjadi ujung tombak dan garda bangsa Indonesia.

Gerakan Pramuka masih  sangat relevan dalam menciptakan calon-calon pemimpin yang produktif, positif, dan inovatif serta membantu mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai modal dasar untuk terealisasinya cita-cita nasional. Karena, selain memberikan bekal kepribadian yang luhur sesuai dengan jati diri bangsa, Pramuka juga menerapkan system  pamong dalam melaksanakan pengajarannya.

Begitu pula dengan Palang Merah Remaja (PMR) dan Paskibra, organisasi ini tidak hanya kreatif, tetapi juga dapat menciptakan pribadi-pribadi yang mempunyai budi pekerti luhur, mandiri dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap nusa ,bangsa dan Negara. Hal ini sesuai dengan prinsip-prinsip yang selalu ditanamkan kepada setiap anggotanya.

Paskibra juga mengajarkan kedisiplinan kepada siswa  dengan cara ketepatan dalam baris berbaris dan ketepatan waktu yang biasa diterapkan ketika latihan. Secara tidak langsung, anggota Paskibra dituntut untuk melakukan kedisiplinan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan pemikiran tersebut di atas, guna menyiapkan generasi muda yang tangguh, baik secara fisik maupun mental, maka kegiatan ekstrakurikuler UPTD SMP Negeri 2 Sukagumiwang bermaksud menyelenggarakan serangkaian kegiatan dalam bentuk Perkemahan Terpadu sebagai salah satu sarana dalam menciptakan calon-calon pemimpin yang tangguh, kreatif dan inovatif dengan berbekal ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta iman dan taqwa (IMTAQ).

Artikel Terkait :

0 Response to "PROGRAM KERJA KEMAH GABUNGAN PRAMUKA, PMR, PASKIBRA DAN OSIS"

Post a Comment