SOAL DAN KISI-KISI PAS TINGKAT SMP/MTs KELAS 7 SEMUA MATA PELAJARAN


Bismillahirrohmannirohim…puji syukur kehadirat Allah SWT yang selalu memberikan nimat sehat kepada kita semua, sholawat serta salam marilah kita panjatkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW hingga akhir zaman.

Pada kesematan kali ini penuis mencoba berbagi file tentang soal-soal Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk kelas 7 pada semua mata pelajaran tahun pelajaran 2019/2020. Kita tahu bahwasannya seorang guru/pendidik harus menyiapkan sedini mungkin tentang soal-soal PAS. Penilaian Akhir Semester (PAS), biasanya dilakukan pada semester I.

Tujuan diadakannya PAS tentunya untuk mengetahui hasil pembelajaran sehari-hari peserta didik kita untuk diadakannya sebuah penilaian dan dalam aturannya sebelum dilakukan penilaian akhir semester tentunya kita sudah melakukan PTS (Penilaian Tengah Semester), Hasil Penilaian Akhir Semester (HPAS) merupakan nilai yang diperoleh dari penilaian akhir semester (PAS) melalui tes tertulis dengan materi yang diujikan terdiri atas semua KD dalam satu semester. Dalam contoh pada Gambar 3.1, maka materi untuk PTA berasal dari KD 3.1, KD 3.2, KD 3.3, KD 3.4, KD 3.5, KD 3.6, KD 3.7, dan KD 3.8. Jumlah butir soal yang diujikan dari setiap KD ditentukan secara proporsional, bergantung tingkat “kegemukan” KD dalam satu semester tersebut.

A.  Memeriksa kompetensi dasar dan indikatornya
KD dan indikator biasanya sudah dicantumkan dalam RPP. Indikator untuk KD tertentu sebaiknya ditingkatkan, dalam arti menetapkan kata kerja operasional yang lebih tinggi daripada yang dirumuskan dalam KD. Misalnya jika kata kerja operasional KD sebatas memahami, maka pendidik dapat menetapkan indikator sampai menganalisis atau mengevaluasi. Tentu saja tidak semua KD dapat dan perlu ditingkatkan.

B. Menetapkan tujuan penilaian
Menetapkan tujuan penilaian apakah untuk keperluan mengetahui capaian pembelajaran ataukah untuk memperbaiki proses pembelajaran, atau untuk keduaduanya. Tujuan PAS umumnya untuk mengetahui capaian pembelajaran (sumatif).

C. Menyusun kisi-kisi
Kisikisi merupakan spesifikasi yang memuat kriteria soal yang akan ditulis yang meliputi antara lain KD yang akan diukur, materi, indikator soal, bentuk soal, dan jumlah soal. Kisikisi disusun untuk memastikan butirbutir soal mewakili apa yang seharusnya diukur secara proporsional. Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif dengan kecakapan berfikir tingkat rendah hingga tinggi akan terwakili secara memadai.

Adapun bagi rekan-rekan yang membutuhkan soal-soal PAS dan kisi-kisinya untuk dijadikan sebagai bahan referensi silahkan download link di bawah ini semoga bisa bermanfaat. Aamiinn










































Artikel Terkait :

2 Responses to "SOAL DAN KISI-KISI PAS TINGKAT SMP/MTs KELAS 7 SEMUA MATA PELAJARAN"

  1. alhamdu;illah...sudah bis didownload semua...trimakasih..mudah2an bermanfaat..aamiin..#karena saya bukan guru asli prakarya

    ReplyDelete
  2. Maaf, Utk Link Download Kisi-Kisi PAS PAI dan Budi Pekerti Kelas 7 tidak sesuai dengan isinya. Isinya soal bukan Kisi-kisi. Mohon admin menguploud kisi-kisinya. Terimakasih

    ReplyDelete