BEST PRACTICE UNTUK LEMBAGA PENDIDIKAN

Bismillahirrohmannirohim…puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan nikmat sehat kepada kita semua, sehingga masih diberi kesempatan untuk menjalankan aktifitas kita dalam sehari-hari.

Pada penulisan kali ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU mencoba berbagi file pendidikan kembali, dan pada penulisan kali ini tentang Best Practice. Di dalam sebuah lembaga sekolah tentunya menargetkan tentang program unggulan pada sekolah tersebut. Disamping hal tersebut di atas, sekarang semua Kepala Sekolah yang sudah menjabat dan masa bhaktinya sudah lama wajib memberikan sebuah program kerja sekolah salah satunya Best Practice.

Pada program file Best Practice yang penulis upload ini merupakan salah satu program Best Practice yang di buat penulis untuk kepentingan sekolah dan sebagai real kegiatan yang ada di sekolah tersebut, dan sudah resmi menjadi hak milik dari kepala sekolah tersebut, demi kemajuan dunia pendidikan penulis mencoba berbagi program Best Practice ini melalui wadah Blog Prakarya Indramayu yang kita cintai ini. Program Best Practice yang saya tulis ini berkenaan dengan masalah upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik melalui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Kita tahu bahwa kedisiplinan merupakan serangkaian sikap yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan, dan ketertiban. Dalam dunia pendidikan kedisiplinan merupakan proses yang sangat diperlukan untuk menjaga agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan lancar dan bisa menciptakan pribadi yang kuat bagi peserta didik. Dengan ditanamkan kedisiplinan kepada peserta didik dengan baik diharapkan dapat mewujudkan pendidikan karakter sebagaimana yang tertuang dalam fungsi dan tujuan pendidikan nasional, yaitu “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Sehubungan dengan itu, penyelenggaraan pendidikan nasional terutama pendidikan menengah pertama dapat dikatakan sudah berada pada jalur yang tepat, on the track, karena telah mendidikkan karakter sekaligus membentuk intelektualitas berupa kompetensi. Meskipun demikian, dalam membentuk kedisiplinan peserta didik melalui  pendidikan karakter belum berimbang akibat berbagai faktor. Usaha penyeimbangan pendidikan karakter dengan pembentukan kompetensi senantiasa harus dilakukan. Demi kepentingan masa depan bangsa Indonesia, bahkan sejak sekarang perlu dilakukan pemusatan (centering) pendidikan karakter dalam penyelenggaraan pendidikan nasional Indonesia.

Dengan adanya upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik melalui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) diharapkan dapat melahirkan sekolah rintisan yang mampu melaksanakan pembentukan karakter secara kontekstual sesuai dengan potensi lingkungan setempat.

Dan bagi rekan-rekan pendidik Best Practice bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan buat sekolah-sekolah yang ada pada Bapak/Ibu seklaian, untuk lebih jelasnya dan yang sedang membutuhkan program Best Practice silahkan download link di bawah ini dan semoga bisa bermanfaat…aamiinn

Download Program Best Practice

Artikel Terkait :

5 Responses to "BEST PRACTICE UNTUK LEMBAGA PENDIDIKAN"

  1. matur sembah nuwun atas ilmunya...

    ReplyDelete
  2. Thank admin blog sekolah, tulisan ini telah menginspirasi saya yang juga di amanahi sebagai kasek

    ReplyDelete
  3. Terimakasih juragan share ilmunya, semoga menjadi amal jariah yang tidak pernah putus. Aamiin

    ReplyDelete